Orang Kota, Segeralah Mengabdi Pada Desa

Inilah cara terbaik memajukan bangsa. Orang kota mengabdi dengan ilmu, waktu dan kegiatan untuk kemajuan warga desa pinggir Kota Bandung.

Bagaimana cara mengabdi untuk warga tertinggal di Cimenyan Kab.Bandung?




Ada sekian orang tertarik untuk berkiprah di Odesa Indonesia yang aktif bergiat mengurus persoalan-persoalan kemasyarakatan di Kawasan Bandung Utara (KBU), terutama di Kecamatan Cimenyan. Dari beberapa teman rupanya sudah mengetahui garis-garis besar kegiatan Odesa Indonesia sehingga sedikit memahami keperluan kegiatan dengan menyatakan ingin berkontribusi secara sosial. Ada yang ingin berkiprah membantu pertanian para petani, ada yang ingin berderma, ada yang ingin membangun MCK, ada yang ingin membantu khitanan masal, dan lain sebagainya.

Itu tepat karena memang semuanya dibutuhkan masyarakat di Kawasan Bandung Utara (KBU), terutama Kecamatan Cimenyan. Odesa Indonesia memang mendorong secara luas partisipasi masyarakat, siapapun dari manapun dengan kadar kemampuannya. Bahkan jika tidak bisa berkiprah secara langsung, Odesa juga membuka peluang kontribusi, seperti penyaluran bantuan ekonomi untuk warga miskin, penyaluran sumbangan alat tulis sekolah, pakaian sekolah, pakaian warga ekonomi lemah, atau modal pertanian dan modal wirausaha.

Bagaimana cara berkiprah?
Mudah. Prinsipnya sumbangkan ilmu pengetahuan dan pengalaman. Menyatu dengan warga. Odesa Indonesia punya basis-basis warga yang bisa didampingi. Bisa memilih lokasi yang menarik. Kepingin ke bagian hutan berjarak 14 km dari Kota Bandung? Pingin di bagian galian batu yang jaraknya 6-7 km dari Kota Bandung, atau jarak terdekat sekitar 4 Km juga ada.

Apa saja sektor pilihan?
Ada beragam pilihan. Pertama, pendampingan pendidikan untuk siswa sekolah mulai dari anak-anak hingga remaja. Misalnya pendampingan bimbingan belajar. Kursus Bahasa Inggris juga dibutuhkan. Bisa mengajar di kampung-kampung tertentu atau bisa juga mengajar di Kantor Odesa Indonesia.

Kedua, sektor garapan pendampingan ketrampilan, seperti kursus menjahit, kursus menyulam, kursus dagang, kursus keuangan rumah tangga, dan ilmu pengetahuan apapun. Sektor ini ditempatkan pada kelompok ibu rumah tangga.

Ketiga, pendampingan pertanian. Jika Anda punya pengalaman ilmu agribisnis, para petani membutuhkan trainer-trainer untuk inovasi pertanian. Kursus pembibitan tanaman obat, pengolahan pasca panen, marketing hasil pertanian dan lain sebagainya, sangat dibutuhkan. Penempatan dan pilihan model training bisa disesuaikan dengan jadwal Anda.
Keempat, ilmu perikanan. Ini sangat dibutuhkan karena di Cimenyan sumber air begitu bagus dan ilmu perikanan skala domestik belum berkembang secara baik. Banyak air mubazir melewati pekarangan. Banyak pula kolam ikan yang tidak berkembang. Jika anda punya kemampuan dan tertarik pemberdayaan sektor perikanan ini, Odesa bisa memilihkan tempat kegiatan di beberapa kampung.

Keempat, kursus masak. Banyak sekali ibu-ibu rumah tangga yang terbatas pengetahuan ilmu dapur. Banyak hasil panen yang tidak diolah secara modern. Pemanfaatan bahan baku dari hasil panen semestinya membuat ibu-ibu mahir mengolah masakan, termasuk menjadikan makanan olahan untuk komoditas komersil. Jika Anda memiliki ilmu pengetahuan dan punya kesediaan mengabdi untuk masyarakat, bidang ini dibutuhkan.



Kelima, kursus teknik dan pertukangan. Jika Anda punya kemampuan salahsatu dari dua bidang ini, bisa menggelar kursus-kursus untuk para buruh tani, pemuda atau remaja. Membekali warga yang terbelakang dalam pendidikan dengan teknik ketrampilan bidang ini sangat baik untuk memajukan kehidupan masyarakat Cimenyan.

