manfaat daun kelor untuk rahim

5 Manfaat Daun Kelor untuk Rahim Wanita Saat Terjadi Kehamilan

Manfaat daun kelor untuk rahim diketahui karena kaya akan antioksidan dan zat bioaktif tumbuhan. Moringa oleifera atau familiar dengan daun kelor merupakan tanaman yang dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.Dalam hal ini, ada beberapa jenis daun yang cocok dikonsumsi untuk kesuburan wanita atau pria.

Daun kelor mengandung banyak vitamin dan mineral penting. Daunnya mengandung vitamin C tujuh kali lebih banyak dibandingkan daun jeruk. Selain itu, daun kelor mengandung potasium 15 kali lebih banyak dibandingkan pisang. Menurut penelitian dalam Journal of Midwifery and Nursing, terdapat 11 dari 22 ibu hamil berhasil meningkatkan ASI hingga 50% usai rutin mengonsumsi daun kelor. Berikut simak informasi lengkapnya!

Manfaat Daun Kelor untuk Rahim Saat Hamil

manfaat daun kelor saat hamil

Dalam 100 gram daun kelor mengandung tujuh kali lipat vitamin C dari jeruk, empat kali lipat vitamin A dari wortel, tiga kali lipat potasium dibanding pisang. Tak hanya itu, juga terdapat empat kali lipat kalsium dari susu, dan dua kali lipat protein dari satu butir telur.

Oleh karena itu,  sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk mengonsumsi daun kelor untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Daun kelor dapat diolah dengan berbagai cara, seperti dijadikan sayur pendukung nasi atau dimasak apa adanya. Berdasarkan penelitian sebelumnya, manfaat daun kelor untuk kesehatan rahim antara lain:

Berikut Manfaat Daun Kelor untuk Ibu Hamil

1. Mencegah Anemia

Anemia atau kekurangan sel darah merah dapat mempengaruhi kemampuan janin dalam menyerap makanan dan oksigen. Hal ini tentunya mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan janin.

Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi makanan yang  membantu mencegah penyakit ini, seperti daun kelor. Wanita hamil yang mengonsumsi 1.400 mg suplemen ekstrak daun kelor setiap hari memiliki kadar hemoglobin yang jauh lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak.

2. Mencegah Kerusakan DNA Janin

Menurut penelitian Universitas Hasanuddin Makassar menunjukkan bahwa  kolin  pada daun kelor memiliki khasiat yang unik. Jika ibu hamil mengonsumsi kolin dalam jumlah yang cukup, maka dapat mencegah kerusakan pada untaian DNA janin. Sehingga memastikan bayi lahir  sehat dan kuat.

3. Mencegah Komplikasi Kehamilan

Komplikasi kehamilan dapat berupa preeklampsia dan hambatan pertumbuhan rahim atau hambatan pertumbuhan intra uterin atau IUGR. Semua komplikasi ini dapat menyebabkan kelahiran prematur. Wanita hamil sebaiknya menghindari hal ini.

Untuk mengatasinya, ibu hamil dapat terhindar dari komplikasi kehamilan dengan mengonsumsi daun kelor yang banyak mengandung nutrisi yang menunjang kesehatan ibu dan janin. Selain itu, daun kelor diduga memiliki efek laktogenik yang sama dengan daun katuku, yaitu meningkatkan produksi ASI.

4. Menjaga Peredaran Darah Tetap Lancar

Daun kelor juga mampu membantu dalam menjaga kelancaran peredaran darah. Ketika peredaran darah lancar, ibu hamil memiliki risiko komplikasi jantung yang lebih rendah, penyerapan oksigen lebih lancar, dan rahim serta kehamilan  lebih sehat.

5. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Khasiat daun kelor untuk rahim Daun kelor mengandung antioksidan dari vitamin C  sebagai penangkal radikal bebas. Gunanya untuk mencegah penyakit dan infeksi pada masa kehamilan, termasuk dalam kadar yang sangat tinggi. Dengan cara ini, daya tahan tubuh akan diperkuat dan kesehatan tubuh serta janin tetap terjaga.

Cara Konsumsi Daun Kelor

Bagi pemula, pasti masih bingung bagaimana cara konsumsi daun kelor yang benar. Ada beberapa cara sehat mengonsumsi daun kelor, yaitu:

  • Rendam daun kelor dalam air panas dan mencampurkannya dengan lemon dan madu.
  • Campurkan ke dalam smoothie.
  • Daun kelor bisa ditambahkan utuh atau dijadikan bubuk ke dalam smoothie hijau yang dicampur dengan daun mint, nanas, dan jeruk nipis.
  • Anda bisa menaburkan bubuk daun kelor di atas makanan atau menambahkannya ke resep sup seperti asparagus untuk meredakan kembung, sup miso untuk menyeimbangkan hormon, serta sup labu dan buncis untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Mari Kita Konsumsi Kelor

Nah, itulah beberapa manfaat daun kelor untuk rahim wanita pada saat kehamilan. Jika Anda ingin mempelajari lebih mendalam mengenai manfaat kelor, Anda bisa membaca tulisan-tulisan lain di website ini.

Manfaat Kelor Untuk Lansia

Manfaat Kelor untuk Diabetes

Manfaat Kelor untuk Kesehatan Mental

Belanja Daun Kelor di Tanaman Obat Cimenyan (Odesa)

 

Penulis: Resti Eka Wati

Admin: Alma Maulida

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja