Literasi Ekologi

Hari Keanekaragaman Hayati 2022, Anak-Anak Belajar Ekologi

Setiap tanggal 22 Mei diperingati sebagai Hari Keanekaragaman Hayati Internasional.

Secara umum, keanekargaman hayati adalah istilah untuk menyebutkan keberadaan berbagai jenis mahluk hidup yang tinggal di bumi.

Jenis- tersebut dibagi atas perbedaan gen dan ekosistem sehingga melahirkan bentuk dan rupa beserta ciri khas yang berbeda.

Keanekaragaman hayati menggambarkan bermacam-macam makhluk hidup.

Keanekaragaman dari makhluk hidup dapat terjadi karena adanya perbedaan warna, ukuran, bentuk, jumlah, tesktur, penampilan dan sifat.

Keanekaragaman adalah kekayaan. Anak-anak sebagai bagian dari penduduk bumi semestinya diperkenalkan sejak dini pada kekayaan ini.

Keanekaragaman hayati sangat penting dijadikan sebagai kurikulum pendidikan karena dengan cara inilah usaha memperbaiki dan merawat ekologi juga ditentukan.

Pada kesempatan ini, Odesa Indonesia menghimpun lebih 200 peserta kegiatan sekolah Sabtu-Minggu (Samin) yang selama ini terbiasa belajar bersama.

Hari Keanekaragaman Hayati
Hari Keanekaragaman Hayati

Harti Tsaeni mengatakan, anak-anak petani yang selama ini mengikuti kegiatan belajar Sekolah Samin tersebut dikumpulkan bersama untuk mengikuti kegiatan praktik pembelajaran ekologidengan beragam jenis aksi seperti menulis dan membaca puisi.

Membaca dongeng, mendengarkan dongeng, menggambar dan mewarnai serta menyanyi bersama.

“Ini cara terbaik dalam pendidikan. Unsur kesenangan ditonjolkan tetapi muatan pendidikan karakter tetap paling utama. Anak-anak senang dan berkesan karena juga berkenalan dengan para seniman, mahasiswa, penyanyi, penari dan pelukis,” kata Harti ditemui di Lahan hutan pinus Sentak Dulang Kecamatan Cimenyan, tempat kegiatan ini berlangsung.

Pada kesempatan itu Yayasan Odesa Indonesia juga meluncurkan sebuah lagu baru dari salahsatu relawan literasi, Ferry Curtis. Ferry adalah musisi pegiat literasi nasional yang selama ini banyak mengarang lagu pendidikan.

Lagu baru yang diluncurkan berjudul “Mari Menanam” yang ditulius pada bulan april lalu kemudian dinyanyikan pertama kali bersama anak-anak desa pada kesempatan ini.

Lagunya bisa disimak Lagu Mari Menanam Hari Keanekaragaman Hayati

“Mari Menanam”

Lirik lagunya adalah:

Lihatlah tanah yang kian gersang

Longsor banjir bencana mengancam

Bumi kita tlah lama sakit

Didera derita berkepanjangan

Tanamlah tanam pohon segera

Kita harus bekerja,

merawatnya menjaganya

Agar tumbuh sempurna

Tanamlah tanam pohon sekarang

Di halaman rumahmu,

tanam kelor juga pepaya

Makanan bergizi sehatkan tubuh kita

Mari kita menanam Kekeringan menyengsarakan

Mari bergandeng tangan

Sungguh mulia merawat alam []

Pendidikan Rakyat Model Odesa

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja