Manfaat Kelor untuk Menyembuhkan Sakit Mata

Kelor Obat Mata

Kandungan Vitamin A pada Kelor 10 x lipat lebih tinggi dari wortel menjadikan kelor lebih tangguh dalam mengatasi penyakit mata

Suatu hari, Ir. Didik Harjogi, Koordinator Bidang Amal Sosial Yayasan Odesa Indonesia membawa informasi adanya pengobatan gratis untuk katarak di RS Salamun Bandung untuk warga perdesaan Cimenyan Kabupaten Bandung. Informasi mendorongnya warga yang memiliki keluhan mata mendaftar.




Urusan mata di perkotaan mungkin sudah selesai karena kemampuan ekonomi dan akses layanan kesehatan. Namun di desa, urusan mata bisa berabe bertahun-tahun. Para petani tidak pernah membaca koran atau buku. Mereka hanya menonton televisi, itupun kalau punya. Akibatnya, masalah sakit mata seperti min-plus tidak terdeteksi sejak dini. Mereka hanya sering mengeluhkan, mengapa semakin tua pandangan semakin tidak jelas. Bahkan saat sakit datang pandangan semakin sulit. Tetapi tidak ada tindakan sehingga penyakit terus berkembang.

MARI BERDERMA UNTUK PETANI AGAR MENANAM KELOR CEGAH EROSI WUJUDKAN PANGAN SEHAT BERGIZI

Ini harus ditemukan solusinya. Odesa Indonesia berusaha mencari terobosan agar kesehatan mata orang desa membaik tanpa berurusan dengan rumah sakit. Sebab, urusan sakit itu bukan saja merepotkan negara, melainkan juga merepotkan keluarga, apalagi keluarga buruh tani yang sulit mengakses rumah sakit karena masalah bukan semata bebas biaya dengan Kartu Indonesia Sehat, melainkan juga meliputi urusan “tenaga kerja” yang mengurus pasien. Dan yang jelas, sakit jenis apapun akan menurunkan produktivitas kerja. Itu artinya menyedot ekonomi. Keluarga miskin bisa makin miskin dengan tambahan beban penyakit.

Masalah penyakit mata bukan saja di Cimenyan, melainkan masalah dunia yang melibatkan dari kelompok warga miskin. Banyak laporan tentang keadaan mata orang miskin di negara-negara dunia ketiga yang buruk karena akses pada makanan kurang terpenuhi. Bahkan untuk wortel sekalipun tidak stabil. Wortel sejauh ini menjadi primadona pangan sehat untuk mata karena vitamin A yang tinggi. Tetapi tidak setiap petani, bahkan petani yang menanam wortel sekalipun bisa memakan secara rutin.

Maka Kelor (moringa oleifera) adalah jawaban strategis untuk masyarakat. Kelor bisa terus tumbuh sekalipun rutin di panen, dan itu akan menyediakan stabilitas gizi darinya. Argumen kedua bahwa kandungan vitam A daun kelor lebih tinggi mencapai 10 x lipat dari Wortel.
Yayasan Odesa mengambil terobosan Kelor sebagai makanan sehat rakyat. Dan terbukti, banyak warga yang keluhan sakit mata bisa lebih baik keadaannya, bahkan sebagian bisa disebut sembuh setelah 2 minggu rutin meminum kelor. Ada juga yang 3 minggu baru merasakan cerahnya pandangan mata.

Kandungan gizi kelor
Kelor bisa membuktikan sebagai penyehat mata. Letak masalah mata pada glukoma di mana keadaan mata mengalami kerusakan saraf pandangan. Kelor menjadi bagian dari makanan bergizi yang direkomendasikan (Recommended Dietary Allowance -RDA) karena kandungan vitamin A dan gizi pendukung lain. Banyak penelitian telah membuktikan manfaan Kelor mampu menunda timbulnya penyakit degeneratif (penyakit yang menyebabkan terjadinya kerusakan atau penghacuran terhadap jaringan atau organ tubuh. Proses dari kerusakan ini dapat disebabkan oleh penggunaan seiring dengan usia maupun karena gaya hidup yang tidak sehat. Katarak dan glukoma menjadi bagian yang penting diselesaikan melalui Kelor.

Makan, minum atau tetes?
Makan atau minum kelor setiap hari adalah cara terbaik memperoleh dampak positif bagi penyakit mata. Kita bisa meminum seduhan serbuk atau daun kelor kering 2 kali sehari secara rutin. Biasanya dalam 3-4 minggu pandangan mata akan membaik. Sayur kelor juga lebih baik karena porsi kandungan vitami A dan E akan lebih aman dari penyusutan pada serbuk atau daun kering. Rekomendasi dalam makanan juga mudah, biasakan makan sayur Kelor saban hari.

Jika ingin mendapatkan manfaat lebih cepat, kita bisa memainkan cairan kelor untuk obat tetes mata. Ambil 4-5 daun kelur, tumbuk sampai halus dan keluar cairan. Supaya mudah memasukkan ke dalam mata, tambahkan air bersih dalam gelas dengan air setengah gelas. Tunggu sampai ampas mengendap dan pilih cairan tanpa ampas. Taruh dalam piring lalu masukkan mata dengan berkedip-kedip. Bisa juga memasukkan melalui cara meneteskan langsung di mata. Rasakan manfaatnya yang luar biasa. Akan muncul banyak kotoran pada mata setelah kelor bekerja pada biji mata.-Ina/odesa.id

1 Komentar

  1. Terimakasih Odesa, saya semakin memahami manfaat kelor yang selama ini hanya di jadikan sayur biasa tetapi memiliki kandungan yang luar biasa.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*