Odesa Menjadi Tempat dan Penyaluran Donasi Barang Bekas

Donasi barang bekas melalui Odesa-. Barang bekas yang ada di rumah kita berpikir itu berharga dan dieman-eman sehingga tetap disimpan.  Lama-kelamaan kita merasa tidak ada manfaatnya karena hanya menumpuk dan menimbulkan kesumpekan.

Bagaimana kalau kita mulai merelakan kepada orang lain agar berguna? Tahukah kamu terdapat banyak orang miskin membutuhkan barang-barang bekasmu itu? Tahukah kamu bahwa mereka sebenarnya sangat terbebani untuk belanja karena penghasilannya minim? 

Barang bekas
Ragam Barang Bekas seperti pakaian, perabot dapur, perabot kerja, termasuk ponsel, kamera digital dan handphone sangat berguna untuk masyarakat. Odesa Indonesia memperhatikan hal itu agar warga miskin mendapatkan manfaat dan kita bisa berbuat baik secara tepat sasaran. 

Profile Gerakan Odesa Indonesia dalam Video Youtube

Lihat Pilihan Donasi Amal Sosial di Yayasan Odesa

Barang Bekas Layak Pakai untuk Saudara Kita

Sejak tahun 2016 Odesa Indonesia bergerak dalam pemberdayaan petani miskin di Kawasan Bandung Utara. Di sana para puluhan pengurus dan puluhan relawan memiliki pengalaman penting dalam kegiatan pemberdayaan dan amal sosial. Saat pemberdayaan sosial mereka banyak tahu tentang kebutuhan-kebutuhan dasar hidup orang miskin. 

Dari situlah seringkali ditemukan bahwa kebutuhan rakyat miskin tak hanya uang atau beras. Ada deretan-deretan barang yang dibutuhkan untuk menunjang kehidupan warga, terutama orang lanjut usia (lansia) dan anak-anak yang masih sekolah. 

Barang bekas, tentu saja yang masih layak pakai bukanlah barang rendahan. Ia bisa berguna dan mestinya harus berguna sekalipun bukan buat kita yang memilikinya. Sudah saatnya kita sedekahkan untuk mereka yang membutuhkan supaya kita mendapatkan kebaikan dan sekaligus memperbaiki keadaan saudara-saudara kita yang kurang mampu. 

donasi barang bekas
Kegiatan relawan Odesa sangat aktif sejak 2016. Melayani Fakir-Miskin di Pinggiran Kota Bandung. Terdapat ribuan penerima manfaat dari kiprah ini. Salahsatunya adalah karena menyalurkan barang bekas dari warga kota.

5 Jenis Donasi Barang Bekas yang Berguna untuk Orang Miskin

Odesa Indonesia punya catatan yang menarik. Dari deretan barang-barang yang dimiliki orang kota tentu akan sangat berguna jika diberikan warga desa. Abdul Hamid, seorang pelaksana kerja Odesa membuat klasifikasi barang dengan ruang lingkup kebutuhan hidup keluarga pra-sejahtera.  Terdapat 5 klasifikasi sebagai berikut.

  1. Perabot Rumah Tangga; berisi perlengkapan untuk ruangan tamu, ruangan kamar tidur dan ruangan dapur. Barang-barang yang berguna untuk rumah tangga miskin meliputi tiga ruangan itu antara lain, meja, bangku mini, kursi, televisi, radio, pigura (untuk ruangan tamu). Ranjang tidur, kasur lipat, selimut, gorden (untuk kamar tidur). Sedangkan untuk daput rumah tangga miskin juga membutuhkan panci, wajan, sendok, garpu, kelas, piring, dan lain sebagainya. Jika di rumah kamu ada barang-barang numpuk di gudang, sebaiknya ubahlah untuk menjadi manfaat dengan mengirim ke Odesa. Nanti akan disalurkan kepada petani miskin yang membutuhkan. 
  2. Perabot Kerja: banyak petani dan buruh tani yang hidupnya kekurangan sering terbebani dengan alat-alat kerja. Kebutuhan mereka terhadap arit, cangkul, palu, mesin kebun hingga pakaiannya sebenarnya dibutuhkan rutin setiap tahun karena semua perabot kerja tersebut memiliki masa kerusakan. Jenis-jenis peraboot kerja orang miskin antara lain, air, palu, cangkul, golok, linggis,sepatu kerja meliputi sepatu sport dan sepatu boots, topi, helm kerja atau helm motor, jaket security, kaos lengan panjang, jaket anti hujan, alat penyiraman tanaman, selang, pipa air, polybag, pot tanam, ember, gayung, dan lain sebagainya. Jika kamu punya itu semua dan numpuk di gudang, sebaiknya dikirim ke Odesa segera. 
  3. Pakaian Layak Pakai; para petani dan buruh tani bekerja dalam situasi panas hujan yang memprihatinkan. Pakaian mereka seringkali cepat rusak. tetapi kemampuan mereka membeli sangat minim. Akibatnya banyak sekali pakaian yang dipakai tidak pernah diganti. Ada baiknya pakaian di lemarimu yang menumpuk itu disumbangkan kepada mereka. Mereka semua akan bahagia menerima pakaian. Jenis-jenis pakaian yang dibutuhkan mulai dari anak hingga lansia meliputi laki-laki dan perempuan. Apapun jenisnya bisa dikirim seperti kaos lengan pendek, kaos lengan panjang, celana pendek, celana panjang, daster perempuan, sepato boots, sepatu sport,  jaket, topi, helm-kerja, dan lain sebagainya. 
  4. Penunjang Kebersihan . Para petani di desa-desa juga membutuhkan seperti apa yang kita butuhkan, salahsatunya untuk hidup lebih sehat. Jika mereka mendapatkan bantuan-bantuan sarana hidup sehat tentu akan mengurangi belanja rumah tangga. Karena itu bantuan sabun mandi, detergen cuci pakaian dan piring, odol, sikat gigi, gunting kuku, sampo. 
  5. Penunjang Pendidikan: Ada juga banyak barang kita yang bersifat memberi manfaat untuk pendidikan anak-anak miskin. Beberapa barang yang relevan dengan kebutuhan pendidikan bisa kamu sumbangkan seperti, buku bacaan, buku tulis, buku gambar, alat tulis, handpone, kamera digital, dan sejumlah alat peraga pendidikan lainnya. Banyak anak-anak orang miskin juga butuh alat mainan edukasi. Jika kamu punya semua hal itu, jangan tunda untuk berbagi. 

