Anak-Anak Desa Lebih Ekspresif dalam Menggambar

Anak-Anak Desa Lebih Ekspresif dalam Menggambar

Anak-anak desa lebih ekspresif dalam menggambar.
Anak-anak desa lebih ekspresif dalam menggambar.

Menurut Pelukis Eddy Hermanto dalam hal menggambar anak-anak desa lebih ekspresif dibanding anak-anak perkotaan.

Selain itu anak-anak desa juga memiliki sikap kebebasan maksimal.

Hal itu terjadi karena kata Eddy, anak-anak desa kurang terpengaruh oleh rumus-rumus pendidikan formal yang kaku sebagaimana yang menimpa anak-anak yang bersekolah di perkotaan.

Anak-Anak Desa Belajar Menggambar.
Anak-Anak Desa Belajar Menggambar.

“Tiga puluh tahun saya mengajar anak-anak melukis. Saya melihat kecenderungan ini di banyak tempat, tak terkecuali di Desa Cikadut ini.

Mengajar keduakali di sini, saya melihat potensi anak-anak desa sangat beragam dan ekspresif,” kata Alumni Magister Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Institut Teknologi Bandung tersebut seusai menilai 35 hasil gambar anak-anak desa Cikadut Kecamatan Cimenyan Kab.Bandung dalam kegiatan menggambar di kampung Sekebalingbing Desa Cikadut Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung, Mingu 3 Desember 2023.

Eddy menilai, dalam hal kebebasan memilih objek kreasi gambar anak-anak desa mayoritas memilih gambar alam seperti pepohonan, dedaunan, bebatuan, tanah, matahari, gunung, bukit, sungai dan lain sebagainya.

Sementara setiapkali ia membimbing anak-anak kota, akan banyak menemukan pilihan seperti gambar robot, gedung, sepeda, mobil, dan sejenisnya.

“Dari sisi pemilihan objek, masing-masing memiliki pilihan sesuai keadaan lingkungan.

Tetapi anak-anak desa memiliki sikap yang lebih bebas, lebih liberal dalam hal memilih objek atau berekspresi.

Mungkin karena disebabkan anak-anak desa tidak terlalu didoktrin dengan rumus-rumus oleh para gurun di sekolahnya,” papar Eddy.

Anak-Anak Desa

Kreasi Ekologis

Pada kegiatan anak menggambar bersama Eddy Hermanto tersebut terdapat 35 anak yang mengikuti kegiatan dari pagi hingga tengah siang.

Menurut Koordinator Program Sekolah Sabtu-Minggu Odesa, Syifa Ranjeta, kegiatan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas dalam bidang seni, ekologi dan sekaligus memperkuat kemampuan anak berekspresi.

“Selama ini anak-anak juga sering belajar menggambar. Tetapi dengan menghadirkan pelukis kenamaan seperti Pak Eddy Hermanto suasana-nya akan lain. Anak-anak jadi kenal sosok pelukis dan mendapatkan masukan-masukan yang bagus,” kata Syifa.

Menurut Syifa, setiap program kegiatan literasi anak-anak di Yayasan Odesa Indonesia selalu menyertakan semangat ekologi dan pembangunan karakter.

Dengan banyaknya anak mengapresiasi tanaman sebagai pilihan dalam lukisan menunjukkan bahwa anak-anak tersebut memiliki rasa suka dan memiliki terhadap tanaman.

“Secara khusus Odesa Indonesia mengajarkan ilmu ekologi dan botani kepada anak desa. Kita punya semangat untuk membimbing anak-anak desa agar memiliki bekal pengetahuan ekologi dan botani sejak dini,” kata Syifa.[test.odesa.id]

Menjadi Relawan Literasi Odesa Indonesia

Meningkatkan Minat Membaca Buku Anak-Anak Desa dengan Gerakan Literasi

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja