Perjalanan Odesa Indonesia Setahun

KRONOLOGI KEGIATAN ODESA:
AGUSTUS 2016: menemukan beberapa kampung basis pertanian kopi di Desa Mekarmanik dan Cikadut.
SEPTEMBER 2016: menemukan potensi alam yang luar biasa hebat sekaligus menemukan fakta keadaan masyarakat yang terbelakang di Cimenyan.

OKTOBER 2016: mulai bermunculan relawan dari Kota untuk melihat keadaan Cimenyan sekaligus mulai dirintis kegiatan-kegiatan seperti pelatihan pertanian, amal sosial, dan tukar pemikiran dengan petani-petani pelosok.

NOVEMBER 2016: Disepakati pendirian organisasi bernama Odesa Indonesia dari spirit Organizer Desa. Terbit situs https://odesa.id dan fanspage https://www.facebook.com/odesaindonesiaku/ juga twitter @odesaindonesia serta istagram odesa indonesia. Berdiri Organisasi Kelompok Tani Pondok Buahbatu Desa Mekarmanik Kecamatan Cimenyan.

DESEMBER 2016: Maksimalisasi kegiatan dengan kampanye publik, termasuk menggalang kegiatan jurnalistik di Cimenyan agar kisah-kisah di perkampungan terbelakang diketahui masyarakat luas dan terjadi perubahan. Pembagian polybag untuk gerakan Pertanian Pekarangan berlangsung di beberapa kampung antara lain, Pondok Buahbatu, Waas, Cadas Gantung, Cisanggarung, Sentak Dulang, Sekebalingbing.

JANUARI 2017. Mulai tumbuh model kerjasama kolektif dengan beberapa organisasi di Kota Bandung. Juga berkembang bantuan pakaian untuk warga miskin dari Jakarta, Bandung, Bogor dll. Pembibitan Kelor dan Daun Afrika dimulai sebagai bagian penting dari kegiatan pertanian pekarangan dan pertanian ladang.

PEBRUARI 2017: Legalisasi Yayasan Odesa diproses, Maret legal. Berdiri Kelompok Tani HOTANI (Himpunan Orang Tani Niaga) di Kampung Waas, Desa Mekarmanik, Kecamatan Cimenyan. Pembibitan Kopi berjumlah 100.000 bibit berjalan.

MARET HINGGA AGUSTUS 2017…. Semakin banyak kegiatan rutin yang sifatnya membasis seperti KKN Mahasiswa Sampoerna University, Kursus Bahasa Inggris untuk warga Cisanggarung dan sekitarnya, training jurnalistik guru, pendampingan literasi, pelatihan tanaman obat secara rutin, pendampingan warga sakit, pembangunan MCK, pendampingan modal pertanian dan lain sebagainya. Pada bulan Juli 2017 berdiri Kelompok Kerja Pertanian, Taoci (Tanaman Obat Cimenyan) berfokus mengurus pembibitan dan perluasan tanaman obat. Tapeci (Tani Pekarangan Cimenyan) fokus memajukan basis-basis pertanian Pekarangan.

Terimakasih kepada siapa saja yang turut serta berpartisipasi dalam kegiatan odesa Indonesia dan mari terus lanjutkan tindakan-tindakan kebaikan ini. Semoga terus berkembang agar terjadi perubahan di kawasan Bandung Utara. Mari bergabung dalam kegiatan bersama kami.

Hormat Kami
Budhiana Kartawijaya (Ketua Pembina)
Faiz Manshur (Ketua)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*