Saatnya Mengubah Gerakan dari Target Value ke Target Goal

Banyak kegiatan sosial yang dilakukan oleh masyarakat. Dasar kegiatan tersebut biasanya untuk solidaritas kemanusiaan. Jenis-jenis seperti amal, charity atau pemberdayaan banyak dilakukan dan terus berkembang di masyarakat. Hanya saja menurut Ketua Odesa Indonesia, Faiz Manshur, kebanyakan dari target dari kegiatan tersebut masih sebatas value atau nilai, belum masuk ke sasaran yang lebih tinggi yaitu menciptakan goal.

Menurut Faiz Manshur, ketika seseorang atau kelompok melakukan kegiatan kemanusiaan itu artinya sudah melangkah ke jalan positif. Hanya saja belum tentu orang yang diberikan bantuan tersebut bisa selesai urusannya.

“Orientasi value atau nilai ini bukan hal yang salah. Hal itu positif dan harus terus dilakukan. Namun jika ingin menuju kepada sasaran yang lebih tinggi mutu kegiatannya, usahanya harus mengarah pada pencapaian goal, perubahan, pembebasan,” katanya kepada odesa.id, Senin, 21 Agutus 2017 di Kantor Yayasan Odesa Indonesia, Cisanggarung, Cikadut, Cimenyan, Kab.Bandung.

Tindakan berorientasi value sebenarnya menurut Faiz, tidak hanya terjadi pada tindakan amal atau charity, melainkan bisa berlaku pada kegiatan training bahkan bisa juga terjadi pada kegiatan pemberdayaan. Sebab yang dimaksud orientasi goal adalah penuntasan persoalan dan tidak semua pendidikan atau pemberdayaan itu selalu memiliki orientasi goal.

“Kalau kita mengambil value, maka yang terpenting berbuat. Bisa cepat-cepat mencari bantuan materi, bisa juga melakukan pemberdayaan. Sedangkan kalau targetnya adalah goal maka yang buru-buru dilakukan adalah pemahaman secara mendalam atas semua latar belakang, baru kemudian setahap demi setahap dicarikan jalan keluarnya,” terangnya.

Gerakan berorientasi goal inilah yang terus dicoba melalui Yayasan Odesa Indonesia. Oleh sebab itu setiap kegiatan yang dijalankan oleh Odesa Indonesia di Kawasan Bandung Utara (KBU) diletakkan sebagai metode, atau alat menuju pencapaian.

“Semua metode perlu dilakukan dan bebas dari pintu manapun memulainya. Yang terpenting adalah tujuan melepaskan problem seseorang sampai target tercapai.”-odesa.id

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*