Manfaat Daun Kelor untuk Wanita. Jauh dari Kanker!

Manfaat Daun Kelor untuk Wanita.- Daun kelor merupakan tanaman super kaya nutrisi dan antioksidan yang dapat mendukung fungsi tubuh dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Manfaat daun kelor menyehatkan vagina hanya salah satu dari sekian banyak khasiat.

Manfaat daun kelor untuk kesehatan  dipengaruhi oleh nutrisi yang terkandung di dalam daunnya. Tiap satu cangkir (setara 21 gram) daun kelor  mengandung 2 gram protein nabati. Anda bisa mengolahnya menjadi obat herbal, teh herbal, bahkan suplemen nutrisi. Bahkan beberapa orang menggunakannya sebagai bahan masakan.

Manfaat Daun Kelor untuk Wanita

Menurut Mayo Clinic, 10-15% pasangan menghadapi infertilitas. Infertilitas adalah ketidakmampuan untuk hamil meskipun sering melakukan hubungan seks tanpa kondom selama setidaknya satu tahun. Infertilitas mempengaruhi banyak orang, sehingga ada banyak pilihan yang tersedia bagi pasangan untuk  hamil.

Banyak teknik reproduksi berbantuan yang tersedia, seperti fertilisasi in vitro (IVF). Namun, IVF mahal, invasif, dan tidak selalu berhasil. Kelor memiliki banyak manfaat, antara lain menyeimbangkan kadar gula darah, mengurangi peradangan, meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh, mengurangi risiko penurunan kognitif, serta meningkatkan dan melindungi kesehatan kulit dan rambut.

Kandungan Nutrisi dan Senyawa Daun Kelor

Kandungan Nutrisi dan Senyawa Daun Kelor
Manfaat daun kelor untuk wanita perlu kita ketahui.

Tanaman ini dianggap sebagai tanaman super karena kaya  nutrisi dan bahan aktif yang memberikan efek positif bagi kesehatan. Berikut kandungan nutrisi dan komposisi daun kelor :

  • Vitamin E
  • Vitamin K
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin B2 (Riboflavin)
  • Vitamin B1 (Tiamin)
  • Vitamin B3 (Niasin)
  • Kalsium
  • Kalium
  • Zink
  • Senyawa klorofil
  • Senyawa zeatin
  • Amino asam esensial
  • Antioksidan
  • Antiinflamasi
  • Besi
  • Protein
  • Senyawa fenolik
  • Senyawa quercetin
  • Senyawa beta-sitosterol

Khasiat Daun Kelor untuk Kewanitaan

Manfaat teh kelor untuk kesehatan mental
Manfaat Daun Kelor untuk Wanita sangat banyak.

Cara Mengetahui Kualitas Daun Kelor

Berikut beberapa manfaat daun kelor untuk kesehatan kewanitaan yang bisa diketahui:

1. Menurunkan Resiko Terjadinya Kanker Rahim

Khasiat daun kelor selanjutnya adalah  mencegah terbentuknya sel kanker pada organ rahim. Daun kelor kaya akan antioksidan sehingga menjadi salah satu alternatif pengobatan  kanker rahim. Untuk mencegah kanker rahim, Anda dapat mengonsumsi daun kelor  dengan mengonsumsi suplemen nutrisi dan teh herbal yang terbuat dari daun kelor.

Namun pengobatan dengan  daun kelor yang merupakan ramuan herbal menimbulkan beberapa efek samping seperti mual, diare, dan perut kembung jika dikonsumsi  berlebihan. Oleh karena itu, sebelum menjalani pengobatan dengan daun kelor, sebaiknya konsultasikan terlebih dulu ke dokter.

2. Menangkal Radikal Bebas

Senyawa antioksidan dapat melawan radikal bebas yang masuk ke tubuh, bahkan lewat vagina. Radikal bebas tingkat tinggi akan memicu stres oksidatif yang bisa mengarah pada penyakit kronis seperti diabetes tipe 2 hingga jantung. Beberapa senyawa antioksidan ini ditemukan dalam daun kelor.

Tak hanya vitamin C dan beta karoten, di dalam daun kelor juga terdapat quercetin yang mampu menurunkan tekanan darah. Sedangkan kandungan lain seperti asam klorogenat bisa menurunkan kadar gula darah.

3. Mengurangi gejala PMS

Gejala ini biasa dialami wanita menjelang menstruasi, dan daun kelor diketahui dapat mengurangi gejala tersebut. Senyawa fitoestrogen pada daun ini membantu menyeimbangkan fluktuasi hormonal yang terjadi menjelang menstruasi.

Sifat anti inflamasi pada daun ini  mengurangi peradangan dan kram yang sering terjadi pada PMS. Kandungan magnesium dan kalsium meredakan kejang otot. Zat besi dan nutrisi lain yang terdapat pada daun ini dapat membantu mengatasi rasa lelah dan lemas yang sering terjadi pada PMS.

4. Mengurangi Gejala Menopause

Osteoporosis merupakan risiko kesehatan bagi wanita saat menopause. Hal ini karena sekresi estrogen menurun pada wanita selama menopause. Padahal, estrogen sendiri berperan dalam menjaga kepadatan tulang.

Salah satu cara  mencegah masalah tulang akibat kekurangan estrogen adalah dengan mengonsumsi makanan kaya vitamin dan mineral. Tanaman yang disebut kaya nutrisi dengan khasiat penting untuk kesehatan tulang dan penyerapan kalsium ini harus Anda coba.

Mengutip jurnal Federation of American Societies for Experimental Biology, ini dikarenakan adanya kandungan mikronutrien yang meliputi vitamin C, boron, magnesium, dan kalium.

Aksi Meningkatkan Kesuburan Wanita

Mengkonsumsi daun kelor menyehatkan vagina dengan bisa meningkatkan kesuburan wanita dengan aman dan alami. Kami Odesa.id mengajak Anda untuk berdonasi mulai sekarang untuk kesehatan dan kesuburan wanita. Secara konsisten kami memberdayakan petani untuk mengelola tanaman kesehatan seperti daun kelor. Kalau bukan dimulai dari kita, lalu siapa lagi?

Baca juga:

https://odesa.id/5-manfaat-daun-kelor-untuk-rahim-wanita/

https://odesa.id/7-manfaat-daun-kelor-untuk-wanita/

https://odesa.id/manfaat-tanaman-kelor-yang-sungguh-menakjubkan/

Penulis: Resti Eka Wati

Admin: Alma Maulida

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja