Tamu Odesa, Studi Gerakan dan Amal Sosial

Studi Gerakan Sosial di Odesa
Studi Gerakan Sosial di Odesa

Sabtu, 3 September 2022 Yayasan Odesa Indonesia kehadiran 7 tamu dari Jakarta. Mereka adalah para pegiat NGO, wartawan, penulis dan peneliti.

Ada Noor Hiqmah, Lilik HS, Vidiarina, Fransisca Ria Susanti, Cecilio Harjono, Wilson, Nia Damayanti Wirya. Kedatangan mereka ke Yayasan Odesa Indonesia untuk studi lapangan tentang gerakan sosial yang dilakukan oleh Yayasan Odesa Indonesia.

Selain bincang tentang gerakan sosial, tujuh tamu tersebut juga menemui para petani yang selama ini menjadi pemimpin pergerakan ekologi. Di Cisanggarung mereka menemui Bapak Sutardi, seorang petani penggerak yang selama ini mendorong para petani menanam hanjeli, sorgum, kelor dan juga praktik ekologi dengan menanam buah-buahan dan tani pekarangan.

Di Kampung Waas Desa Mekarmanik dekat hutan Arcamanik, mereka menemui Mang Toha, seorang petani yang aktif selama lima tahun bersama Odesa mengerakkan praktik pertanian konservasi lahan kritis.

Studi Gerakan Sosial Odesa
Studi Gerakan Sosial Odesa

Selain itu mereka juga menyalurkan bantuan berupa buku bacaan, buku tulis, alat peraga untuk mendukung kegiatan literasi yang dijalankan Odesa pada program Sekolah Sabtu-Minggu (Samin). Mereka juga menyumbang pakaian dan perabot rumah tangga yang akan disalurkan untuk keluarga pra-sejahtera. [Hamid]

Gerakan Sosial dan Gerakan Pertanian Odesa

Belajar Menanam Kelor di Odesa

Cerita Kegiatan Odesa

Tinggalkan Balasan