Belajar Jurnalistik, Menulis Opini dan Fotografi di Odesa

Ingin belajar jurnalistik? Yayasan Odesa Indonesia memberi kesempatan kepada Anda untuk belajar menulis dan fotografi.

Kemampuan menulis merupakan kebutuhan bagi setiap orang. Terutama bagi kaum muda seperti mahasiswa, menulis telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Untuk memenuhi tercapinya kemampuan menulis, dibutuhkan sebuah kegiatan pelatihan.

Pembina Yayasan Odesa Indonesia, Hawe Setiawan mengatakan, pada tahun 2022 Odesa membuka pelatihan jurnalistik untuk kaum muda, terutama bagi mahasiswa. Program ini merupakan lanjutan dari program sebelumnya, yaitu kelas cantrik Jurnalistik. Cantrik Jurnalistik, Cara Efektif Belajar Menulis Berita

“Untuk tahun 2022 dan seterusnya program pelatihan ini dibuka untuk umum. Trainernya dari Yayasan Odesa Indonesia. Model kegiatannya intensif dengan praktik langsung di lapangan dengan meliput kehidupan warga petani dan pekerja harian di pingir Kota Bandung, terutama di Kecamatan Cimenyan, Cilengkrang dan Cileunyi,” kata Hawe Setiawan, Kamis 20 Januari 2022.

Video Cantrik Jurnalistik

Terkait dengan waktu pelaksanaan untuk tahun ini diserahkan kepada para peserta. Pihak Yayasan Odesa akan memfasilitasi kegiatan dengan penjadwalan yang disepakati para peserta.  Hawe mengharapkan agar calon peserta menghimpun dengan peserta lain.

“Misalnya, kelompok organisasi yang aktif di organisasi kemahasiswaan berhimpun bersama dan mengajukan jadwal pelatihan. Untuk teknis waktunya ditentukan bersama dengan mempertimbangkan waktu yang disepakati. Misalnya, setiap hari mingu pagi hingga sore selama 5 pekan berturut-turut,” kata Hawe Setiawan.

Trainer

Belajar Jurnalistik di Yayasan Odesa Indonesia
Belajar Jurnalistik di Yayasan Odesa.

Menurut Hawe, pelatihan jurnalistik ini meliputi empat bidang jurnalistik. 1) Pelatihan menulis berita dan feature dengan fasilitator Enton Supriyatna (Jurnalis Senior/Mantan Wartawan Pikiran Rakyat).

2) Menulis Opini/Kolom dengan Fasilitator Budhidana Kartawijaya (Jurnalis Senior/Mantan Pemimpin Redaksi Pikiran Rakyat).

3) Menulis Esai dengan Fasilitator Hawe Setiawan (Budayawan/Dosen Universitas Pasundan Bandung).

4) Pelatihan Fotografi dengan fasilitator Yuliani Liputo (Fotografer/Redaktur Penerbit Mizan Bandung).

Syarat

Syarat kelompok yang ingin belajar jurnalistik tersebut 1) mengajukan peserta minimal 3 dan maksimal 7 peserta. 2) bersedia melaksanakan kewajiban aktif dengan target yang disepakati antara peserta dan fasilitator.

Kegiatan ini tidak dipungut biaya. Konsumsi selama kegiatan menjadi tanggungjawab Yayasan Odesa Indonesia.

Lokasi Kegiatan

Lokasi kegiatan di Yayasan Odesa Indonesia, Kampung Sekebalingbing No 8 Desa Cikadut Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung (3 Km sebelah Utara Lapas Sukamiskin).

Jadwal Kegiatan

 Setiap Sabtu dan (atau) Minggu secara berkelanjutan dengan kesepakatan kelompok dan fasilitator.

Kepada kelompok yang ingin belajar jurnalistik dengan program di atas bisa berkomunikasi dengan Odesa untuk menentukan jadwal kegiatan. Hubungi Endah 0821-1720-4059. https://odesa.id []

Program menulis ini merupakan pelayanan Organisasi Yayasan untuk kemajuan kaum muda yang ingin memiliki kemampuan menulis. Selain pelatihan menulis sebagaimana tema-tema di atas, Yayasan Odesa juga memberikan pengembangan wawasan media sosial untuk organisasi sosial, marketing untuk bidang wirausaha dan juga wawasan pemikiran gerakan lokal dan kajian pemikiran kritis.

Pelatihan Jurnalistik untuk Guru

Kemampuan Menulis Merupakan Modal Sosial Pergerakan

Menulis Itu Seperti Membangun Jembatan

Remy Sylado Memberikan Tips Menulis di Odesa

Kursus Jurnalistik Tentang Framing Berita Bersama Budhiana Kartawijaya

Menulis Opini Bersama Budhiana Kartawijaya

Kursus Jurnalistik dan Kemiskinan Struktural

Menulis Opini Membuat Draft Mengatasi Kekacauan Pemikiran Bersama Dr. Hawe

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja