Yanti Komariah, Bertanam untuk Kesehatan

Siti Komariah
Yanti Bunga (Siti Komariah): Penjual dan Pembibit tanaman di Jalan Pacuan Kuda Arcamanik Bandung

Nama populernya Yanti. Sedangkan nama aslinya Siti Komariah (47 tahun). Di Kawasan Arcamanik Kota Bandung ia dikenal jagoan urusan tata-kelola dan pembibitan tanaman. Pengalamannya selama 24 tahun berurusan dengan tanaman membuat dirinya banyak dipercaya orang mengurus taman-taman untuk Villa, Hotel, Taman Kota dan Perumahan. Belakangan ia juga bergiat aktif terlibat dalam kegiatan penyuluhan tanaman obat bersama para jurnalis dan dosen-dosen di ITB di Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung.

“Urusan tanaman itu asal perhatian pasti beres. Seperti ngurus manusia. Kalau diperhatikan secara baik sesuai kebutuhan hidupnya pasti berkembang baik. Nah untuk paham tanaman ya harus mau merawat,” kata Yanti sambil tetap sibuk membersihkan rerumputan di polybagnya.

Ditemui Odesa di warungnya seberang arena Olahraga Sport Jabar Arcamanik (Bekas Lapangan Pacuan Kuda) Senin 27 Pebruari 2017, Yanti berbagi cerita. Ia menilai hampir semua orang menyukai tanaman, tetapi karena pengetahuan orang tentang jenis-jenis tanaman tidak mendalam, seringkali hanya menanam untuk rerimbunan atau penghias semata. Padahal menurutnya kalau seseorang bisa selektif akan mendapat dua manfaat ganda, yaitu keindahan dan kesehatan.




“Misalnya begini. Untuk keindahan boleh orang memilih selera tanaman tertentu. Yang ngetren atau yang unik boleh. Tapi perlu dikombinasikan dengan tanaman yang memberi manfaat bagi lingkungan dan memetik manfaat obat dari daun atau buahnya,” katanya.

Yanti mencontohkan, sebuah rumah akan sehat misalnya kalau misalnya menerapkan beberapa contoh tanaman berikut ini. Bunga sesuai selera. Kemudian dikombinasikan dengan rumpun bambu, pohon kelor, palem dan pakis. Keempat tanaman ini sangat luar biasa menghasilkan oksigen untuk lingkungan rumah. Bahkan menurut Yanti, dengan rumpun bambu hias, akan memberi manfaat bagi penyerapan air hujan karena akar bambu memiliki kemampuan menyerap 90 persen air hujan. Terutama pohon kelor, Yanti menganjurkan agar orang banyak menanamnya karena manfaat kesehatannya luar biasa dari daunnya.




“Perlu juga ada beberapa pot kumis kucing. Tanaman ini penghasil obat untuk saluran air seni.Obat ginjal. Bagus dijadikan minuman teh, dan bunganya sangat indah,” terangnya.-Teguh/odesa.id
Pesan Bibit Kelor di sini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*