Aksi Sosial Alumni Elektro ITB-86 di Cadas Gantung Bandung

BANDUNG: Minggu 5 Maret 2017 rombongan Keluarga Alumni Elektro Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 1986 mengadakan aksi sosial di kampung Cadas Gantung, Desa Mekarmanik, Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung.




Acara yang dipimpin langsung oleh Ketua Keluarga Alumni Elektro ITB-86, Jaya Selvan tersebut selain meresmikan pembangunan sarana Mandi, Cuci dan Kakus (MCK) juga disertai kegiatan pembagian sembako, pembagian alat-alat rumah tangga dan juga layanan kesehatan untuk semua warga di kampung yang terletak di bawah perbukitan dan terisolir tersebut.

“Kami datang langsung dan bertemu dengan warga. Tujuannya untuk membantu daerah tertentu yang benar-benar sangat membutuhkan,” kata Jaya Selvan saat ditemui oleh odesa.id di lokasi kegiatan.

Menurut Jaya Selvan, kampung Cadas Gantung dipilih sebagai salahsatu basis kegiatan sosial tahun 2017 ini dinilai sebagai prioritas. Pasalnya, kehidupan warga Kampung Cadas Gantung selama ini terisolir.

Sekalipun jaraknya hanya 5 kilometer dari Jalan Raya Sindanglaya/AH. Nasution Kota Bandung, namun kondisi kampung yang berisi 15 keluarga tersebut tidak mendapatkan perhatian dari pemerintah, bahkan struktur RT-nya pun mengikuti kampung Cikored yang jarak tepuhnya 3 km tanpa ada sarana transportasi.

“Tadinya kami berencana membangun sarana Mushola karena ada kebutuhan dari warga, namun terhambat karena urusan tanah belum beres. Sementara MCK dan pendampingan program ekonomi terlebih dahulu. Mulai hari ini warga tidak perlu lagi buang hajat di kali yang berjarak 500 meter. Kalau malam anak-anak tidak akan lagi harus melewati gulita kebun,” ujar Didik Harjogi salah satu pengurus alumni yang juga Ketua Divisi Amal Sosial di organisasi Odesa-Indonesia.

Odim (57 tahun), warga yang menghibahkan tanahnya untuk sarana MCK tersebut merasa senang dengan rangkaian kegiatan tersebut. Pasalnya sejak lama ia ingin membangun MCK untuk warga, tetapi terhambat biaya. “Sekarang sudah jadi. Saya berterimakasih kepada semua yang membantu kami,” katanya.

Alumni Elektro ITB-86 yang hadir antara lain, R.W Pantja Gelora, Didik Harjogi, Risanti Meirani, Yuliana Susilowati, Iin Azairin, Jaya Selvan, Agus Riyanto, Roesbianto, Heru Wiyanto, Burhanudin, Ari Setiawan. Hadir juga Dr.Bambang Krisnarno, dosen senior Elektro yang dikenal sangat akrab para mahasiswanya.




Sementara dari Odesa-Indonesia hadir Budhiana Kartawijaya (Litbang Pikiran Rakyat), Enton Supriyatna (Pemimpin Redaksi Galamedia), Faiz Manshur (Ketua Odesa-Indonesia) dan para relawan Odesa-Indonesia yang selama ini aktif kegiatan pendampingan ekonomi dan sosial di kawasan Cimenyan dan Cilengkrang Bandung. Acara ramah tamah Alumni Elektro ITB-86 bersama warga tersebut berlangsung dari Jam 10:00-12:30. Penutup acara pembacaan doa oleh KH. Mutobiin, Ketua Nahdlatul Ulama Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung.-Teguh

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*