6 Alasan Kenapa Anda Harus Menjadi Relawan Literasi

Relawan Literasi bermanfaat besar untuk hidupmu – Kegiatan akhir pekan di Jakarta hanya sebatas kunjungan dari mall ke mall? Kalau sudah bosan dengan gedung pencakar langit ibu kota, mungkin ini saatnya mencoba kegiatan baru: Volunteering, alias menjadi relawan!

Relawan Volunter Odesa
Relawan Literasi Odesa Indonesia. Sejak tahun 2016 bergiat aktif menampingi Anak-Anak Desa. Menerapkan falsafah: Memahami Apa yang dibaca, Mengamalkan apa yang dipahami dan menuliskan apa yang diamalkan.

Yap, Anda tidak salah baca. Mungkin, Anda masih bertanya-tanya atau ragu ketika mendengar kata “volunteering”. Padahal, menjadi relawan itu banyak manfaatnya, lho!

Menurut penelitian National Library of Medicine, orang yang menjadi relawan memiliki kesehatan fisik, mental, & tingkat kepuasan hidup yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang non-relawan.

Tidak hanya itu, masih ada segudang manfaat volunteering lainnya lho. Yuk, simak & baca selengkapnya di bawah ya!

Relawan Sosial Odesa
Relawan Literasi Odesa. Bergiat untuk meraih wisdom melalui praktik lapangan dan rutin berdiskusi ragam ilmu pengetahuan.

Baca juga:

Alasan Menjadi Relawan Literasi, Minimal Seumur Hidup Sekali

Baru pertama kali volunteer? Cobalah di bidang literasi. Selain lebih menyenangkan, Anda juga akan mendapatkan berbagai manfaat ini, lho!

1.   Meningkatkan Kesehatan Fisik dan Mental

Berdasarkan studi yang dilakukan Mayo Clinic, orang yang mengikuti kegiatan relawan memiliki kesehatan fisik yang lebih baik daripada non-relawan. Selain itu, volunteering juga mampu menurunkan level depresi dan kecemasan, terutama pada usia 65 ke atas.

Bahkan, beraktivitas sebagai relawan juga mampu mengurangi stres dan meningkatkan kebahagiaan akibat hormon dopamin yang dilepaskan, lho.

2.   Memberi Makna pada Hidup

Saat sudah bekerja lama dengan rutinitas yang sama, ada kemungkinan seseorang akan mencapai titik jenuh. Apabila hidup Anda saat ini terasa ‘gitu-gitu aja’, mungkin saatnya untuk memberi makna kembali pada hidup melalui volunteering.

Dengan menjadi relawan, Anda dapat terjun langsung memberi dampak pada sekeliling. Ketika Anda melihat & mengajar langsung anak-anak yang dibantu, hidup pun akan terasa lebih bermakna.

3.   Bertemu Teman Baru

Kalau Anda ingin memperluas koneksi atau menambah teman baru, mendaftar jadi relawan adalah langkah yang pas. Dengan volunteering, Anda bisa bertemu & belajar dari banyak orang dengan berbagai latar belakang.

Bahkan, survei yang dilakukan National Council for Voluntary Organisations menunjukkan bahwa 9/10 relawan pasti bertemu teman baru. Selain itu, partisipan survei yang berusia 18-34 tahun juga mengaku bahwa volunteering membuat mereka jadi merasa tidak kesepian.

4.   Mengembangkan Skill Lama & Belajar Skill Baru

Volunteering adalah tempat yang tepat untuk Anda mengasah skill. Misalnya, jika Anda ahli dalam bahasa Inggris, Anda bisa ambil bagian sebagai pengajar bahasa Inggris. Atau sebaliknya, jika Anda ingin mengembangkan skill lainnya, Anda bisa ambil posisi relawan yang belum pernah Anda coba, ya!

Dengan menjadi relawan literasi, otomatis Anda akan ditantang untuk mengasah skill lama, atau pun mempelajari skill baru.

5.   Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi

Anda introvert dan pemalu saat berkenalan dengan orang baru? Tenang! Dengan mengikuti kegiatan relawan, Anda akan mau tidak mau belajar berkomunikasi dan membangun kepercayaan diri

Dijamin, Anda akan terkejut dengan kapasitas & kemampuan diri sendiri, setelah kegiatan relawan berakhir. Tentunya, ini juga meningkatkan kepercayaan diri Anda, lho.

6.   Bisa Bermain dengan Anak-Anak

Suka dengan anak-anak? Kalau iya, ini adalah saat yang tepat untuk menyalurkan kecintaan Anda. Dibandingkan jenis kegiatan volunteering lainnya, menjadi relawan literasi biasanya lebih menyenangkan.

Umumnya, materi yang diajarkan non-formal & aktivitasnya didesain agar se-menyenangkan mungkin bagi anak-anak. Jadi, sambil mengajar, Anda pun bisa menikmati aktivitas seru bersama anak-anak, lho!

Literasi Desa Relawan
Relawan Literasi Sekolah Sabtu-Minggu (Samin) Odesa. Bergiat Aktif Menerapkan Praktik Literasi di Desa-Desa Bandung Utara. Membaca, Menulis, Mengamalkan.

Aktivitas Relawan Literasi di Odesa.id

Jika Anda Ingin Memberi Dukungan Kegiatan Literasi Desa, Bisa Berdonasi di Sini.

1.   Mengajar di Sekolah Samin

Sekolah Samin, atau Sekolah Sabtu Minggu merupakan salah satu program Odesa untuk membangun kualitas SDM anak-anak petani. Sebab, banyak dari mereka yang terpaksa putus sekolah, akibat tingginya angka kemiskinan.

Padahal, kemiskinan dan pendidikan sangat erat kaitannya. Sering kali, orang-orang yang hidup dalam kemiskinan terpaksa berhenti sekolah agar bisa bekerja. Ini membuat mereka kehilangan kemampuan literasi—yang padahal sangat penting untuk membuka kesempatan pekerjaan lebih luas (& lebih baik).

Bahkan, sebuah survei yang dilakukan children.org menunjukkan bahwa 60% anak usia 10 tahun di negara berkembang masih kesulitan membaca & mengerti buku cerita yang sederhana.

Untuk itu, Odesa berusaha untuk mendorong literasi pada anak-anak ini. Jika Anda tertarik untuk mengajar, Anda bisa berpartisipasi membantu anak-anak membaca, menulis, berlatih musik, dan masih banyak lagi.

2.   Mendampingi Anak Membaca di Perpustakaan Mini

Selain mengajar secara langsung, Odesa juga turut menyediakan fasilitas peminjaman buku. Di sini, kami mendorong anak-anak untuk membaca minimal 1 buku dalam 1 pekan. Sebagai relawan, Anda bisa turut mendampingi mereka saat membaca juga, lho!

Yuk, Bergabung Menjadi Relawan Literasi di Odesa.id

Itulah beberapa manfaat dan aktivitas yang bisa Anda ikuti. Apabila Anda tertarik untuk menjadi relawan literasi, Anda bisa langsung hubungi admin di 082117204059, ya!

Ingin mencoba volunteer di bidang lain? Tenang, Odesa juga membuka kesempatan untuk menjadi relawan di bidang lain, seperti sharing ilmu digital marketing, hingga relawan workshop jurnalistik. Silakan pilih volunteer sesuai minat Anda, ya! (Nadya Elianna)

Mari Berdonasi Untuk Beasiswa Anak-Anak Buruh Tani Agar Bisa Tetap Sekolah

Bagaimana Menerapkan Literasi Secara Tepat? Bacalah Tulisan ini

Video Tentang Gerakan Literasi dan Ekologi Odesa Indonesia

Fasilitator Sekolah Samin Belajar Mengatasi Problem Anak

Simak Video Pembacaan Esai Tentang Hakikat Literasi

Admin: Alma Maulida

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja