Relawan Odesa

Toha. Asli dari Cimenyan Kab.Bandung. Aktivitas sehari-hari saya mengurus ladang, pembibitan dan ternak sapi. Saya juga Ketua Himpunan Orang Tani Niaga (Hotani) sebagai wadah kegiatan petani. Sejak Odesa berdiri tahun 2016 saya sudah terlibat kegiatan pertanian untuk memperbaiki lingkungan dan meningkatkan pendapatan ekonomi petani dengan program kelor, sorgum, hanjeli.

Rusmana. Sering dipanggil Ujang. Asal Cisanggarung Cikadut Kab.Bandung. Saya ikut kegiatan Odesa sejak awal berdiri dengan tugas mendorong petani kelor, kopi, sorgum dan hanjeli. Saya juga ikut merintis organisasi TAOCI (Tanaman Obat Cimenyan). Selain mengurus pertanian saya juga mendapat amanat mengordinasi kegiatan pembangunan toilet di desa-desa.

Yayan Hadian. Saya biasa dipanggil Jajang. Umur saya 25 tahun. Lulusan SMK. Penduduk asli Cikadut Kab.Bandung. Aktif di Yayasan Odesa sejak kegiatan Miss Indonesia 2018. Saya diberi amanat menjadi Ketua TAOCI (Tanaman Obat Cimenyan). Tugasnya mengorganisasi petani dan memproduksi tanaman herbal. Senang berkegiatan bersama Odesa karena banyak teman dari Kota.

Miftakhul Huda. Alumni Pondok Pesantren Ridho Allah Temanggung. Aktif menjadi praktisi TAOCI dan pendamping petani binaan Odesa. Minat berkegiatan sosial di Odesa agar bisa belajar dan memberikan melayanan petani prasejahtera.

Rizky Alifza Ramadan. Paling awal menjadi relawan Literasi Sekolah Samin dan menjadi koordinator Sekolah Samin 2017-2019. Alumni Ilmu Hukum Universitas Sunan Gunung Djati Bandung ini juga terlibat banyak kegiatan sosial bersama mitra Yayasan Odesa Indonesia. Selain itu Rizky juga banyak mendesain konten visual.

Misbahul Munir, berasal dari Temanggung. Saat ini aktif menjadi praktisi TAOCI sekaligus pendamping petani binaan Odesa. Minat saya berkegiatan sosial di Odesa Indonesia untuk menjadi wirausaha pertanian dan bermanfaat luas.


Harti Tsaeni Alwarokil Jannah
, Sejak semester III sudah aktif menjadi fasilitator sekolah Samin. Lulusan Sastra Inggris UIN Bandung 2020 ini juga merupakan Ketua Gerakan INEM (Indonesia Empathize) dan Koordinator Sekolah SAMIN menggantikan Rizky Alifza. Sejak awal 2017 aktif di Odesa dengan motivasi membantu dan menebar kebaikan antar sesama.

Ahmad Syauqy Ridho, Manager Program Odesa Institute. Mahasiswa Pascasarjana jurusan PAI UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Asal dari Tangerang. Selain aktif di Odesa juga mengajar di SD Islam Ibnu Sina Bandung.Niat awal aktif di Odesa ingin menimba pengalaman berorganisasi, bertani dan jurnalistik.

Abdul Hamid Sumantri. Sekretaris Grup Pertanian Tanaman Obat Cimenyan (TAOCI). Alumni Jurusan Ilmu Komunikasi UIN Bandung. Minat berkegiatan sosial di Odesa karena ingin belajar terlibat dalam gerakan akar rumput. Aktif mendampingi petani muda dan menjadi fasilitator Sekolah SAMIN.

Ikbal Mirandani. Fasilitator Sekolah Samin. Alumni UIN PAI UIN Sunan Gunung Djati Bandung ini juga nyantri di Pondok Pesantren Al-Ihsan Cibiru Hilir. Asal Bantargebang Kota Bekasi. Terlibat dalam kegiatan sosial di Odesa karena ingin ikut andil dalam mendidik anak-anak desa.

Endah Dwi Rahmawati. Alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik jurusan Administrasi Publik UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Fasilitator sekolah Samin. Asal Penyileukan Kota Bandung. Bergiat di Odesa karena ingin belajar wirausaha, pertanian dan memiliki jaringan yang luas.

Aditiya Pratama. Fasilitator Samin. Mahasiswa Pascasarjana PAI UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Mengajar di MIT Ar Rifqi. Minat bergiat di Odesa karena ingin meningkatkan budaya literasi dan meningkatkan kualitas hidup anak-anak pra-sejahtera.

Hanifah Purbaningrum. Menjadi fasilitator Sekolah Samin. Mahasiswi Fakultas Ekonomi Bisnis Islam. Asal Kota Bandung. Bergabung di Odesa dengan motiviasi berkontribusi pada peningkatan pendidikan anak-anak desa sekaligus menimba pengalaman baru di luar kampus.

Alwan Fillah. Aktif mengajar di Sekolah Samin. Mahasiswa Fakultas Hukum UIN Bandung. Asal dari Subang. Minat berkegitan di Odesa untuk mengenal karakter hidup masyarakat di perdesaan melalui pengabdian sosial literasi.

Kiki Amirullah. Aktif mengajar di Sekolah Samin. Mahasiswa pendidikan bahasa Inggris UIN Bandung. Asal dari Bogor. Tertarik bergabung di Odesa karena menyukai dunia perdesaan dan ingin memberikan kontribusi pada kemajuan anak-anak petani.

Fikri Farikur Rohman. Akti sebagai fasilitator Sekolah Samin. Mahasiswa sosiologi UIN Sunan Gunung Djati, asal Cirebon. Tertarik aktif di gerakan Odesa karena ingin mematangkan kegiatan belajarnya dan ingin mengatasi dilema teori sosial dengan problem nyata di lapangan.

Firgina Amelia Nurhusni. Fasilitator Sekolah Samin. Mahasiswi jurusan Pengembangan Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Asal dari Cigudeg Kabupaten Bogor. Tertarik berkegiatan sosial di Odesa Indonesia agar mampu menjadi perantara kebaikan untuk anak-anak dan masyarakat sekitar.

Amalia Fitriani. Aktif sebagai fasilitator Sekolah Samin. Alumni mahasiswi pendidikan bahasa Inggris UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sejak tahun 2017 mulai bekerja sebagai guru di beberapa lembaga non-formal di Kota Bandung. Minat berkegiatan sosial di Odesa agar saya dapat turut andil dalam membangun pendidikan yang lebih memadai, terutama di daerah tertinggal.

Abdul Manap. Fasilitator Sekolah Samin. Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Asal Sukabumi. Minat berkegiatan di Odesa untuk menguatkan empati, menambah relasi dan memperluas wawasan.