Mengapa Kita Perlu Bunga Matahari?

Memperkuat pangan perlu langkah cerdas memilih bahan pangan. Bunga matahari merupakan pilihan orang-orang cerdas karena memiliki manfaat bagi manusia, ternak dan lingkungan. Odesa-Indonesia mengembangkan bunga matahari di Cimenyan Kabupaten Bandung.

Bagi manusia biji Bunga Matahari telah luas dikenal mampu memenuhi gizi yang baik. Ia sangat baik untuk pencernaan, sangat baik untuk melancarkan peredaran darah, dan yang terpenting lagi untuk memperkuat otak. Bunga Matahari sangat kaya akan magnesium, kalium, selenium, seng dan zat besi.

Biji Bunga Matahari terdapat sumber yang baik karena di dalamnya mengandung vitamin B6, Thiamin,magnesium, fosfor, mangan, selenium, vitamin E. Ini sangat berguna bagi makanan sehari-hari.

Dengan komponen-komponen gizi di atas, Bunga Matahari merupakan sumber antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas dalam tubuh manusia. Bunga Matahari sangat rendah kolesterol dan natrium sehingga sangat berguna untuk jantung kita, termasuk mengatasi diabetes. Vitamin E-nya bisa membantu darah bergerak lebih lancar, termasuk cepat memperbaiki aliran darah akibat luka. Dan seleniumnya merupakan sumber pertahanan sekaligus perbaikan sel-sel kanker.




Hal lain yang perlu ditekankan adalah bahwa tubuh manusia dewasa setiap hari membutuhkan rata-rata 30% serat. Namun banyak kenyataan orang sangat sulit memenuhi itu, bahkan sekadar untuk mencapai 15 gram perhari pun tidak. Dengan memanfaatkan biji Bunga Matahari, kita secara mudah mendapatkan pasokan yang yang melimpah darinya.

Kemudian pada sisi yang lebih hebat lagi, Bunga Matahari itu kaya akan sumber energy. Itulah mengapa banyak para atlet mengonsumsi bahan pangan bersumber dari Bunga Matahari. Artinya ini juga sangat penting bagi para pekerja keras. Di dalam biji Bunga Matahari tersebut terdapat protein dan karbohidrat dalam jumlah besar.

Untuk pengobatan penyakit ringan keseharian juga penting diakses, terutama pada batuk dan pilek. Kanndungan Seng-nya jelas cocok untuk kekebalan tubuh dari virus-virus akibat radikal bebas.

Untuk ibu-ibu hamil biji Bunga Matahari sangat dianjurkan dimakan karena memiliki banyak kandungan folat (asam folat) yang merupakan jenis vitamin B. hal ini sangat baik karena membantu dalam produksi sel-sel baru di dalam tubuh sehingga mampu melancarkan relikasi DNA dan RNA bagi perkembangan janin. Vitamin B-12-nya produktif membentuk hemoglobin dalam sel darah merah.

Pertanian kita belum serius mengembangkan Bunga Matahari. Padahal kita selama ini impor banyak dari Amerika Serikat. Selain kegunaan untuk bahan pangan Bunga Matahari sangat baik untuk pakan ternak, dan juga mampu menjaga ekologi pertanian karena akan banyak hama yang terpenuhi dari mengonsumsi Bunga Matahari. Dengan cara menanam Bunga Matahari, hasil panen petani aman dari hama. -Khoiril

BACA Bunga Matahari untuk Superfood

Komentar

  1. […] Kemudian pada masalah bahan pangan terdapat problem yang besar. Alam subur menyediakan kesempatan beragam jenis tanaman yang bisa tumbuh baik. Bahkan beberapa ujicoba tanaman baru yang dilakukan oleh para petani yang bergiat bersama Odesa Indonesia (yang sebelumnya tidak diketahui atau dibantah petani) ternyata berkembang baik. Bukan hanya itu, beberapa jenis tanaman yang menyokong sistem ekologi seperti Bunga Matahari (Sun Flower), Daun Afrika (Veronia Amygdalina) dan Kelor (Moringa Oleifera) misalnya, juga berdampak baik pada lingkungan, terutama menurunkan serangan hama. Bukan hanya tanaman bijian, tetapi tanaman buah begitu mudah tumbuh dengan hasil buah yang tidak diragukan lagi produktivitasnya. Petani keluarga petani yang kini hamper mayoritas menjadi buruh tani semakin lama semakin miskin bukan karena urusan lahan, melainkan lebih pada urusan ilmu pengetahuan budidaya tanaman pangan. Mengapa Pertanian Butuh Bunga Matahari? […]

  2. […] Matahari bukan hanya memiliki manfaat untuk konsumsi manusia. Mengapa Kita Perlu Bunga Matahari Pada sistem budidaya agroekologi sendiri Bunga Matahari ini sudah sangat bermanfaat. Organisasi […]

  3. […] ongkos kirim). Transfer ke Rek BCA Adi Maulana. 2800746101. Pesan ke Ibu Dedeh, WA: 0853-1481-2472. Mengapa Kita Perlu Bunga Matahari Bunga Matahari untuk Superfood Keindahan Bunga Matahari Oray Tapa […]

  4. […] Bibit Bunga Matahari Mengapa Kita Perlu Bunga Matahari Bunga Matahari untuk […]

  5. […] Banyak penelitian yang telah membuktikan, orang yang cukup baik vitamin E-nya akan lebih terhindar dari serangan jantung. Kandungan magnesiumnya yang cukup juga akan menyelamatkan orang dari masalah asma. Sedangkan kandungan seleniumnya akan menyelamatkan orang dari persoalan kanker. (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); Memasak Biji Bunga Matahari Pengetahuan orang Indonesia tentang kuliner bunga matahari masih tergolong awam. Pengetahuan kita sebatas kwaci, padahal sebagai bahan masakan bisa diperluas untuk banyak hal. Selain bisa dimasuk sebagai bagian dari masakan lain dengan mencampurnya pada sup, sayur bening atau masakan urap, juga bisa dimanfaatkan sebagai komponen gizi pada roti, kue, dan lain sebagainya. Biji bunga matahari bahkan bisa diolah menjadi minuman. Luas kiranya resep-resep di internet tentang memasak biji bunga matahari. Mari kita jelajahi. [] Mengapa Kita Perlu Bunga Matahari? […]

  6. […] Mengapa Kita Perlu Bunga Matahari Bunga Matahari untuk Superfood Keindahan Bunga Matahari Oray Tapa Bandung […]

Tinggalkan Balasan