Gerakan Bank Pohon Temanggung

TEMANGGUNG: Kualitas lingkungan kita semakin menurun. Sungai di daerah pegunungan banyak yang mati akibat debit mata air di hulu semakin kecil, padahal sangat vital untuk kebutuhan air minum dan pertanian sawah yang berada di kaki gunung. Sungai di gunung telah kehilangan masa lalu mengalirkan air jernih dan banyak ikan. Sekarang sebagian sungai di lereng gunung Sumbing, Sindoro, dan Prau berfungsi hanya pada musim hujan untuk melintas banjir air lumpur berwarna coklat pekat, yang menjadi pertanda terjadi erosi parah.

Sebenarnya kesadaran masyarakat terhadap kelestarian lingkungan semakin baik. Keinginan menjaga alam telah tumbuh di tengah komunitas warga baik di kota maupun desa. Namun seringkali hasrat tersebut terbentur dengan persoalan sulit dan kerumitan prosedur untuk mendapat bibit pohon secara cuma-cuma dari pemerintah. Sedangkan membeli di depo bibit harga sudah mahal, padahal kebutuhannya banyak.




Atas dasar realita tersebut kami mencoba memberi solusi dengan mendirikan Bank Pohon Temanggung. Kegiatan ini bertujuan memfasilitasi keinginan individu maupun kelompok memberi bantuan bibit pohon untuk konservasi alam.

Selain itu, Bank Pohon Temanggung menyuport komunitas warga yang bergiat lingkungan dengan memnyalurkan bibit pohon hasil sumbamgan maupun pembibitan mandiri. Kami juga membantu pemetaan lokasi konservasi dengan mempertimbangkan potensi mata air, daerah tangkapan air, daerah aliran sungai, dan hulu sungai agar sesuai dengan prioritas penanganan lingkungan.

Mari kita jaga kelestarian alam secara bersama-sama. Bank Pohon Temanggung menanti partisipasi Anda berupa sumbangan:
– Bibit Pohon
– Biji huah-buahan
– Pupuk
– Polybag
– Paranet
– Peralatan Pembibitan, dll
Alamat Demplot:
Desa Danurejo, Kec. Kedu,
Kab. Temanggung, Jawa Tengah
WA: 0813 1111 4043

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*