Memanfaatkan Manfaat Kelor Agar Anugerah Tuhan Tak Sia-sia

Kelor adalah pohon kebaikan. Kelor adalah anugerah Tuhan untuk memperbaiki manusia Indonesia.

Kelor atau yang disebut Moringa Oleifera memang memiliki sejuta manfaat. Namun kelor bukan tanaman yang memasyarakat di kawasan Bandung, bahkan Jawa Barat. Kelor hanya ada di masyarakat sebagai tanaman pagar yang jumlahnya beberapa pohon dalam setiap desa. Akhir tahun 2017 ini Odesa Indonesia telah memiliki lebih 10.000 bibit kelor. Sebagian pohon kelor sudah ditanam di ladang, pekarangan dan sebagian kelor menyebar ke daerah lain.
jual kelor bandung jawa barat
Kelor adalah anugerah Tuhan yang penting bagi kehidupan kita. Negara-negara yang maju agribisnisnya seperti Israel, Tailand, Vietnam, Kuba, telah jauh menjadikan kelor sebagai bagian penting dari kehidupan sekarang. Kita tidak boleh tertinggal karena kelor merupkan tanaman yang sangat mudah dikembangkan dan guna kelor telah jelas, yakni untuk memperbaiki gizi manusia, ternak dan memperbaiki lingkungan. Kelor juga akan menjawab problem kehidupan keluarga pra-sejahtera, juga menjawab problem penyakit manusia dalam banyak hal.

Kita tidak tahu sebelumnya manfaat kelor kecuali manfaatkan berdasarkan pengalaman masing-masing daerah. Benar, sebelumnya para peneliti telah yakin tentang manfaat kelor bagi kehidupan, bukan hanya sebagai pangan manusia melainkan juga sebagai pakan ternak dan tanaman penyehat lingkungan. Kelor menjadi primadona dunia sejak Badan Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa mendudukkan pohon tua yang berasasl dari India Utara itu sebagai tanaman pangan tradisional yang perlu dikembangkan.




Sekarang sudah jutaan orang merasakan manfaat kelor. Lemah fisik makan kelor.Gampang demam kelor solusinya. Asupan gizi ibu hamil dan menyusui, Kelor tempat perlindungannya. Kanker, stroke, diabetes? Kelor adalah solusinya. Bahkan kelor sekarang sudah mulai dijadikan bahan bahan medis komoterapi. Vitamin A dan Vitamin C yang tinggi, membuat kelor berguna sebagai makanan sehari-hari. Urusan sakit gigi atau radang gusi langsung selesai dengan kelor dalam hitungan beberapa jam. Dan yang hebat adalah soal kandungan Omega.

Odesa Indonesia melalui Grup Taoci (Tanaman Obat Cimenyan) sungguh serius menekuni tanaman kelor karena ini merupakan peluang perbaikan warga bangsa Indonesia. Di berbagai daerah di Indonesia kelor sudah mulai berkembang, namun jumlahnya belum cukup bagus untuk sebuah kesadaran berbangsa membangun diri, menyehatkan keadaan manusia dan menyelesaikan masalah pangan. Kelor harus digalakkan. Tani pekarangan merupakan sarana penting untuk mengembangkan kelor saat tidak semua orang bisa menanam kelor di ladang.

Ingin dapat bibit kelor dari Taoci Bandung? Baca Jual Bibit Kelor Siap Tanam

Taoci menjual bibit kelor dengan porsi 40% , sedangkan 60% dibagikan gratis kepada warga Cimenyan Kab.Bandung untuk ditanam sebagai sumber gizi utama. Orang yang membeli bibit kelor dari Taoci artinya ikut berkontribusi menyumbang kelor kepada para petani dan buruh tani miskin.

Mari kita galakkan kelor untuk perbaikan kualitas hidup kita. Kelor merupakan bagian penting dalam kehidupan kita saat ini sebab di desa banyak orang kurang gizi sehingga mudah sakit, sementara di kota kelebihan gizi yang menyebabkan kolesterol, diabetes dan jenis penyakit lain akibat over makanan. Kelor akan menyeimbangkan dua problem tersebut.ida/odesa.id

Baca tulisan-tulisan tentang Kelor pada Rubrik Herbal Kelor Taoci

2 Komentar

  1. Saya tanam diperkarangan sebelah rumah yg pertumbuhannya sangat lamban padahal pupuk kandang yg saya pakai. Tapi sekarang tumbuh sekitar 50 cm tingginya. Saya tinggal di Holland saya pasien SLE yg saya dapat nasehat dr kakak saya yg sama penyakitnya dg saya Dr. Professor Marlina Soemarjanto dr SBY. Sehari 2x saya minum 500 mg. Karena sakitnya sangat ngilu pada urat. Saya tdk boleh bekerja oleh dokter perusahaan. Karena juga berbahaya bagi saya sendiri. Jadi betul jika Daun Kelor sangat bagus khasiatnya. Saya check darah dan kencing hasilnya sangat bagus kholestrol bagus sekali. Saya beli disini di Holland mahal juga. Semoga berarti email saya buat disana. Saya asg mencoba menanam tapi saat ini mulai dingin cuacanya saya sangat sedih sekali. Sukses. Salam dr Holland. Irsanti

    • Salam. Kalau suhu terlalu dingin memang tetap hidup, tapi akan sangat mempengaruhi kelor. Kami telah melakukan ujicoba penempatan dengan standar awal pertumbuhan yang sama. Ada yang ditaruh pada panas total, ada yang hanya beberapa jam, dan ada yang tidak terkena matahari. Suhu di lokasi kami 19 sampai 28 derajat celsius. Itu tidak masalah. Tapi harus terkena sinar matahari maksimal. Air dibutuhkan bersama panas. Itulah kelor. Jika panas murni tanpa air, untuk kelor pertumbuhan di bawah 1 tahun itu sangat mengerdilkan. Air dan panas matahari sangat penting untuk kelor.
      salam kelor.

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Inilah Cara Abdul Kabayan Mendorong Petani Menanam Kelor – ODESA INDONESIA
  2. Jual Bibit Kelor Bandung – ODESA INDONESIA

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*