Manfaat pepaya untuk kulit

6 Manfaat Pepaya Setara Skincare: Kulit Glowing & Sehat!

Manfaat Pepaya untuk Kulit – Kata siapa, pepaya hanya baik untuk pencernaan? Buktinya, Dessy (27) adalah salah satu yang memanfaatkan pepaya sebagai skincare-nya sehari-hari. Menurut Dessy, masker pepaya kerap membuat kulitnya terlihat segar & bercahaya.

Ternyata, pepaya memang tidak hanya baik untuk dikonsumsi, tetapi juga bagus untuk digunakan ke kulit. Berdasarkan studi yang dilakukan Journal of Medicinal Plant Studies, pepaya memiliki kandungan vitamin A, B, dan C yang tinggi.

Selain itu, pepaya mengandung enzim papain dan chymopapain yang berfungsi sebagai anti-bakteri & anti-jamur. Oleh karena itu, tidak heran kalau pepaya kini banyak dijadikan sebagai salah satu kandungan skincare.

Baca juga:

Manfaat Pepaya untuk Kulit, Multifungsi Banget!

Panen pepaya Odesa Indonesia
Nina Danny Natawijaya, Pengurus Odesa memanen pepaya di Kebun Botani Odesa

Tidak hanya sedap dan sehat untuk disantap, ternyata pepaya juga memiliki segudang manfaat baik untuk kulit. Yuk, baca selengkapnya di sini.

1. Mencegah Tanda Penuaan

Menurut penelitian National Library of Medicine, kerutan & garis halus dapat muncul akibat sering terpapar radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang mudah bereaksi dan dapat merusak sel tubuh. Umumnya, radikal bebas berasal dari paparan sinar matahari, polusi, hingga asap rokok/kendaraan.

Namun tenang saja, karena kandungan vitamin C & likopen dalam pepaya dapat melindungi dari radikal bebas, menjaga kekenyalan kulit, hingga mengurangi tanda penuaan.

Selain itu, eksperimen National Library of Medicine pada tikus percobaan juga menunjukkan bahwa pepaya mampu mengurangi kerutan, lho!

Studi lainnya memperlihatkan kerutan pada perempuan dewasa yang mengonsumsi vitamin C & likopen menjadi jauh berkurang. Bagaimana, tertarik mengonsumsi pepaya sebagai botox alami?

2. Membantu Mengatasi Jerawat

Berjerawat adalah hal yang sangat lumrah dialami siapa pun, di usia berapa pun. Namun, jerawat sering kali menjadi momok, terutama jika jerawat tidak kunjung membaik.

Para pejuang jerawat, mungkin saatnya coba cara baru: Menggunakan produk eksfoliasi berbahan dasar pepaya. Enzim papain dan chymopapain dalam skincare pepaya dapat meredakan inflamasi atau peradangan pada jerawat, lho.

Selain itu, kedua enzim ini juga membantu menghilangkan sel kulit mati yang menumpuk & sering menyumbat pori. Bahkan, sebuah studi yang dilakukan pada 2017 menunjukkan bahwa enzim papain mampu mengatasi luka pada wajah.

3. Menghilangkan Melasma

Melasma adalah bercak gelap yang dapat timbul akibat faktor genetik, paparan sinar matahari berlebih, stres, hingga pengaruh hormonal seperti kehamilan. Noda ini dapat umumnya muncul pada dahi, pipi, dagu, hingga hidung.

Jika Anda ingin menghilangkan melasma, Anda dapat menggunakan pepaya sebagai salah satu alternatif pengobatan. Vitamin, beta karoten, & enzim yang terkandung dalam pepaya dapat mencerahkan, melembutkan, dan membuat kulit glowing.

4. Mencerahkan Kulit

Kulit sering terpapar debu? Sering panas-panasan dan beraktivitas di bawah matahari? Tak usah khawatir, karena vitamin dan antioksidan pada pepaya dapat membantu menghilangkan sel kulit mati dan merangsang pembentukan sel kulit baru.

Efek sampingnya, Anda dapat merasakan kulit yang lebih cerah dan halus, lho. Jika tertarik, Anda bisa memilih produk skincare berbahan dasar pepaya seperti sabun, serum, atau minyak biji pepaya untuk bantu mencerahkan kulit, ya!

5. Melembapkan Kulit

Kunci kulit yang sehat adalah hidrasi yang cukup. Jika kulit Anda terasa kering & mengelupas, Anda dapat memanfaatkan masker pepaya sebagai alternatif. Pepaya yang kaya akan vitamin A & E dapat menjaga kulit Anda tetap lembap.

Yuk, Coba Pepaya Sebagai Skincare Alami Agar Glowing!

Nah, itulah 5 manfaat cantik pepaya yang tentunya akan membuat kulit Anda semakin sehat. Gimana, tertarik untuk mulai menggunakan pepaya sebagai bahan perawatan kulit Anda?

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang pepaya, Anda bisa kunjungi situs odesa.id. Kami banyak menggerakan petani untuk menanam pepaya & menciptakan kesejahteraan pangan sehat bergizi.

Odesa.id banyak membagikan bibit pepaya untuk kemudian ditanam petani di desa agar membantu meningkatkan gizi dan mengatasi kemiskinan. Yuk, bantu kami memperbaiki kehidupan masyarakat desa dengan mulai berdonasi.

Penulis: Nadya Elianna

Admin: Fadhil Azzam

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja