Di Cimenyan Bandung Banyak Peluang untuk Penelitian dan Bisnis

Aktivitas Yayasan Odesa Indonesia dalam mengorganisir warga perdesaan di Kawasan Bandung Utara (KBU) semakin lama semakin variatif. Banyaknya persoalan masyarakat menjadi bagian pendorong kerja sosial para aktivis untuk terus mengembangkan model dan strategi. Namun di luar problem sosial tersebut terdapat fakta lain yang potensial dikembangkan bagi kesejahteraan masyarakat.

Menurut Ketua Yayasan Odesa Indonesia, Faiz Manshur, warga kota Bandung atau Jakarta yang memiliki pemikiran untuk pengembangan sumberdaya alam dan sumberdaya manusia, perlu melihat peluang yang ada di Cimenyan.

cimenyan indah odesa indonesia

“Jarak dari Kota Bandung sangat dekat. Setahun kami mengorganisir warga di puluhan kampung banyak peluang. Pada satu sisi kita tertantang untuk mengatasi problem keterbelakangan hidup ratusan ribu warga pinggiran kota, pada sisi lain membuka peluang-peluang baru yang membutuhkan sentuhan inovator,” kata Faiz Manshur kepada Odesa.id, Kamis, 15 Juni 2017 di Kantor Odesa Indonesia Kampung Cisanggarung, Desa Cikadut, Kecamatan Cimenyan, Kab.Bandung.

Menurut Faiz Manshur, para aktivis sosial di kota yang minat mendedikasikan dirinya pada warga bisa menggarap Cimenyan. Sebab menurutnya problem begitu banyak dan tidak cukup hanya satu atau dua lembaga mengatasi sengkarut keterbelakangan warga yang mayoritas berekonomi buruh tani.

“Ada juga peluang bagus untuk penelitian kehidupan masyarakat. Misalnya yang menarik tentang agama dan aliran kepercayaan Sunda. Di Cimenyan varian-varian paham aliran ini menarik jika dikaji. Belum banyak yang serius meriset ini,” katanya.

15409982 10211512511828905 1010219087 o

Peluang Bisnis
Sementara itu Faiz Manshur juga memaparkan, kalangan bisnisman di perkotaan bisa memainkan bisnis dengan memanfaatkan sumberdaya alam yang ada. Sebab bumi Cimenyan yang subur dengan struktur tanah-bebatuan perbukitan itu sangat banyak bernilai untuk kebaikan hidup masyarakat.

“Banyak tanaman yang mudah hidup. Banyak lahan yang kosong tak diurus. Air bersih melimpah, tetapi masih minim teknologi sehingga alirannya tidak merata,”jelasnya.

budhiana karta

Cimenyan menjadi lokasi yang potensial bukan saja karena alamnya, melainkan juga lokasinya sangat dekat dengan Kota Bandung. Hanya sebagian lokasi yang sudah digarap seperti kawasan Ciburial, Puncak Bintang dan Desa Cimenyan.

Tetapi menurut Faiz Manshur, beberapa lokasi itu baru secuil dari luasnya Kecamatan Cimenyan di mana pada setiap bukit menyajikan panorama eksotika alam Bandung yang elok. Melalui Yayasan Odesa, Faiz Manshur dkk berharap para innovator untuk mengolah potensi alam dan potensi sumberdaya manusia secara bersamaan.

“Untuk acara mapping atau kegiatan, Kantor Odesa boleh digunakan. Kami sangat open untuk gagasan-gagasan positif dengan tujuan peningkatan kesejahteraan masyarakat dan sekaligus mengolah alam pertanian dengan pendekatan ramah lingkungan,” –Teguh.

bandung utara krisis air 3

cemara 3

Baca Tanah Menganggur, Kurang Ilmu dan Kompeni

Baca Perbandingan Kota dan Desa

Baca Imajinasi Anak-Anak Desa

Baca Perbaikan Kualitas Kopi, Urus Petani

1 Trackback / Pingback

  1. Ingin Aktif Kegiatan Sosial dan Penelitia, Cimenyan Tempatnya – ODESA INDONESIA

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*