Pentingnya Kesadaran Mengolah Lahan Pekarangan

Model gerakan Tani Pekarangan Cimenyan (TAPECI)

Salahsatu hal yang mungkin untuk membangkitkan ekonomi petani sekaligus untuk memajukan penghijauan adalah bertindak mengurus lahan kecil secara produktif. Ini revolusi kesadaran. Dengan cara ini, petani akan bangkit. Tanah yang kecil terurus secara baik saja menghasilkan nilai ekonomi, maka bagaimana jika tanah lebih luas? Jangan berpikir tidak punya tanah luas tapi tidak melakukan apa-apa.




Kita urus lahan kecil pekarangan dan maksimalkan dengan cara apapun. Sebab jika tidak mampu mengurus lahan kecil, bagaimana mungkin bisa mengurus lahan yang luas? Akibat tidak mampu mengurus lahan luas akhirnya tanah warisan dijual juga, diganti motor diganti mobil yang kadar penghasilannya dianggap lebih cepat tapi nyata-nya biaya-nya tinggi.

Hanya dalam waktu 6 bulan, gerakan percontohan sekarang mulai meluas. Petani butuh diajarkan perubahan demi perubahan. Bagikan polybag akhirnya lahan pekarangan jadi bersih karena ada tanaman yang diurus. Banyak pupuk kandang terbengkelai kini bermanfaat. Kandang pun jadi bersih.




Tidak menyita waktu karena tani pekarangan bisa dikerjaan secara sambilan. Daripada melamun mending bergiat di halaman rumah. Badan jadi sehat, belanja rumah tangga berkurang, bahkan kelebihan panen bisa dijual.

Odesa Indonesia https://odesa.id bergerak dari hal-hal yang mendasar seperti itu. Mengubah pemikiran dan bertindak konkret dalam praktik kebersamaan. #MembumiDalamKebersamaan (Ag)

Komentar

  1. […] KESADARAN MENGOLAH LAHAN PEKARANGAN Mengolah Lahan Sekitar Rumah […]

Tinggalkan Balasan