Kelor: Makanan Sehat untuk Anjing Kita

Anjing piaraan kita sering mengalami problem obesitas. Terutama anjing usia lanjut, kolesterolnya sering sulit dikontrol. Kelor kini hadir memberikan solusi.

Problem pencernaan bukan hanya pada manusia. Tak terkecuali pada anjing kesayangan kita. Apalagi anjing yang kita beri makan dari pelet komersial itu sering kelebihan lemak dan kurang seimbang dalam hal serat sehingga mengalamai lipoprotein densitas yang rendah atau yang kita kenal kolesterol jahat.

Anjing akan mengalami problem ini karena ia hidup dalam ruang domestik kita yang mungkin terlalu manja sehingga soal makanannya mengalami problem. Tumbuhan menjadi penting untuk mengontrol itu, dan kelor (moringa oleifera) sudah terbukti ampuh menjadi solusi. Sudah banyak kisah tentang pentingnya anjing atau kucing mengonsumsi kelor, dan mereka sangat suka sekali. Minuman dari daun kelor yang kita rebus membuat Anjing merasakan kelahapan yang sangat. Itu indikasi bahwa tubuh anjing kita sangat membutuhkan nutrisi yang cocok bagi tubuhnya.

Dengan sering memberikan kelor sebagai bagian makanan anjing sehari-hari kita akan diuntungkan oleh beberapa hal, di antaranya adalah mencegah kegemukan, mengurangi penyakit jantung, melancarkan peredaran darah, berperan mengurangi nafsu makan yang berlebihan. Dampaknya nanti anjing kita akan lebih lincah, lebih segar dan ia akan senang karena mendapatkan makanan yang cocok.

Berapa takaran konsumsi kelor untuk Anjing
Sebagai suplemen makanan dengan teh kelor kita tidak terlalu repot akan takaran/dosis-nya. Melalui prakiraan umum untuk anjing kecil 1 sendok makan setiap hari. Untuk anjing yang besar bisa diberikan 2 sendok makan setiap hari. Daun teh kering (hijau) atau serbuk kelor itu kita rebus atau kita kucuri air panas mendidih. Setelah hangat atau dingin kita sajikan kepada anjing kita. Sedangkan takaran pemberian bubuk/serbuk daun kelor untuk Anjing cukup separoh dari takaran teh daun kelor. Serbuk/bubuk daun kelor tersebut dicampurkan pada makanan lunak atau melalui air minum.

Pemberian makanan kapan saja dilakukan. Seperti manusia, Anjing butuh rutinitas tiada henti hingga 3 minggu pada masa awal agar terus mengonsumsi. Kalau sekiranya ada diare ringan tidak akan masalah karena itu hanya akan terjadi pada 2-3 hari pada masa awal, sebagai bukti hancurnya lemak-lemak yang susah diurai di dalam perut.

Selain untuk kebutuhan suplemen harian, Kelor juga sangat baik untuk mengobati Anjing yang mengalami sakit yang disebabkan masalah pencernaan dan stres. -Agung

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. DCLOVERS: Sembilan Program untuk Kucing Bandung – Odesa Indonesia
  2. DCLOVERS: Sembilan Program untuk Kucing Bandung – Odesa Indonesia

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*