Menikmati pemandangan alam di akhir pekan

5 Aktivitas Seru untuk Healing di Akhir Pekan

Aktivitas Akhir Pekan – Bekerja 9-5, Senin-Jumat, pulang-pergi berjam-jam menerjang kemacetan ibu kota. Cukup sering menjalani rutinitas seperti ini? Kerap merasa lelah, stres, hingga jenuh? Tenang, Anda tidak sendiri.

Melansir riset Statista tahun 2022, 45% responden di Indonesia mengaku jauh lebih stres dibandingkan tahun sebelumnya. Bahkan, mengutip dari Katadata, Jakarta (ibu kota Indonesia) merupakan 1 dari 10 kota dengan tingkat stres tertinggi di dunia.

Dalam jangka pendek, stres bisa menyebabkan sakit kepala, kesulitan bernapas, hingga insomnia. Namun, efeknya akan semakin buruk apabila dibiarkan berkepanjangan.

Menurut WebMD, stres berkepanjangan dapat mengakibatkan masalah mental, penyakit kardiovaskular, obesitas, masalah kulit & rambut, hingga penyakit pencernaan lho.

Tentunya, Anda tidak mau hal ini terjadi kan? Untuk itu, Odesa sudah merangkum berbagai jenis kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk melepas stres. Simak selengkapnya, ya!

Baca juga:

Aktivitas Akhir Pekan Seru di Akhir Pekan, Wajib Dicoba!

Tahukah Anda, kalau berkegiatan di luar rumah dapat bantu melepas stres? Sebuah studi yang dilakukan Science Direct meneliti efek beraktivitas di outdoor berdasarkan detak jantung dan tekanan darah. Hasilnya menunjukkan bahwa berada di ruang terbuka atau alam lepas terbukti mengurangi stres & meningkatkan kesehatan, lho.

Jika Anda ingin beraktivitas di luar ruangan & healing sejenak dari rutinitas, berikut rekomendasi beberapa kegiatan seru di akhir pekan!

1. Berolahraga di CFD

Duduk berjam-jam sering membuat badan pegal? Mungkin, ini saat yang tepat untuk bergerak. Jika senggang di Minggu pagi, coba sempatkan lari atau jalan santai di Car Free Day (CFD). Umumnya, CFD banyak dilakukan di kota-kota besar. Di Jakarta sendiri, Anda bisa melipir ke kawasan Thamrin-Sudirman.

Tidak hanya lari, Anda juga bisa bersepeda, mengikuti senam massal, hingga menikmati penampilan/atraksi seniman lokal, lho. Setelah berolahraga, Anda pun dapat berwisata kuliner dan mencicipi berbagai makanan ringan hingga berat.

2. Menikmati Pemandangan di Hutan Kota

Ingin menikmati alam dengan santai? Saatnya mampir ke hutan kota. Di Jakarta, Anda bisa melipir ke kawasan Gelora Bung Karno (GBK), sambil piknik menggelar tikar & menikmati pemandangan gedung tinggi dengan pepohonan rindang.

Jalan-jalan mengitari GBK juga asyik, lho. Anda bisa merasakan angin segar sambil melihat hutan hijau di tengah kota.

3. Belajar Bertani

Healing dengan berkebun untuk mengisi akhir pekan
Relawan Odesa belajar bertani di Kebun Botani

Mau coba sesuatu yang ‘tidak biasa’? Nah, ini waktu yang pas untuk mencoba bertani. Jika biasanya Anda liburan ke pusat Bandung untuk sekadar kulineran, kali ini cobalah untuk melipir ke area Bandung Utara.

Di sini, Anda bisa mengikuti Sekolah Tani Odesa yang terbuka untuk umum. Sekolah ini mengusung konsep magang; siang praktik bertani langsung di ladang, malam belajar ilmu pertanian dengan fasilitator berkualitas.

Apa saja yang akan Anda pelajari saat turun ke ladang?

  • Belajar menanam efektif, bahkan dengan lahan yang terbatas.
  • Mengenali aneka ragam flora dan fauna, serta belajar tentang metode penanaman & manfaatnya.
  • Memahami cara mendapatkan keuntungan dari bertani, tanpa merugikan alam.

Di Odesa, Anda juga dapat merasakan first-hand experience mengembangkan tumbuhan yang mudah ditanam tapi memiliki nilai jual tinggi: Kelor, matoa, hanjeli, dan sorgum.

4. Mengajar & Bermain dengan Anak-Anak

Mengajar anak-anak di akhir pekan
Relawan Odesa mengisi akhir pekan dengan mengajar anak-anak desa

Senang mengajar dan senang dengan anak-anak? Kenapa tak coba dua-duanya? Dengan menjadi relawan di Sekolah Samin (Sabtu Minggu) Odesa, Anda bisa mendapatkan keduanya.

Sekolah Samin merupakan sebuah program pendidikan informal untuk meningkatkan literasi anak-anak petani. Hal ini karena masih banyak anak-anak dari keluarga pra-sejahtera (sangat miskin) yang putus sekolah dan tidak mendapatkan pendidikan yang layak.

Menilik laporan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), nilai budaya literasi di Indonesia hanya sebesar 57,4 poin pada 2022. Nilai ini disusun atas 3 aspek:

  • Persentase penduduk yang membaca,
  • Persentase penduduk yang mengakses internet untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan,
  • Persentase penduduk yang mengunjungi perpustakaan atau taman bacaan.

Melihat angka literasi yang masih rendah, Odesa berinisiatif mendirikan Sekolah Samin. Di sekolah ini, Anda bisa melakukan banyak kegiatan edukasi bersama anak-anak; membaca, menulis, bernyanyi, dan lain-lain.

5. Mendampingi Anak-Anak Membaca Buku

Pendampingan literasi untuk anak-anak desa melalui Sekolah Samin Odesa
Relawan Odesa mendampingi anak-anak Sekolah Samin membaca buku

Melansir data Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), jumlah ketersediaan perpustakaan umum saat ini hanya mencapai 26%. Berdasarkan pengalaman para relawan Odesa, banyak anak-anak di Bandung Utara yang masih belum mampu membaca, bahkan hingga tingkat SMP.

Oleh karena itu, Odesa mendirikan perpustakaan mini untuk meningkatkan literasi anak-anak desa. Untuk mendorong kecintaan pada membaca, Odesa juga menyediakan layanan peminjaman buku, agar buku bisa dibaca lebih lama di rumah.

Setelah mengajar di Sekolah Samin, Anda bisa sekaligus berpartisipasi sebagai fasilitator pendidikan yang tidak hanya meminjamkan buku, tetapi juga mendampingi agar anak-anak gemar membaca buku.

Healing dengan Lakukan Aktivitas Akhir Pekan Outdoor

Jadi, itulah beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan di akhir pekan untuk melepas penat & stres. Apabila Anda tertarik untuk melihat kegiatan healing lainnya di Odesa, Anda bisa kunjungi situs Odesa.id & mempelajari lebih lanjut ya!

Penulis: Nadya Elianna

Admin: Fadhil Azzam

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja