Daun Afrika

Manfaat Daun Afrika untuk Kanker Prostat

Vernonia amygdalina atau daun afrika berkhasiat untuk menyembuhkan dan mencegah terjadinya kanker prostat. Jenis kanker yang terjadi di bagian dasar kandung kemih pria ini dapat mengganggu proses buang air kecil sampai disfungsi ereksi.

Daun Afrika dan Kanker Prostat

Risiko kanker prostat timbul seiring dengan bertambahnya usia. Ada beberapa faktor yang bisa menimbulkan risiko penyakit ini:

  • Pria yang sudah memasuk usia 50 ke atas.
  • Mengalami obesitas.
  • Ada riwayat keluarga yang mengalami penyakit prostat.
  • Pola hidup tidak sehat, termasuk kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol.
  • Konsumsi obat-obatan tertentu, misalnya beta-blockers.
  • Mengidap penyakit menular seksual, misalnya gonore, sifilis, atau HPV.

Langkah pengobatan yang umumnya dilakukan penderita penyakit prostat adalah pemberian obat, operasi, atau terapi khusus. Tentunya penanganan ini disesuaikan dengan kondisi tubuh penderita dan tingkat keparahan penyakitnya.

Diperlukan usaha untuk mengubah pola hidup yang lebih sehat untuk mencegah munculnya penyakit prostat. Mulailah rajin berolahraga, hindari konsumsi alkohol, berhenti merokok, dan biasakan untuk membersihkan organ intim dengan baik.

Pencegahan lain yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan hubungan seksual secara sehat dan tidak bergonta-ganti pasangan. Selain itu, sangat penting untuk membangun pola makan yang sehat dan bergizi.

Manfaat Daun Afrika untuk Kanker Prostat

Daun Arika dan Relawan Odesa
Daun Afrika Bermanfaat untuk kanker prostat.

Di antara pola makan yang sehat itu adalah konsumsi herbal. Seiring dengan berkembangnya teknologi di dunia medis, konsumsi herbal menunjukkan tren yang positif.

Berdasarkan statistik dari WHO, obat-obatan herbal dan tanaman merupakan terapi yang paling sering digunakan di seluruh dunia. Hampir 80% populasi di negara berkembang bergantung pada pengobatan alami ini untuk menjaga layanan kesehatan.

Indonesia punya segudang tanaman herbal yang baik untuk mencegah berbagai penyakit seperti prostat. Salah satu herbal yang bermanfaat untuk mengatasi postat adalah daun afrika (Vernonia amygdalina).

Tanaman yang akrab disebut bitter leaf ini mengandung antioksidan tinggi, vitamin, dan mineral yang bermanfaat untuk penyembuhan prostat termasuk yang sudah berkembang menjadi kanker.

Sebuah penelitian menemukan bahwa daun afrika dapat membunuh sel melalui induksi penghentian pertumbuhan sel kanker dan stres oksidatif.

Hal ini membuktikan bahwa terdapat aktivitas antikanker pada daun afrika yang bisa membantu dalam terapi pengobatan kanker prostat.

Dalam Journal of Complementary and Alternative Medical Research, sebuah penelitian menemukan bahwa ekstrak Vernonia amygdalina dapat menghambat prostatic hyperplasia atau pembesaran prostat jinak.

Daun Afrika
Manfaat Daun Afrika untuk Kanker Prostat

Cara Mengonsumsi Daun Afrika

Agar bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal, diperlukan cara yang tepat dalam mengonsumsi daun afrika. Berikut tiga caranya:

1. Mengunyah secara Langsung

Petik daun afrika, dibersihkan dengan air lalu kunyah. Telan sarinya dan buang ampas daunnya. Cara ini sangat mudah, meskipun memang tidak semua orang kuat dengan rasa pahit dari tanaman ini.

2. Mengekstrak daun Afrika

Cara membuat ekstrak daun Afrika adalah dengan mengeringkan daunnya, lalu tumbuk daun menjadi serbuk. Untuk mengonsumsinya, ambil satu sendok teh serbuknya lalu tambahkan air panas (seperti menyeduh teh).

3. Merebus Daun Afrika

Petik daun lalu bersihkan. Setelah itu rebuslah daun-daun tersebut secukupknya. Minum air rebusannya. Keunggulan dari proses perebusan adalah dapat mengurangi kadar pahit dari daun afrika.

Proses pengolahan daun afrika juga bisa dengan cara mengeringkan daunnya lebih dulu, lalu diseduh dengan air panas seperti membuat teh pada umumnya.

Demikian bahwa daun afrika bisa menjadi salah satu menu sajian herbal untuk menangkal masalah prostat. Pastikan bahwa konsumsi daun afrika juga perlu ditopang dengan pola hidup yang sehat. Dan jangan lupa untuk senantiasa berkonsultasi dengan dokter.***

kanker prostrat
Daun Afrika bisa untuk obat kanker prostat

Artikel terkait:

https://odesa.id/9-manfaat-daun-afrika-atau-vernonia-amygdalina/

https://odesa.id/7-tips-anti-gagal-menanam-tanaman-herbal-indoor/

https://odesa.id/kakek-di-vietnam-ini-sembuh-stroke-dengan-kelor/

 

Penulis: Arinda Eka Putri

Penyunting: Abdul Hamid

Admin: Alma Maulida

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja