Agroekologi Odesa Indonesia: Pertanian yang Memperbaiki Kehidupan

Agroekologi Odesa Indonesia Pertanian yang Memperbaiki Kehidupan

Agroekologi Odesa Indonesia menjadi bagian penting dalam gerakan sosial pertanian di Cimenyan Kab.Bandung Jawa Barat. Prinsip-prinsip dasarnya dijadikan acuan gerakan perbaikan pertanian, lingkungan dan juga perbaikan sumberdaya manusia keluarga tani dan anak-anak petani.

Agroecology atau dalam serapan bahasa Indonesianya Agroekologi merupakan tiga gabungan kata Agro berarti pertanian, eco/eko berarti lingkungan hidup dan logy atau logos adalah ilmu pengetahuan.

Secara kontekstual Yayasan Odesa Indonesia menerjemahkan Agroekologi sebagai gerakan “menjalankan pertanian dengan ilmu pengetahuan untuk lingkungan hidup berkelanjutan, yang mampu mengindari kerusakan dan setiap waktu harus mampu membawa kebaikan semesta meliputi kebaikan untuk manusia, satwa, tanah, udara, tanaman, air, energi dll.

Strategi praktis yang dijalankan terkait dengan beberapa hal:

-Menyehatkan tanah supaya menghasilkan tanaman yang secara kuantitas berkembang meluas dan secara kualitas menghasilkan biomassa dan pangan yang bermutu untuk manusia dan satwa.

-Menyehatkan air untuk pemenuhan rumah tangga manusia, tanaman dan satwa/ternak.

-Mendorong keanekaragaman hayati sehingga semua tanaman hidup berdampingan. Penyerbukan (serbuk sari) sebagai salahsatu pilar kesejahteraan tanaman mendapat tempat utama dalam setiap gerakan pertanian dalam model afroforestry/wanatani.

-Menciptakan inovasi pembenihan/pembibitan sebagai pilar dasar kedaulatan pertanian dengan mendatangkan dan mengembangkan varietas bermutu unggul.

-Mendekatkan manusia kepada tanaman dan satwa melalui pendekatan ilmu pengetahuan bioetika dengan target memicu kepedulian manusia memahami nilai (value) dan kebaikan (virtue) dalam kesatuan ekosistem sehingga melahirkan cara pandang hidup kemanusiaan tentang kemajemukan. (Faiz Manshur Odesa.id)

Agroforestry untuk Perbaikan Ekologi Desa

Agroekologi
Agroekologi

Prinsip dasar Agroekologi tersebut juga memuat standar internasional kerja pertanian yang dicanangkan FAO sebagaimana tertuang dalam Konservasi Pertanian berikut ini:

 

Lahan Rusak Bandung Utara

Proses Agroekologi Odesa Indonesia di Cimenyan Bandung Kegiatan Agroekologi Odesa

Sekolah Agroekologi Temanggung

POLITIK EKOLOGI

Kita harus memulai membuka diri terhadap pengetahuan baru untuk merespons terjadinya keburukan-keburukan di planet ini. Apapun usaha kita, terutama inovasi, tiada guna manakala bukan untuk menjawab problem yang terjadi. Pintu pengetahuan perubahan iklim ini nantinya juga harus menjadi perhatian utama kelompok politik, kelopok sosial dan yang lebih penting lagi harus menjadi bagian kurikulum wajib untuk siswa sekolah.

Apa itu yang penting dibaca dari persoalan ekologi saat ini?Baca Selengkapnya Memperbaiki Politik Memperbaiki Ekologi

 

6 komentar untuk “Agroekologi Odesa Indonesia: Pertanian yang Memperbaiki Kehidupan”

  1. Pingback: Basuki Suhardiman: Hindari Kebiasaan Sesat Bisnis Pertanian – Odesa Indonesia

  2. Pingback: Petani Cimenyan Siap Mengubah Gurun Menjadi Kebun – Odesa Indonesia

  3. Pingback: Memperbaiki Politik untuk Memperbaiki Ekologi - ODESA INDONESIA

  4. Pingback: Kerusakan Alam dan Kemiskinan Petani - ODESA INDONESIA

  5. Pingback: Pupuk Terbaik Penyubur Tanaman Adalah Tanah Yang Sehat - ODESA INDONESIA

  6. Pingback: Sekolah Tani Odesa: Model Baru Meningkatkan Mutu Generasi

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja