Lempeni

4 Manfaat Buah Lempeni untuk Kesehatan

Ketahui Manfaat Lempeni-. Untuk sebagian besar generasi tahun 2000-an mungkin merasa asing dengan buah lempeni. Namun buah ini akrab untuk generasi yang hidup di tahun 70-an. Buah lempeni dulu sering dijadikan sebagai mainan untuk perang-perangan.

Saat mainan pistol yang terbuat dari bambu masih marak, buah lempeni yang masih hijau sering digunakan sebagai peluru.

Namun buah lempeni ini tak hanya berguna untuk mainan anak-anak. Buah dan daun lempeni bisa dikonsumsi. Terdapat banyak manfaat pada buah dan daun tanaman ini untuk menyehatkan tubuh.

Manfaat Buah Lempeni

Buah Lempeni
Buah Lempeni Bermanfaat untuk Kesehatan

Lempeni atau Ardisia elliptica adalah tumbuhan semak yang bisa tumbuh hingga kurang lebih 5 m. Tanaman ini tergolong khas, karena bunganya berkelompok yang muncul dari bagian ketiak daun. Buah lempeni muda berwarna hijau muda lalu seiring waktu berubah menjadi merah dan saat matang menjadi hitam.

Tanaman asli Indonesia dan beberapa negara Asia Tenggara ini memiliki banyak julukan seperti coral berry dan mata bebek. Kandungan dari buah lempeni semakin banyak diteliti.

Mari Ikut Serta Program Konservasi Tanaman untuk Memperbaiki Ekologii Hutan

Lempeni
Lempeni siap dikonsumsi

Terdapat satu penelitian yang menemukan kandungan asam syringic, isorhamnetin, B-amyrin, dan quercetin pada buah lempeni. Kandungan tersebut dapat membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Berikut empat manfaat dari tanaman ini untuk kesehatan:

1. Mengatasi masalah pencernaan

Buah lempeni memiliki kandungan senyawa yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab masalah penceranaan: Salmonella typhimurium dan Streptococcus mutans.

Dengan demikian, mengonsumsi buah lempeni bisa jadi langkah pertama untuk mengatasi masalah pencernaan. Sifat anti bakteri juga dimiliki daun dari tanaman ini.

2. Meningkatkan imunitas

Quercetin dan kandungan antioksidan dalam buah ini dapat meningkatkan imunitas tubuh. Jika anak Anda sering mudah terserang penyakit karena bakteri atau virus, cobalah konsumsi buah lempeni.

Merujuk pada penelitian dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) ekstrak lempeni juga memiliki antioksidan. Hal ini berguna untuk membantu mengurangi radikal bebas dan mengoptimalkan imunitas tubuh.

3. Obat tradisional untuk diare

Lempeni sudah akrab digunakan untuk obat diare di Pakistan, Malaysia, dan Thailand. Adanya kandungan etanol dalam ekstrak buah lempeni menjadi alasan tanaman ini bisa dijadikan sebagai obat diare. Terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa kandungan tersebut efektif untuk membasmi diare.

4. Bermanfaat sebagai antibakteri

Ekstrak buah lempeni memiliki kandungan antibakteri yang dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri di dalam tubuh. Jadi jangan ragu untuk menggunakan buah lempeni saat ada luka atau penyakit karena infeksi bakteri.

Cara mengonsumsi buah lempeni tidak sulit. Saat buahnya berwarna hitam, saat itulah buah tersebut bisa dikonsumsi secara langsung tanpa diolah lagi.

Selain sebagai tanaman obat, lempeni juga bisa mempercantik pekarangan rumah. Daunnya yang selalu hijau bisa memberikan nuansa asri. Jadi jangan ragu untuk menanam lempeni di pekarangan rumah Anda.***

Lampiran terkait:

https://odesa.id/daun-afrika-obat-herbal-alternatif-untuk-kanker-prostat/

https://odesa.id/4-tanaman-obat-yang-mudah-ditanam-di-rumah/

https://odesa.id/7-manfaat-kelor-untuk-lansia/

 

Penulis: Arinda Eka Putri

Penyunting: Abdul Hamid

Admin: Alma Maulida

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja