Superfood Populer Dunia: Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan!

Manfaat Daun Kelor telah dikenal luas di seluruh penjuru dunia. Sangat bermanfaat untuk perbaikan gizi, kesehatan bahkan bisa menjadi solusi lingkungan. Yuk kita ketahui lebih jauh. 

Manfaat Daun Kelor.Pernahkah Anda menemukan produk moringa di supermarket, apotek, toko kecantikan, hingga di marketplace online?

Biasanya, produk moringa diikuti dengan klaim makanan sehat hingga superfood. Tapi, tahukah Anda bahwa moringa sebenarnya sama dengan kelor dan sudah dikonsumsi sekian lama di Indonesia? 

Ya, daun kelor berasal dari tanaman yang bernama latin Moringa oleifera. Tanaman ini kini semakin populer di seluruh dunia, namun sebenarnya telah dikonsumsi oleh leluhur kita sejak sekian lamanya.

Kelor merupakan tanaman multiguna karena hampir semua bagian dari tanaman ini dapat dimanfaatkan, dari mulai daun, buah, bunga, hingga biji kelor. 

Salah satu bagian yang dari kelor yang pengolahannya telah berkembang begitu pesat adalah daun kelor. Manfaat daun kelor sangatlah banyak karena kandungan nutrisinya yang tinggi. Apa saja manfaat daun kelor untuk kesehatan? Odesa Indonesia merangkumnya hanya untuk Anda. 

Manfaat daun kelor untuk apa saja?

Manfaat Daun Kelor.
Manfaat Daun Kelor.

Daun kelor memiliki banyak sekali keuntungan. Manfaat daun kelor untuk kesehatan manusia tentunya sudah dibuktikan oleh beragam literasi. Selain itu, manfaat daun kelor juga berlaku sebagai pakan ternak, pupuk, hingga digunakan sebagai biopestisida

Enton Supriyatna, yang merupakan Pengurus Yayasan Odesa Indonesia, mengatakan bahwa kelor merupakan tanaman yang strategis, tidak terkecuali daunnya, “Kelor itu tanaman strategis karena memiliki tiga fungsi utama.

Pertama, sumber gizi. Kedua penyelamat erosi tanah, dan ketiga berguna untuk peningkatan ekonomi petani. Kita juga mendorong petani agar memiliki tradisi bertani untuk konsumsi. Jangan semua hasil panen melulu urusan dijual, sementara keluarga juga butuh sumber gizi harian.

Tanam untuk makan adalah penting dilakukan. Dengan itu petani mendapatkan kemewahan gizi karena sebenarnya kelor ini harganya mahal kalau dijual.

Sebelum berpikir dijual, harus punya tujuan untuk dikonsumsi. Dan kelor sangat menguntungkan karena bisa dipanen kapan saja.” jelasnya. 

Manfaat daun kelor untuk kesehatan

Apa saja sebenarnya manfaat daun kelor untuk kesehatan? Ayo kita bahas tuntas di sini!

Manfaat daun kelor untuk kesehatan jantung

Manfaat Daun Kelor.

Mungkin Anda telah mengetahui bahwa tingginya tingkat kolesterol dalam tubuh bisa memicu peningkatan risiko penyakit jantung. Daun kelor memiliki manfaat untuk kesehatan jantung dengan cara menurunkan kadar kolesterol.

Memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel arteri dan memicu peradangan, memiliki  efek pengaturan tekanan darah dengan senyawa seperti isothiocyanates, dan membantu mengurangi peradangan.

Seorang petani Cimenyan, Dedi Ading, merasakan manfaat daun kelor terhadap penyakit jantung yang diidapnya, “Setengah bulan sejak minum badan tidak menggigil lagi. Beban nafas mulai berkurang. Makin segar ya saya minum rebusan daun kelor terus tanpa henti.

Setiap pagi dan sore 1 gelas. Setelah 30 hari minum kelor, badan saya terasa normal lagi,” terangnya dalam salah satu artikel yang dirilis oleh Odesa Indonesia. 

Manfaat daun kelor untuk terapi penyembuhan kanker

Sebuah penelitian yang dirilis oleh Kalkunte S , Swamy N , DS Dizon, Brard L tahun 2006  menemukan temuan bahwa sebuah molekul yang ditemukan pada kelor mampu mematikan sel pada sel kanker ovarium yang tumbuh di laboratorium.

Lebih lanjut lagi, Asian Pacific Journal of Cancer Prevention di tahun 2003 juga menerbitkan studi mengenai kemampuan ekstrak biji kelor pada tikus.

Hasilnya, tikus yang mengkonsumsi biji kelor mengalami penurunan papiloma kulit dan terbukti efektif sebagai pencegahan kanker 

Manfaat daun kelor bagi ibu hamil dan menyusui

Manfaat Daun Kelor.
Manfaat Daun Kelor.

Daun kelor juga dikenal manfaatnya bagi ibu hamil dan menyusui. Hal ini disebabkan oleh kandungan nutrisi yang kaya yang dimiliki oleh daun kelor seperti vitamin A, vitamin C, kalsium, zat besi, dan protein. Selain itu, daun kelor juga dapat menyediakan tambahan asam folat bagi ibu hamil dan menyusui.

Lebih lanjut lagi, beberapa tradisi pengobatan tradisional dapat membantu meningkatkan produksi air susu ibu (ASI).

Untuk mengetahui cara mengkonsumsi dan dosis yang tepat, Anda bisa konsultasikan ke tenaga medis profesional atau dokter Anda terkait konsumsi daun kelor yang tepat bagi ibu hamil dan menyusui.

Manfaat daun kelor bagi kesehatan sudah diulas di berbagai penelitian dan media. Budidaya dan pengolahannya yang mudah membuat daun kelor tepat untuk dikonsumsi, bukan hanya untuk memelihara kesehatan, tetapi juga sebagai bagian dari terapi kesehatan atas berbagai penyakit yang diidap.

Mau tau pembahasan kelor yang lebih lengkap lagi? Kunjungi test.odesa.id  dan temukan bacaan mengenai kelor lainnya! (Aprilia Hanifa)

Empat Manfaat Pohon Kelor untuk Rakyat Indonesia

Cara Menanam Kelor Bersama Pak Tardi Odesa

Pertanian Kelor dan Ekonomi Inklusif 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja