Santri Ponpes Al-Mizan

3 Manfaat Besar Memberi Makan Fakir Miskin yang Mau Bersekolah

Banyak anak fakir miskin yang memiliki keinginan besar untuk bersekolah namun terhalang oleh masalah gizi dan ketidakmampuan memenuhi kebutuhan makanan yang cukup. Kondisi ini dapat menghambat kemampuan mereka dalam belajar, mengakibatkan absensi yang tinggi, dan mengurangi konsentrasi serta fokus saat di sekolah.

Saat anak-anak fakir miskin tidak mendapatkan asupan makanan yang cukup, mereka rentan mengalami gangguan kesehatan, penurunan energi, dan kesulitan dalam memahami pelajaran di sekolah. Keterbatasan gizi ini juga dapat menghambat pertumbuhan fisik dan perkembangan kognitif mereka, mengurangi potensi yang seharusnya mereka miliki untuk meraih impian dan masa depan yang lebih baik.

Memberi makan fakir miskin yang berkeinginan untuk bersekolah adalah tindakan mulia yang tidak hanya memenuhi kebutuhan dasar mereka, tetapi juga membantu memperkuat fondasi pendidikan mereka.

Artikel ini akan menjelaskan manfaat besar dari memberi makan fakir miskin yang bersemangat untuk mengejar pendidikan dan menceritakan bentuk kerjasama Odesa Indonesia bersama Pesantren Al-Mizan Jatiwangi sebagai aksi nyata memberi makan fakir miskin yang mau bersekolah.

Manfaat Memberi Makan Fakir Miskin yang Mau Bersekolah

1. Mendukung Pendidikan yang Berkelanjutan

Dengan memberikan makanan kepada fakir miskin yang bersekolah, kita dapat membantu memastikan bahwa mereka memiliki energi dan konsentrasi yang cukup untuk belajar dengan baik. Nutrisi yang mencukupi memainkan peran kunci dalam keberhasilan akademis mereka.

2. Meningkatkan Kehadiran dan Konsentrasi di Sekolah

Anak-anak fakir miskin sering kali terhalang oleh masalah gizi yang kurang, yang dapat memengaruhi kehadiran mereka di sekolah dan konsentrasi saat belajar. Dengan memberi makanan, kita dapat membantu meningkatkan kehadiran dan fokus belajar mereka.

3. Menyokong Pertumbuhan Fisik dan Kognitif

Nutrisi yang cukup penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Dengan memberi makanan kepada fakir miskin yang bersekolah, kita membantu memastikan bahwa mereka memiliki kondisi fisik dan mental yang optimal untuk belajar.

Odesa Indonesia Bekerjasama dengan Pesantran Al-Mizan Jatiwangi

Santri Ponpes Al-mizan penerima beasiswa Yayasan Odesa untuk fakir miskin

Pesantren Al-Mizan Jatiwangi adalah lembaga pendidikan Islam yang terletak di Jatiwangi, Majalengka, Jawa Barat. Pesantren ini dikenal karena pendekatannya yang holistik dalam pendidikan, menggabungkan ajaran agama Islam dengan pembelajaran umum dan seni budaya.

Pesantren Al-Mizan Jatiwangi didirikan dengan tujuan untuk memberikan pendidikan agama yang berkualitas dan memadukan nilai-nilai keislaman dengan kegiatan seni dan budaya. Berdiri di tengah masyarakat yang kaya akan warisan seni dan budaya, pesantren ini menawarkan pendekatan unik dalam pengembangan potensi pesantren dan masyarakat sekitarnya.

Dalam pengembangan pesantren, terkhususnya program pendidikan, Pesantren Al-Mizan membantu mendukung dalam  pembiayaan formal sekolah anak-anak. Anak-anak pesantren yang berada di yayasan cenderung berasal dari keluarga petani. Yayasan Odesa Indonesia bekerjasama dengan Pesantran Al-Mizan Jatiwangi dalam pembiayaan uang sekolah formal agar anak-anak buruh tani bisa mendapatkan pendidikan lebih baik.

Selain itu, perjuangan anak-anak desa dalam pendidikan harus difasilitasi juga, terutama dalam pemenuhan gizi baik di rumah supaya bisa mendukung pendidikan yang berkelanjutan saat di sekolah. Pemberian santunan biaya makanan sehari-hari untuk Siswa di Pesantren Al-Mizan akan disampaikan secara rutin setiap bulan dari perwakilan Pesantren ke Odesa Indonesia.

Baca juga: Beasiswa Anak Petani Keluarga Pra-Sejahtera 2019 

18 Anak Pesantren Al-Mizan Jatiwangi Butuh Makan

Sampai saat ini, 2024, terdapat 18 anak Pesantren Al-Mizan Jatiwangi membutuhkan donasi makan sehari-hari. Odesa Indonesia melalui kitabisa.com mengajak masyarakat untuk ikut membantu dalam penggalangan dana dalam memenuhi gizi baik anak-anak pesantren.

Target pendanaan yang ditetapkan oleh Odesa Indonesia sebesar Rp 199.800.000. Dana yang terkumpul per 23 Maret 2024 mencapai Rp 2.401.167. Rincian target donasi sebagai berikut:

Rp 30.000 setiap hari untuk makanan 1 anak x 18 anak x 30 hari x 370 hari (dua tahun) = 199.800.000 (seratus Sembilan puluh Sembilan juta delapan ratus ribu rupiah).

Dengan demikian, dana yang terkumpul belum sesuai dengan yang diharapkan.

Ayo bantu 18 Anak Pesantren Al Mizan Jatiwangi dalam pemenuhan gizi baik dengan asupan makan yang bergizi. Anda dapat membantu donasi online bersama Odesa Indonesia!.

Bagaimana caranya?

  1. Silahkan Anda klik link ini: https://kitabisa.com/campaign/bantumakansiswafakirmiskin/story
  2. Lalu pilih button “Donasi Sekarang”.
  3. Anda akan diarahkan kepada halaman nominal donasi, mulai dari donasi terendah yaitu Rp. 30.000 hingga nominal donasi yang Anda inginkan.
  4. Anda dapat memberikan donasi dengan berbagai tipe pembayaran seperti e-wallet, bank transfer, virtual account dan kartu kredit. Banyak pilihan bank yang tersedia seperti Mandiri, BCA, BNI, BRI, BSI, Permata Bank, CIMB Niaga, dan Danamon.
  5. Selesai.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja