Kelor untuk Hewan Piaraan Kita

Kesehatan tubuh sangat bergantung dengan asupan gizi. Kelor bukan hanya menyehatkan tubuh manusia, melainkan juga hewan

Saya menguji Kelor (moringa oleifera) pada kelinci sakit dan itu sangat baik. Berlangsung berulang kali dalam masa lebih 3 bulan. Bahkan dalam keadaan kelinci yang sakit parah, kelor menolongnya. Demikian juga pada kucing yang sedang mengalami pesakitan. Kelor membantu pemulihan tubuh sehingga kucing kembali bugar.

Kelor untuk Hewan Piaraan
Kelor untuk Hewan Piaraan

Demikian juga dengan ayam-ayam peliharaan saya. Karena kebutuhan ayam pada karbohidrat, protein dan mineral cukup banyak, maka kehadiran kelor dibutuhkan oleh ayam. Bahkan di Nigeria, kelor menjadi pakan unggas yang utama karena meningkatkan produktivitas dan efisiensi pakan.

Pada ayam-ayam saya yang sakit kemudian cepat sembuh setelah mengonsumsi kelor itu artinya kelor memberikan gizi yang baik untuk menyelesaikan masalah yang bermula dari perut.

Bibit dan Teh Kelor Taoci Bandung

Kandungan Gizi Kelor untuk Hewan

Pengetahuan sederhana saya tentang kandungan gizi hanya bisa menyimpulkan, bahwa dalam keadaan sakit tubuh akan mengalami persoalan pada kekebalan. Bisa menyangkut bakteri pada usus, tulang menyangkut kalsium, peradangan, aliran darah, mungkin juga vertigo. Hampir semua pokok persoalan diakibatkan oleh makanan.

Seandainya itu karena masalah perubahan cuaca, toh pada akhirnya penyebab mengapa perubahan cuaca mengakibatkan sakit disebabkan gizi kurang baik sehingga ketahanan tubuh mudah susut. Pada hewan seperti kucing, kelinci, anjing yang banyak mengambil makanan komersil, apalagi memilih pakan murah dengan kualitas rendahan penyakit bisa kapan saja menyerang hewan milik kita. Karena gizi rendah biasanya dalam setiap bulan akan terjadi persoalan pada hewan piaraan kita.

Praktik Botani Tanaman Obat Cimenyan Odesa

Cara sederhana kita dalam usaha menjaga kesehatan hewan tentu dengan gizi makanan, dan kelor merupakan pilihan saya pada setiap beberapa hari sekali. Kelinci bisa memakan kelor diberikan secara langsung. Sedikit mereka memakan itu sudah cukup, maka kelor sangat baik untuk campuran.

Pada hewan seperti ayam, kucing atau anjing kelor bisa diberikan dengan dibuatkan cairan. Khusus untuk ayam terkadang saya memberikan dalam bentuk daun dengan melemparkan ke kandang ayam dan mereka akan memakannya. Kelor Makanan Sehat untuk Anjing Kita

Kelor adalah makanan bergizi karena itu sebaiknya menjadi makanan rutin manusia dan hewan. Inilah cara terbaik memandang kelor dan tidak mendudukannya sebagai obat semata. Lebih baik sebelum sakit datang, kita perlu memberikan makanan bergizi tinggi ini kepada hewan piaraan kita.

Telah banyak penelitian tentang konsumsi kelor pada hewan piaraan dan itu menggembirakan karena hewan piaraan kita menjadi lebih sehat, seperti halnya manusia yang mengonsumsi kelor.

Sebagai makanan sehat, kelor saya berikan tanpa dosis khusus. Aturan pemberian pakannya rutin dalam 3-4 kali setiap pekan. -Faiz Manshur/odesa.id

Grup Pertanian Pengembang Kelor Bandung

Ada kegiatan Amal untuk Petani Bersama Odesa

MENGENAL GRUP PERTANIAN TAOCI BANDUNG

Tanaman Obat Cimenyan (TAOCI) adalah grup pertanian yang didirikan oleh Yayasan Odesa Indonesia untuk mengawal program perbaikan pangan di masyarakat. Tujuan Taoci Taoci adalah pendidikan pertanian bagi para petani agar mampu mendayagunakan kemampuannya untuk menghasilkan produksi pertanian dalam bidang 1) Tanaman Obat, 2) Tanaman Pangan, 3) Tanaman Ekosistem.

Pembibitan merupakan kerja paling mendasar karena pertanian kita mengalami kelemahan dalam penyediaan bibit-bibit tanaman di atas. Tanaman Obat yang paling utama mendapat prioritas garapan adalah Moringa Oleifera (Kelor) karena memiliki beberapa manfaat strategis, yaitu penyedia gizi multivitamin (sumber pangan penting manusia dan ternak) memiliki nilai untuk pengobatan beragam penyakit (sumber pengobatan alami) dan juga berguna untuk ekosistem karena kemampuannya memperbaiki tanah dan air.

Grup Taoci secara bertahap juga mengembangkan tanaman obat lain seperti Buah Tin/Ara, Bunga Matahari, Hanjeli, Sorgum, Kopi, Gingseng Jawa, Anggur, Bidara, Jeruk, Daun Afrika, Durian, Mangga, dan lain sebagainya.

Kegiatan-kegiatan pertanian Taoci diarahkan untuk mengawal kemajuan pertanian, terutama di kalangan petani Pra-Sejahtera (Sangat Miskin) melalui basis pertanian Pekarangan dan Ladang di Cimenyan Kabupaten Bandung. Semangat yang mendasari kegiatan ini adalah pendidikan pertanian berkelanjutan dengan meningkatkan kapasitas pembibitan, kapasitas perawatan tanaman, kapasitas pengolahan pasca panen, dan kapasitas perdagangan.

Sistem kegiatan dilakukan melalui pendampingan secara rutin, bertahap dan berkelanjutan sehingga memungkinkan berkembangnya Sumber Daya Manusia (SDM) penghasil pangan berkualitas. Taoci bergiat membawa spirit Odesa Indonesia dalam bidang Pangan, Ternak, Literasi dan Teknologi. Empat pilar ini menjadi landasan kerja melalui sistem pendidikan yang terintegrasi, terarah dan terukur menuju suatu target perbaikan hidup warga pra-sejahtera, terutama pada mereka yang yang hidup tanpa pemenuhan hak-hak sebagai warga negara.

Kita membuka kesempatan yang baik untuk mereka yang mengalami marginal dalam ekonomi, pendidikan dan kesehatan sehingga setiap gerakan pertanian juga membuka cakrawala perbaikan kualitas hidup rumah tangga di perdesaan. Mereka, para buruh tani (pra sejahtera) adalah penyedia pangan yang memiliki keterbatasan ilmu pengetahuan, modal dan teknologi yang menjadi syarat dasar perkembangan pertanian.

Jangan biarkan para penyedia pangan itu tidak berkembang, apalagi frustasi sehingga tidak mampu mengurus pertanian. Mereka adalah aset besar bangsa ini, yang akan menjawab problem ketersediaan pangan Bangsa Indonesia. Perbaikan dilakukan melalui basis Sumber Daya Manusia (SDM) agar mereka memiliki kemampuan mengolah Sumber Daya Alam (SDA). Dengan memahami ruang lingkup hubungan SDM dan SDA ini kita bergiat dengan melihat konteks persoalan. Ada sejuta problem dalam kehidupan mereka, sekaligus ada sejuta peluang untuk perubahan.  Baca selanjutnya Taoci: Penyedia Tanaman Obat Bandung

This Post Has One Comment

Tinggalkan Balasan