Video Kiprah Relawan Odesa Indonesia

Laptop bekas.
Barang Bekas Laptop sangat beguna untuk pendidikan anak-anak desa. Begitu juga dengan ponsel dan kamera digital. Mendukung kegiatan literasi.

Laptop, Kamera dan Ponsel juga diperlukan Fakir-Miskin

Ada juga tiga barang bekas yang sangat berguna untuk fakir-miskin berupa teknologi, yaitu laptop, kamera dan ponsel. Laptop sangat berguna untuk menunjang kegiatan literasi di Sekolah Sabtu-Minggu (Samin). Ada 12 kampung yang memiliki kegiatan literasi. Para relawan literasi Odesa sering mempresentasikan video dan praktik literasi berbasis teknologi dengan laptop. Sayangnya seringkali ketersediaan laptop kurang. Jika Anda punya Laptop itu bisa disumbangkan ke Relawan Sekolah Samin.

Selain laptop, ponsel juga dibutuhkan, terutama pada ponsel yang didukung dengan kecukupan untuk kegiatan pemotretan. Dengan ponsel yang bisa digunakan secara kolektif itu kegiatan literasi perdesaan bisa berjalan lebih baik.

Dan satu lagi sangat berguna untuk menunjang pendidikan bagi anak desa dan juga kegiatan sosial lain ialah kamera digital.  Kamera digital yang sudah lama dan tidak lagi digunakan sangat baik untuk disumbangkan ke Odesa karena akan dimanfaatkan untuk ragam kegiatan jurnalistik, literasi dan dokumentasi sosial kemanusiaan.

Bantuan Barang Bekas fakir miskin
Ragam barang bekas dari kota diurus pengurus Odesa untuk disampaikan kepada fakir miskin desa.

Donasi Barang Bekas Tepat Sasaran

Dengan semangat filantropi dan hidup minimalis, saatnya kita sumbangkan barang-barang yang tersebut kepada fakir miskin. Yayasan Odesa Indonesia punya puluhan relawan dan punya banyak petani di Kawasan Pinggiran Kota Bandung, tepatnya di Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung. 

Di sana aktivis Odesa sangat dinamis dan berhubungan dengan ribuan petani yang mayoritas miskin hidupnya. Kapan saja selalu ada kegiatan setiap pekan dan dari situlah para relawan bisa menyalurkan, tentu yang dipilih adalah warga yang paling miskin dan paling relevan atas kebutuhannya.

Manfaatkan barangmu dengan mengirim ke Odesa. Kirim ke alamat ini: Yayasan Odesa Indonesia, Kampung Sekebalingbing No 8 RT 01 RW 10 Desa Cikadut Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung Jawa Barat 40191. Email odesaindonesia@gmail.com Hp/WA 0821-1720-4059.

Penyusun: Fadhil, Hamid, Alma

Admin: Fadhil Azzam.

Ingin Mendukung Kegiatan Pendidikan Desa? Berdonasi melalui kitabisa.com di sini

Ingin Berdonasi untuk Kegiatan Sekolah Anak Desa? Bantu di sini

4 komentar untuk “Odesa Menjadi Tempat dan Penyaluran Donasi Barang Bekas”

  1. Kang, abdi hoyong donasi baju baju layak pakai. Nanti sistem kirin barangnya dijemput okeh odessa atau bagaimana?

    1. Mangga Bu Nena. Sistem kirim barangnya bisa dijemput oleh Odesa ke lokasi ibu, bisa juga langsung dikirim vie ekspedisi (Gosend, dll.) dari lokasi ibu ke alamat yayasan: Kampung Sekebalingbing No.8, RT.01/RW.10, Cikadut, Kec. Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40191

    1. Iya, menerima. Odesa menerima berbagai jenis barang bekas meliputi: Pakaian layak pakai, parabot rumah tangga, gadget (smartphone, laptop, dll) untuk pendidikan anak desa, perbekalan kebersihan rumah tangga (sabun sampo, dll), dan buku-buku bacaan anak, remaja, dan dewasa. Untuk pengiriman bisa datang langsung ke Yayasan Odesa Indonesia atau bisa melalui ekspedisi (Gosend, JNE, dll.) dikirim ke alamat yayasan: Kampung Sekebalingbing No.8, RT.01/RW.10, Cikadut, Kec. Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40191

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja