TAOCI: Penyedia Bibit Tanaman Obat Bandung

Tanaman Obat Cimenyan (TAOCI) adalah grup pertanian yang didirikan oleh Yayasan Odesa Indonesia untuk mengawal program perbaikan pangan di masyarakat. Tujuan Taoci Taoci adalah pendidikan pertanian bagi para petani agar mampu mendayagunakan kemampuannya untuk menghasilkan produksi pertanian dalam bidang 1) Tanaman Obat, 2) Tanaman Pangan, 3) Tanaman Ekosistem.

Pembibitan merupakan kerja paling mendasar karena pertanian kita mengalami kelemahan dalam penyediaan bibit-bibit tanaman di atas. Tanaman Obat yang paling utama mendapat prioritas garapan adalah Moringa Oleifera (Kelor) karena memiliki beberapa manfaat strategis, yaitu penyedia gizi multivitamin (sumber pangan penting manusia dan ternak) memiliki nilai untuk pengobatan beragam penyakit (sumber pengobatan alami) dan juga berguna untuk ekosistem karena kemampuannya memperbaiki tanah dan air.

Grup Taoci secara bertahap juga mengembangkan tanaman obat lain seperti Buah Tin/Ara, Bunga Matahari, Hanjeli, Sorgum, Kopi, Gingseng Jawa, Anggur, Bidara, Jeruk, Daun Afrika, Durian, Mangga, dan lain sebagainya.
bibit hanjeli..
Kegiatan-kegiatan pertanian Taoci diarahkan untuk mengawal kemajuan pertanian, terutama di kalangan petani Pra-Sejahtera (Sangat Miskin) melalui basis pertanian Pekarangan dan Ladang di Cimenyan Kabupaten Bandung. Semangat yang mendasari kegiatan ini adalah pendidikan pertanian berkelanjutan dengan meningkatkan kapasitas pembibitan, kapasitas perawatan tanaman, kapasitas pengolahan pasca panen, dan kapasitas perdagangan. Sistem kegiatan dilakukan melalui pendampingan secara rutin, bertahap dan berkelanjutan sehingga memungkinkan berkembangnya Sumber Daya Manusia (SDM) penghasil pangan berkualitas. Taoci bergiat membawa spirit Odesa Indonesia dalam bidang Pangan, Ternak, Literasi dan Teknologi. Empat pilar ini menjadi landasan kerja melalui sistem pendidikan yang terintegrasi, terarah dan terukur menuju suatu target perbaikan hidup warga pra-sejahtera, terutama pada mereka yang yang hidup tanpa pemenuhan hak-hak sebagai warga negara.

Kita membuka kesempatan yang baik untuk mereka yang mengalami marginal dalam ekonomi, pendidikan dan kesehatan sehingga setiap gerakan pertanian juga membuka cakrawala perbaikan kualitas hidup rumah tangga di perdesaan. Mereka, para buruh tani (pra sejahtera) adalah penyedia pangan yang memiliki keterbatasan ilmu pengetahuan, modal dan teknologi yang menjadi syarat dasar perkembangan pertanian. Jangan biarkan para penyedia pangan itu tidak berkembang, apalagi frustasi sehingga tidak mampu mengurus pertanian. Mereka adalah aset besar bangsa ini, yang akan menjawab problem ketersediaan pangan Bangsa Indonesia. Perbaikan dilakukan melalui basis Sumber Daya Manusia (SDM) agar mereka memiliki kemampuan mengolah Sumber Daya Alam (SDA). Dengan memahami ruang lingkup hubungan SDM dan SDA ini kita bergiat dengan melihat konteks persoalan. Ada sejuta problem dalam kehidupan mereka, sekaligus ada sejuta peluang untuk perubahan.

Pada eksperimen dua tahun pertama TAOCI berhasil mendorong para petani untuk bergerak mengawal program penyediaan bibit tanaman Kelor. Sebagian hasil bibit tersebut dijual ke luar Cimenyan untuk menghasilkan finansial yang kemudian hasilnya dapat menyokong permodalan dan kegiatan pembibitan lanjutan. Sebagian lagi bibit-bibit Kelor tersebut dibagikan gratis kepada petani binaan lain agar mengembangkan tanaman kelor untuk gizi masyarakat dan juga kita dorong agar menjadi bagian dari perbaikan ekonomi melalui pengolahan pasca panen.
tin pohon ara bandung
Penjualan bibit
Beragam bibit herbal dan tanaman pangan dalam polybag dan juga benih kemasan tersedia.

Para pembeli bibit tanaman biasanya memilih langsung ke lokasi dengan datang langsung ke tempat. Harga lebih murah didapat langsung di tempat. Pelayanan setiap hari dari mulai jam 11.00 hingga jam 19.00, sabtu-minggu tetap buka untuk melayani para pembeli yang kesulitan waktu datang di hari biasa.
Lokasi Taoci berada di Kampung Sekebalingbing, Desa Cikadut, Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung. Lokasi Mapsnya Alamat Pembibitan Tanaman Obat Cimenyan

Selain pembelian di tempat, juga melayani penjualan dengan pemesanan antar langsung untuk Kota Bandung dengan tarif antar setara Go-Online. Hubungi Admin. Hp/WA. 087700346275

Bibit-bibit tanaman polybag yang dijual
Bibit Kelor (Moringa Oleifera). Harga Rp 35.000, 50.000, 75.000.
Bibit Daun Afrika: Harga Rp 15.000, Rp 25.000
Bibit bunga matahari: Rp 25.000.000
Bibit Bidara Arab: Rp 75.000, Rp 250.000
Bibit Tin Green Jordan: Rp 150.000, Rp 250.000, Rp 350.000
Bibit Ciplukan: Rp 25.000, 50.000

Benih Biji kelor Rp 100.000
Benih Biji Hanjeli Rp 30.000
Benih biji Sorgum Rp 30.000

Pohon Kelor: Rp 100.000, 200.000, 300.000
Pohon Tin Green Jordan Berbuah: Rp 500.000, 750.000, 1.000.000, 1.500.000
Pohon pakis: Rp 100.000, 500.000, 1.000.000, 1.500.000

1 Trackback / Pingback

  1. Taoci untuk Pangan Berkelanjutan – Odesa Indonesia

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*