Bagaimana pelaksanaannya?
Mengingkat banyak tempat yang bisa dipilih, Odesa Indonesia mendorong individu atau kelompok untuk terjun langsung ke level warga. Untuk basis pendampingan pendidikan bisa langsung mengambil level RT, RW atau Kampung atau gabungan kampung yang terdekat. Sedangkan untuk pendampingan ekonomi lebih tepat masuk ke jajaran individu atau kolektif kecil di level RT.

Model kerelawanannya bagaimana?
Disarankan Anda membawa tim kolektif untuk pendampingan warga ini. Memiliki komunitas pengabdi sosial sangat baik untuk bergiat di Cimenyan. Model kerjanya akan lebih menyenangkan daripada bergiat secara individu, terlebih jika menyangkut urusan pendanaan. Tentu sangat penting partisipasi kolektif. Dengan partisipasi kolektif, Anda dan teman-teman Anda bisa menggalang dana lebih optimal untuk pembiayaan kerja Tim Anda. Tetapi jika tidak memiliki tim kolektif, bisa bergabung dengan tim kerja Odesa Indonesia dan terintegrasi dengan garis kerja tim lapangan. Sementara jika bekerja atas dasar tim kolektif, bentuk kerjanya bisa memakai kemitraan antar keorganisasian dengan Odesa Indonesia.

Bagaimana mengatur jadwal?
Ini yang sering menjadi masalah orang kota. Tetapi soal waktu sebenarnya bisa diatur dengan alokasi khusus. Misalnya setiap pekan satu kali datang ke kampung binaan.Atau anda bisa memilih jadwal model lain. Jarak tempat dari perkotaan Bandung tidak jauh. Misalnya dari kawasan Perumahan Arcamanik Indah, hanya butuh waktu sekitar 10-10 menit perjalanan sudah bisa sampai lokasi di kampung-kampung tertinggal.



Apa saja yang perlu dipersiapkan?
Secara umum tidak perlu ribet. Kendaraan bermotor cukup untuk modal terjun ke kampung-kampung perbukitan. Soal tempat koordinasi, Yayasan Odesa Indonesia terdapat Kantor yang ditempatkan di desa, di Kampung Cisangarung, 1 km dari kawasan Curug Batu templek. Anda bisa menggunakan untuk tempat diskusi, kumpul, istirahat dan aktivitas lain. Selain itu, relawan Odesa Indonesia juga sudah mengenal para petani di puluhan kampung-kampung di Desa Mekarmanik, Desa Cikadut, Desa Cimenyan, Desa Mandala Mekar, hingga desa Ciburial.

Apa keuntungan menjadi relawan di kampung-kampung Cimenyan?
Secara sosial Anda akan terpuaskan karena bisa berbagi ilmu, berbagi waktu, dan memberikan perhatian terhadap sesama. Jiwa spiritual sosial kita akan semakin kuat dan kita akan mendapatkan sejuta pengetahuan dari lapangan; tentang kondisi alam yang indah, tentang kemiskinan hidup buruh tani, tentang model kehidupan orang-orang yang tersisihkan dari gelombang modernisasi, dan juga hasil panen. Bahkan dengan perkenalan yang mendalam dengan warga, kita bisa memungkinkan membuka peluang untuk berbisnis bersama para petani, dan ini sangat dianjurkan. Dengan Anda mengambil peranan bisnis, seperti perdagangan hasil panen atau pengolahan pasca panen misalnya, bisa memberikan dampak positif kepada para petani yang tertinggal dalam hal berekonomi secara modern. Dorong mereka akan maju berpikir, sehat jasmani, dan muncul karakter-karakter warga desa yang mandiri dan kreatif.

Kapan Anda harus melakukan?
Ya ini pertanyaan. Hayo kapan? Jangan menunda kebaikan. Jangan merasa berat, datangi lokasi, simak kehidupan desa yang berbeda dengan kota. Majukan bangsa melalui penguatan Sumber Daya Manusia Desa dan urus Sumberdaya Alam Desa.

Alam desa akan menyegarkan ruhani kita. Datanglah. Faiz Manshur. -Ketua Yayasan Odesa Indonesia.

Baca Pegiat Sosial Yayasan Odesa Indonesia
Baca Mengenal Odesa Indonesia
Baca Banyak Pilihan Program Odesa Indonesia di Kawasan Bandung Utara
Baca Lokasi Kegiatan Odesa Indonesia

1 Trackback / Pingback

  1. Mereka Bahagia: Seumur Hidup Pertama Kali Terima Bingkisan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*