3 Langkah Donasi Pakaian Layak Pakai  untuk Fakir-Miskin

Ada banyak orang kelebihan pakaian sampai menumpuk. Sementara ada banyak saudara kita yang fakir-miskin kekurangan. Jangan timbun pakaian karena itu mubazir. Saatnya packing dan kirim ke Odesa Indonesia.

Donasi Pakaian Layak Pakai Odesa.
Donasi Pakaian Layak Pakai Odesa.

Tahukah Anda? Selain masalah sampah plastik, ternyata masih ada lho sumber sampah lainnya yang bisa merusak lingkungan sekitar. Contohnya adalah sampah baju dan limbah kain tekstil. Limbah pakaian semakin menumpuk karena adanya trend fast fashion.

Fast fashion merupakan istilah dari model pakaian yang silih berganti dalam waktu singkat. Model pakaian yang tergolong fast fashion tidak dapat digunakan secara jangka panjang karena tren yang terus berganti dan harus diikuti.

Untuk menanggulangi problem tersebut, muncul istilah tren “capsule wardrobe” yang mendorong masyarakat untuk menggunakan pakaian basic sehingga dapat digunakan jangka panjang. Selain itu, jika Anda terlanjur memiliki banyak pakaian yang sudah tidak dipakai, Anda bisa mendonasikannya melalui Odesa Indonesia. Akan dikelola secara baik dan disalurkan kepada fakir-miskin yang membutuhkan.

Donasi Pakaian Layak Pakai Odesa.
Donasi Pakaian Layak Pakai Odesa.

Program Donasi Pakaian Odesa Indonesia 

Donasi pakaian yang dilakukan oleh Odesa Indonesia merupakan pengumpulan pakaian bekas yang layak pakai. Terkadang juga dilakukan secara khusus dengan pengumpulan uang kemudian dibelanjakan dalam bentuk pakaian, terutama untuk seragam sekolah anak-anak keluarga fakir-miskin. Pakaian sendiri merupakan kebutuhan sandang yang harus terpenuhi.

Namun, tidak semua orang beruntung secara finansial dan dapat memenuhi kebutuhan sandangnya. Ada ribuan keluarga miskin yang membutuhkan pakaian layak untuk sehari-hari. Odesa Indonesia sendiri sudah menyalurkan bantuan donasi pakaian kepada kelompok fakir miskin sejak tahun 2016. Sampai saat ini merasa penting dilanjutkan karena fakta-fakta di lapangan para pengurus dan relawan Odesa selalu menemukan banyak orang yang masih minim dalam memenuhi kebutuhan pakaian.

Dengan mendonasikan pakaian kepada fakir-miskin melalui Odesa Indonesia, Anda sudah membantu mereka yang membutuhkan sekaligus ikut serta dalam mengurangi sampah pakaian di Indonesia. Adapun pakaian yang bisa Anda donasikan adalah:

  • Kaos
  • Kemeja
  • Jaket
  • Topi
  • Celana
  • Kerudung
  • Alat Salat
  • Pakaian dan Perlengkapan Sekolah
  • Baju seragam

Selain pakaian beragam jenis tersebut, Odesa Indonesia juga menerima donasi perabot rumah tangga seperti piring, gelas, sendok, bahkan meja, kursi, lemari dan lain sebagainya.

Anda boleh mendonasikan pakaian baik baru maupun bekas tetapi masih layak pakai dalam ukuran apa saja. Karena nantinya akan ada relawan Odesa Indonesia yang membantu untuk memilih dan mendistribusikan barang-barang yang didonasikan kepada orang yang tepat.

Selain donasi baju, Anda juga bisa ikut mendonasikan beberapa perabotan rumah tangga yang masih layak digunakan dimanfaat oleh warga penerima donasi pakaian.

Baca juga: Menerima Sumbangan Buku Perpustakaan Anak Desa

Cara Donasi Pakaian di Odesa Indonesia

Bagi Anda yang masih belum tahu bagaimana cara mendonasikan baju bekas layak pakai di Odesa Indonesia, silakan ikuti panduan di bawah ini:

1. Pastikan Pakaian yang Didonasikan Layak Pakai 

Sebelum mengirimkan pakaian Anda yang akan didonasikan, pastikan bahwa baju-baju tersebut masih layak pakai atau masih bisa digunakan. Prinsip kegiatan amal pakaian ini bukan membuang sampah, melainkan benar-benar dilandasi rasa welas asih. Jika kita memberikan bantuan yang buruk, alih-alih membantu para masyarakat yang membutuhkan, justru kita malah akan memberikan sampah kepada orang lain.

Oleh karena itu, sebagai orang yang mendonasikan, kita harus bijak dalam memilih pakaian apa saja yang pantas untuk disumbangkan. Niat beramal dengan baik disertai menyediakan bantuan yang baik adalah cara terbaik untuk melahirkan kebaikan berkelanjutan.

2. Kirim Pakaian Bekas ke Yayasan Odesa Indonesia

Setelah memilah pakaian yang akan disumbangkan, Anda bisa mengirimnya langsung ke alamat Yayasan Odesa Indonesia yang berlokasi di Kabupaten Bandung.

Berikut alamat lengkapnya:

Yayasan Odesa Indonesia. Kampung Sekebalingbing No. 8 RT 01 RW 10 Desa Cikadut, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Admin 0821-1720-4059 Email odesaindonesia@gmail.com

  1. Mengunjungi Website Odesa Indonesia 

Anda juga bisa mengunjungi website Odesa Indonesia di test.odesa.id  untuk melakukan donasi pakaian atau perabot rumah tangga. Selain donasi  pakaian, Odesa Indonesia juga menjembatani Anda untuk ikut melakukan donasi amal kemanusiaan dan donasi lainnya untuk bantu atasi kemiskinan di perdesaan yang selama ini tidak tersentuh oleh program-program pemerintah atau santunan dari pihak swasta.

Baca juga: 5 Manfaat Gerakan Kebaikan Menanam Bibit Buah

Yuk, lakukan perbaikan dengan menyumbangkan pakaian layak pakai Anda, sekaligus kita memperbaiki lingkungan dan mengatasi kemiskinan bersama Odesa Indonesia. (Fina Fauziyah Afiyani).

Simak Video Gerakan Pemberdayaan Odesa Indonesia

Miss Indonesia 2018 Berkiprah Mengatasi Kemiskinan bersama Odesa Indonesia

Kiprah Miss Indonesia 2019 bersama Odesa Indonesia

Keranjang Belanja