greedy, garden herbs, medicinal herbs-5138119.jpg

4 Tanaman Obat yang Mudah Ditanam di Rumah

Tanaman Obat yang Mudah Ditanam – Anda mau mulai berkebun, tapi bingung mau menanam apa? Mungkin Anda bisa mulai dari tanaman obat. Selain untuk memperindah rumah, tumbuhan obat ini juga bisa Anda gunakan untuk kebutuhan sehari-hari, mulai dari memasak hingga merawat wajah.

Umumnya, tanaman obat termasuk jenis tumbuhan yang mudah ditanam. Namun, ada beberapa yang memerlukan perawatan dan perhatian yang lebih intensif. Nah, sebagai pemula, Anda bisa mulai dari beberapa tanaman berikut ini ya!

Baca juga:

Tanaman Obat yang Cocok untuk Pemula

Dengan menanam tanaman obat/herbal sendiri, Anda dapat menghemat hingga mengurangi pemborosan makanan. Selain itu, Anda sebenarnya tidak perlu banyak ruang untuk menanam tanaman obat. Sebab, sebagian besar tanaman obat tak banyak memakan tempat. 

daun mint herbal
Tanaman Obat Daun Mint

1. Daun Mint

Sering melihat daun yang satu ini di sajian minuman? Yuk berkenalan dengan mint, daun yang kaya akan vitamin A & baik untuk kesehatan mata. Sebagai sumber antioksidan, mint dapat melindungi tubuh Anda dari radikal bebas.

Melansir dari National Library of Medicine, mint dalam bentuk peppermint oil juga dapat bantu melancarkan pencernaan & meredakan sakit perut lho.

Mau merasakan segudang manfaat daun mint? Anda tak perlu repot-repot beli, sebab Anda bisa menanam daun mint dengan mudah di dalam rumah. Yang dibutuhkan hanyalah pot dengan drainase yang baik dan potting mix atau tanah campuran yang baik. 

Agar mint tumbuh subur, Anda bisa letakkan di lokasi yang mendapat sedikit sinar matahari sepanjang hari tapi tidak terpapar langsung. Selain itu, pastikan agar tanah tetap lembap dan bukan basah.

Ketumbar Obat
Tanaman Obat Ketumbar

2. Ketumbar

Rutin menggunakan ketumbar untuk memasak? Kalau iya, ada kabar baik: Ketumbar gampang tumbuh & masa panennya pun cepat. Jadi, Anda bisa bebas menggunakan ketumbar hasil panen sendiri.

Cara menanamnya pun mudah. Yang pertama, rendam biji ketumbar 2-12 jam dengan air hangat. Pilihlah pot yang tidak terlalu kecil, agar ketumbar bisa tumbuh dengan leluasa.

Selanjutnya, lembapkan tanah, masukkan biji ketumbar ke lubang tanam, & tutup kembali dengan tanah. Jangan lupa, letakkan di area yang banyak terpapar sinar matahari, seperti dekat jendela. Anda pun bisa memanen ketumbar sekitar 1 minggu sekali. 

Melansir dari WebMD, konsumsi ketumbar dapat membantu menurunkan gula darah, mencegah keracunan makanan, hingga mengurangi kecemasan lho.

Herbal Lidah Buaya
Tanaman Obat Lidah Buaya

3. Lidah Buaya

Pasti Anda tidak asing dengan tanaman yang satu ini. Yup, lidah buaya merupakan tanaman yang tumbuh melimpah di iklim tropis & telah digunakan selama berabad-abad sebagai tanaman obat.

Menurut Healthline, lidah buaya bisa dikonsumsi atau dioleskan di bagian luar tubuh. Tanaman ini memiliki beberapa manfaat, seperti melindungi dari radikal bebas, menyembuhkan sunburn, bantu meningkatkan kekenyalan kulit, hingga mengatasi penyakit mulut.

Apabila Anda tidak memiliki banyak waktu untuk berkebun, menanam lidah buaya bisa jadi opsi. Sebab, lidah buaya termasuk tanaman yang perawatannya mudah & tidak memerlukan banyak perawatan. 

Anda cukup mengisi wadah hampir penuh dengan tanah. Sebaiknya pilih tanah berbatu yang biasa digunakan untuk kaktus. 

Kemudian, pilih pot dari tanah liat yang berpori, agar air mudah menguap. Selanjutnya, letakkan tanaman di tengah pot & isi kembali dengan tanah untuk menutupi akar. Jangan lupa untuk siram tanaman saat tanah sudah benar-benar kering & pastikan air tidak menggenang.

Untuk penempatan pot, Anda bisa menaruh lidah buaya di tempat yang tidak langsung terkena matahari. Sebab, cahaya langsung dapat membakar daun lidah buaya.

Basil Obat
Tanaman Obat Daun Basil

4. Daun Basil

Apabila Anda suka sajian Italia atau makanan Thailand, tentu Anda tahu daun basil. Daun yang satu ini memiliki bentuk & aroma yang mirip kemangi. Tak hanya digunakan sebagai hiasan, daun basil juga sering digunakan untuk olahan pasta, salad, ayam, dan ikan.

Selain aromanya yang harum, daun basil ternyata memiliki segudang manfaat lho. Melansir dari WebMD, basil bisa mengatur gula darah, mengatasi penyakit jantung, hingga melindungi inflamasi dalam tubuh.

Daun basil ini sangat cocok ditanam di negara tropis, karena tanaman ini menyukai cuaca hangat, sinar matahari, dan tanah berpasir. Untuk cara merawatnya sendiri pun praktis. Tanaman ini cukup disiram seminggu sekali, saat tanahnya mulai terasa kering. 

Apabila daunnya kekuningan, bisa jadi itu tanda Anda menyiram air terlalu banyak. Selain itu, Anda bisa taruh pot di area yang menggantung agar drainase tetap baik & tanah tidak tergenang. Untuk mendorong pertumbuhan, Anda bisa pencet bagian batangnya agar tanaman membuat cabang baru & menghasilkan lebih banyak daun.

Yuk, Mulai Tanam Tumbuhan Herbal di Rumah

Jadi, itulah beberapa tanaman yang mudah untuk ditanam di rumah bagi pemula. Di Odesa.id, kami menjual beberapa benih tanaman obat yang bisa Anda tanam sendiri di rumah, seperti benih kelor, hanjeli, sorgum, bunga matahari, dan masih banyak lagi.

Yuk, mulai berkebun dengan beli benih tanaman obat di Odesa.id sekarang!

Penulis: Nadya Elianna

Admin: Fadhil Azzam

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja