Pelaksanaan Kursus Jurnalistik Odesa Indonesia Tahun 2023

KURSUS JURNALISTIK ODESA 2023

Selama bulan ramadhan 1444/2023 Yayasan Odesa Indonesia menggelar acara keilmuan dengan tema Kursus Jurnalistik. Seperti pada  empat tahun sebelumnya, maksud tujuan kegiatan kursus jurnalistik ini untuk mengisi kegiatan bulan puasa dengan semangat keilmuawan.

Kursus Jurnalistik Odesa Enton Supriyatna
Kursus Jurnalistik Odesa Enton Supriyatna

Seperti tahun-tahun sebelumnya juga, tiga narasumber Enton Supriyatna, Budhiana Kartawijaya dan Hawe Setiawan mengambil peran dalam program pembelajaran literasi ini.

Enton Supriyatna, Pemimpin Redaksi Koran Gala (Mantan Wartawan Pikiran Rakyat dan Mantan Pemimpin Redaksi Galamedia) mengisi pembelajaran praktis menulis berita yang dilaksanakan pada hari selasa 28 Maret 2023 jam 15.30 hingga 18.00.

Kursus Jurnalistik Menulis Opini Budhiana
Kursus Jurnalistik Menulis Opini Budhiana

Budhiana Kartawijaya, mantan Pemimpin Redaksi Pikiran Rakyat yang mengisi materi kiat menulis opini yang dilaksakan pada hari kamis 30 Maret 2023 jam 15.30 hingga 18.00.

Sedangkan untuk menulis Esai, Hawe Setiawan secara khusus memberikan dua sesi pedoman menulis esai secara baik yang dilaksanakan pada hari selasa 4 April 2023 dan kamis 6 April 2023, jam 15.30 hingga 18.00

Kursus Jurnalistik Menulis Esai Hawe Setiawan
Kursus Jurnalistik Menulis Esai Hawe Setiawan

Kegiatan kursus jurnalistik merupakan program unggulan yang terus dilakukan oleh Yayasan Odesa Indonesia dengan dua misi.

Pertama, banyak anak-anak muda yang menjadi aktivis pergerakan minim minat dan bahkan gagap dalam hal literasi. Di dalam pandangan kolektif Odesa Indonesia, menulis adalah bagian penting dari aktivisme pergerakan.

Oleh karena itu, para aktivis yang bergiat dalam lapangan sosial mesti memiliki kemampuan menulis. Odesa Indonesia punya doktrin, “tak pantas disebut aktivis pergerakan manakala tak bisa menulis.” Sejarah orang-orang pergerakan di Indonesia selalu lekat dengan kemampuan menulis.

Bagi kami di Yayasan Odesa Indonesia, usaha mendorong perkembangan literasi di masyarakat petani miskin merupakan kewajiban. Dengan usaha memenuhi literasi di kalangan warga miskin itulah para relawan mesti juga menjadi teladan, bukan sekadar kuat dalam minat baca, melainkan harus memiliki kemampuan menulis.

Kedua, menulis adalah perkara yang sulit diwujudkan oleh anak-anak muda. Mereka yang tertarik pada usaha kemampuan menulis berita, opini dan esai, banyak yang mengalami hambatan.

Dengan adanya kursus jurnalistik diharapkan bisa menjadi solusi mengatasi hambatan menulis tersebut. Selain itu, para fasilitator juga akan berkenan menjadi pendamping proses penulisan di luar kegiatan kursus.

Karena itu diharapkan para peserta untuk lebih rutin praktik menulis dan mengajukan waktu secara khusus untuk bimbingan belajar menulis sampai tahap mahir.

Saya berterimakasih kepada para narasumber, pak Enton Supriyatna, Pak Budhiana dan Pak Hawe Setiawan atas waktunya dalam kegiatan ini. Saya juga berterimakasih kepada semua adik-adik mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini.

Daftar Peserta Kursus Jurnalistik Maret-April 2023:
Fadhil Azam Ismail, Vinkan Hergi Angelvan, Laila Rahmadani, Rizki Sobari, Dcelvin, Alma Maulida Nabil, Syifa Maghfirotul Firdaus, Anisa Sofa Safira Fauziah, Rizki Anggita Dewi, Abul Hamid, Ahmad Syauqy Ridho, Aditya Pratama, Mufida Fitriana, Hoerunnisa, Ilham Ramdani, Sidik Permana, Sitti Alawiyah, Sabaruddin, Asep Purnama, Shofannisa Alifia A, Subagja Burhaanuddin, Putri Aulia Zahrani, Salsabila Meida, Ilda Detara, Raisa, Salsa Aulia Mutmainah, Delia Puji Permata Sari, Salman Rae, Alvin, Ratu Tammi, Maghfira Fitra Y.[Faiz Manshur]

Jurnalitik Learning By Doing diterapkan agar peserta pelatihan mudah menjalankan.

VIDEO: Cara Menulis Berita Yang Baik dan Benar Bersam Enton Supriyatna

VIDEO Menulis Esai Bersama Hawe Setiawan

VIDEO Menulis Opini Bersama Budhiana Kartawijaya

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja