Kawasan Bandung Utara Mestinya Menjadi Basis Produksi Pertanian

Kawasan Bandung Utara (KBU), terutama pada tiga kecamatan, yaitu Cimenyan, Cilengkrang dan Cileunyi memiliki tanah yang sangat subur. Kondisi perbukitan yang luas disertai pesona alam yang menawan membuat banyak orang terpikat untuk menjadikan sarana wisata. Karena faktor itu pula yang menyebabkan banyak orang bertempat tinggal dengan membangun villa, hotel atau wisata.

Menurut Basuki Suhardiman, Pendamping Ekonomi Petani Yayasan Odesa Indonesia, semestinya KBU lebih dioptimalkan sebagai basis kekuatan ekonomi pertanian. Sebab usaha pertanian paling strategis untuk menjawab kelemahan ekonomi masyarakat di desa maupun di kota.



“Untuk para petani yang merupakan mayoritas penghuni Cimenyan, Cilengkrang dan Cileunyi tentu akan memperkuat pangan lokal mereka. Sedangkan untuk komoditi pasar Kota Bandung sangat efektif karena jaraknya dekat. Data menunjukkan, lebih 90 persen kebutuhan pangan Kota Bandung didatangkan dari luar Bandung,” katanya kepada odesa.id, Senin 14 Agustus 2017.

Bibit Berkualitas
Menurut Basuki, pada sisi lain KBU juga memiliki ironi karena selain banyak bangunan yang menggerus pertanian dan merusak lingkungan juga banyaknya tanah-tanah subur yang tidur. Karena alasan tersebut Basuki dan teman-temannya di Yayasan Odesa Indonesia sejak Agustus 2016 silam meletakkan pilar kegiatan utama bidang ekonomi dengan pembibitan. Bibit kopi dan beberapa jenis tanaman obat seperti Kumis Kucing, Daun Afrika dan Kelor (Moringa Oleifera) sudah mulai digarap.

“Kami serius dalam produksi karena itulah kami meletakkan faktor yang paling menentukan yaitu pembibitan harus dikelola secara baik. Bibit yang berkualitas akan menghasilkan tanaman yang berkualitas. Ini yang tidak diperhatikan banyak orang padahal sampai sekarang para petani kekurangan bibit yang bagus,” katanya.

Menurut Basuki, secara umum problem ekonomi di Bandung Raya sangat lemah dalam hal pertanian. Masalah ini menurutnya harus dijawab dengan tindakan serius melalui kegiatan-kegiatan pendampingan pertanian agar warga perdesaan bisa survive dalam urusan ekonomi.-odesa.id



Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*