Mengapa setiap hari kita perlu daun kelor?

Pada daun kelor (moringa oleifera) terdapat banyak manfaat. Beragam penelitian tidak memperlihatkan indikasi yang membahayakan untuk manusia dan hewan apapun. Gizinya teramat baik untuk anak-anak, ibu hamil, orang dewasa, sehat maupun sakit.

Ada banyak inovasi untuk mendapatkan manfaat kandungan gizi dari kelor, salahsatunya adalah penggunaan bubuk yang dikelola secara modern. Namun pada bubuk kelor tidak semua hal kemudian menjadi lebih baik, terutama dalam hal memperoleh vitamin. Ada banyak kelebihan pada bubuk karena melejitnya sejumlah gizi, tetapi untuk akses vitamin A, E, C dan sejumlah kalsium, daun kelor segar atau kering juga cukup banyak memberikan gizi kepada kita.


kandungan daun
DAUN SEGAR UNTUK SAYURAN
Semua daun dari kelor memilik kandungan gizi. Segar, Kering atau Bubuk/serbuk masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan daun kelor segar di antaranya adalah lebih tingginya Vitamin A, E, dan C. Sejauh ini belum ada sajian khusus tentang porsi yang wajar, tetapi untuk 100 gram daun basah sudah sangat cukup untuk sayuran yang dikonsumsi 2-3 orang.

DAUN KERING UNTUK TEH

Ada data menarik dari Katrhyn yang melaporkan kandungan gizi Kelor dari The Indian Council of Medical Research Nutritive Value dan The Food and Agriculture Organization West African Food Composition yang memberikan kesimpulan bahwa untuk mendapatkan gizi yang baik dari daun Kelor cukup mengonsumsi 15 ml cairan minuman (setara 1 sendok makan) sekali minum setiap hari satu kali. Ini berlaku untuk anak usia 1-3 tahun.

Untuk orang dewasa rekomendasi kewajarannya bisa meraih gizi dari 1 kelipatan (2 sendok daun kering) dalam satu kali seduh atau dua kali seduh setiap hari. Lebih dua kali lipat dari itu juga tidak masalah, apalagi bagi pemilik badan yang besar. Dosis ini sangat fleksibel karena bukan soal medis/obat, melainkan soal penentuan standar minimal mendapatkan gizi.

Pada daun kering maupun segar (bukan bubuk) untuk anak-anak sangat cocok karena mengandung sejumlah besar magnesium, zat besi, folat, dan vitamin B-6, A, C, dan E yang dibutuhkan anak-anak.

Pada minuman daun kelor kering juga mengandung banyak kalsium, niacin, protein dan serat makanan.
Dengan kata lain, teh daun kelor kering ini memiliki keunggulan dalam vitamin.

SARAN POLA MAKAN KELOR
Kebanyakan dari konsumen di perkotaan tentu akan lebih banyak memilih serbuk kapsul kelor. Dan itu terkadang membuat kita kangen akan situasi alami dari manfaat kelor yang alami. Ada baiknya sebagai konsumen kelor kita mengombinasikan jenis-jenis asupan. Terkadang sayuran kelor karena itu sangat menarik sebagai menu gizi rumah tangga, dan secara rutin minum teh kelor. Pada kebutuhan di luar rumah barulah kita menggunakan serbuk/kapsul.-Anjar

Mendapatkan Teh Kelor yang Baik



1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*