Integritas dan anti korupsi untuk mahasiswa
Integritas dan anti korupsi untuk mahasiswa

Integritas sangat diperlukan sebagai modal hidup setiap orang. Hal tersebut disampaikan oleh  Winarsih, pegiat edukasi dari Organisasi Jakarta Anticorruption Forum Integritas (Jarum Integritas). Menurut Winarsih, mahasiswa sangat penting untuk memiliki kepribadian dengan integritas yang kuat.

“Bertindak secara konsisten tentang apa yang dikatakan dengan tingkah laku dengan mengusung nilai-nilai hidup yang penuh etika adalah modal dari perbaikan hidup bermasyarakat, termasuk untuk memberantas korupsi,” kata Winarsih di hadapan 32 mahasiswa dari dari Senat Fakultas ekonomi dan Bisnis Universitas Widyatama yang sedang menjalankan pengabdian masyarakat bersama Odesa Indonesia.

Winarsih menyampaikan materi integritas untuk mahasiswa tersebut pada pertamuan kajian di Yayasan Odesa Indonesia, Pasir Impun Atas Cimenyan Kabupaten Bandung (Minggu, 19 Juni 2022).

Dihadapan mahasiswa itu, Winarsih juga mengampaikan tentang nilai-nilai untuk memberantas mental korup dengan 9 nilai yang penting dimiliki setiap orang. Sembilan nilai tersebut adalah, kejujuran, kedisiplinan, tanggungjawab, kerjakeras, mandiri, sederhana, peduli, berani dan adil.

“Kita harus memiliki sembilan nilai itu jika kehidupan kita akan berjalan baik, terutama dalam kaitannya dengan usaha pemberantasan korupsi,” katanya.

Sementara itu fasilitator lainnya, Nenong Fauziah Dasuki menyampaikan bahwa usaha pemberantasan korupsi mesti dilakukan dengan edukasi yang rutin.

integritas untuk mahasiswa
integritas untuk mahasiswa

Menurutnya, praktik anti korupsi yang paling penting adalah dengan langsung menerapkannya dalam ruang lingkup kehidupan sehari-hari baik di keluarga, organisasi kemahasiswaan maupun organisasi yang sekupnya lebih besar.

“Persoalan korupsi yang besar tetap harus dimulai dari hal yang kecil, dari diri sendiri dan dilakukan dengan segera tanpa menunggu waktu,” kata Nenong Fauziah.(iv/odesa.id)

Pengabdian Masyarakat Mahasiswa di Odesa

Video, Program Pengabdian Masyarakat Odesa

Pilihan Pengabdian Masyarakat di Odesa untuk Mahasiswa

Tinggalkan Balasan