Toilet Baru di Kampung Kumuh Cimenyan Bandung

Selasa 15 Juni 2021 lalu, warta Tareptep berhasil menyelesaikan pembangunan Toiletnya. Ini menggembirakan bagi warga RT 03 RW 06 Desa Mekarmanik Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung yang puluhan tahun tidak memiliki sumber air bersih dan keadaan toiletnya kumuh.

Kali ini pembangunan terlaksana berkat  kerjasama Odesa Indonesia dengan Yayasan Wakaf Salman ITB, yang mengumpulkan donasi dari para dermawan. Tak lama lagi juga akan selesai pembangunan toilet lain yang berada di dekat lokasi tersebut.

Bahkan pada akhir bulan Juni nanti pemasangan selang sejauh 2 km akan ditargetkan selesai. Selain donasi dari dermawan yang dihimpun Wakaf Salman ITB, juga ada donasi dari galangdana kitabisa.com dan dr.Hermin Aminah Usman, dr. Hasrayati Agustina dan dr. Sri Suryanti.

Secara simbolis, Wakaf Salman menyerahkah wakaf toilet tersebut kepada warga, Selasa (15/6/2021),  untuk dimanfaatkan dan dipelihara sebaik-baiknya. Sedikitnya ada 20 rumah  yang menggunakan toilet tersebut.

Informasi dari Koordinator Lapangan, Toha, mengatakan, saat ini warga juga sedang bergotong royong mengalirkan air dengan menggunakan paralon sepanjang hampir 2 km.

Toilet lama yang kumuh tidak terlihat lagi. Kini  tampak bangunan permanen dua pintu yang nyaman digunakan.

“Hatur nuhun kanggo para dermawan nu tos ngabantos warga di dieu dina urusan jamban. Tangtos ageung mangpaatna,” kata Oman (45) warga setempat.

Sampai bulan Juni 2021, Yayasan Odesa Indonesia sudah membangun sebanyak 32 Toilet umum. Hasil donasinya selalu bekerjasama dengan para dermawan baik secara individu maupun kerjasama organisasional baik komunitas maupun perusahaan. Hatur nuhun, para dermawan. Semoga rezekinya berlimpah. (Enton Supriyatna).

Tinggalkan Balasan