donasi online

5 Keunggulan Donasi Online Zaman Now

Dalam era digital yang terus berkembang, tren donasi online telah menjadi semakin populer dan memainkan peran penting dalam memberikan bantuan kepada sesama yang membutuhkan.

Alasan di balik popularitas donasi online adalah karena kemudahannya, transparansinya, dan dampak positif yang dapat diciptakan.

Untuk memahami lebih dalam mengenai keunggulan donasi online zaman now, penting untuk menyoroti lima aspek utama yang membuatnya menjadi pilihan yang menarik bagi para donatur. Artikel ini juga dilengkapi tips aman berdonasi online. 

5 Keunggulan Donasi Online Zaman Now

Berbagi melalui platform digital memberikan banyak manfaat dan manfaat baik bagi donatur, lembaga perantara, maupun penerima. Simak manfaat donasi online berikut ini:

1. Lebih Praktis

QRIS
QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). Sumber: qris.online

Dibandingkan penggalangan dana tradisional, donasi digital tentu  jauh lebih nyaman. Sebagai donatur, Anda tidak perlu lagi mengunjungi lokasi penggalangan dana.

Anda dapat berdonasi kapan saja, di mana saja. Anda juga bisa membayar tanpa menggunakan uang tunai sehingga lebih praktis. Anda dapat memilih metode pembayaran pilihan Anda. Transfer bank, virtual account, QRIS e-wallet. Oleh karena itu, Anda dapat berdonasi sesuai dengan kemampuan Anda.

2. Privasi Terjaga

Diketahui bahwa kegiatan amal paling baik dilakukan secara rahasia. Hal ini seperti pepatah yang mengatakan bahwa sedekah itu diberikan oleh tangan kanan, namun tangan kiri tidak boleh mengetahuinya. Memberi secara online adalah cara sempurna untuk melakukan hal ini. Saat berdonasi, Anda dapat menyembunyikan identitas Anda atau menggunakan nama “Hamba Allah”. Berdonasi secara online juga bisa lebih nyaman karena terasa lebih privat.

3. Target Terjangkau Luas

Keuntungan berdonasi secara online selanjutnya adalah audiens donatur dan penerima donasi lebih luas dan tidak terbatas pada segmen atau kelompok tertentu. Misalnya, terjadi bencana alam di satu wilayah. Maka masyarakat yang berada jauh bisa berkontribusi tanpa harus datang langsung ke daerah yang terkena dampak.

4. Transparan

Penyaluran donasi dikomunikasikan secara transparan kepada donatur. Setelah berdonasi, donatur biasanya menerima laporan melalui saluran komunikasi seperti email, WhatsApp, dan pesan teks. Laporan jumlah donasi yang diterima dan penyalurannya juga akan dipublikasikan di website resmi dan media sosial lembaga terpilih.

5. Pengumpulan Dana Lebih Cepat

Keuntungan lain dari sedekah online adalah proses penggalangan dana  jauh lebih cepat. Jumlah penagihan ke rekening khusus dihitung dengan cara yang sama, sehingga tidak perlu lagi menghitung jumlah penagihan secara manual. Dengan begitu,  dana bisa lebih cepat tersalurkan kepada pihak-pihak yang membutuhkan.

Tips Aman Berdonasi Secara Online

Meskipun donasi via online mudah dilakukan, namun tetap saja ada risiko penipuan. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan platform yang Anda pilih, termasuk keandalannya dalam mengumpulkan dan menyalurkan dana. Untuk menjadi donatur, Anda perlu memilih platform dan institusi yang tepat.

Untuk memandu Anda, berikut beberapa tips memberi secara online bagi mereka yang ingin berbagi dengan lebih aman. Periksa platform tujuan pengiriman uang. Pilihlah institusi atau platform yang memiliki legalitas dan akreditasi resmi dari institusi terkait.

Selain itu, lakukan tinjauan profil platform dengan cermat sebelum melakukan amal atau donasi apa pun secara online. Baca ulasan dari pengguna yang telah menggunakan platform  untuk mengetahui kesan mereka terhadap segala hal mulai dari kemudahan pembayaran hingga pengarsipan dan pendistribusian laporan amal.

Periksa kelengkapan informasi. Lembaga dan platform yang baik biasanya memberikan informasi komprehensif tentang program filantropi, tujuan, manfaat, kegiatan, dan distribusinya.

Donasi Online Terpercaya di Odesa Indonesia

Odesa Indonesia merupakan lembaga yang dapat dipercaya dalam bidang amal sosial. Tidak hanya menyalurkan bantuan atau aman-sosial, tetapi juga melakukan kegiatan pemberdayaan secara serius kepada target masyarakat.

Anda dapat mengunjungi website resmi Odesa Indonesia untuk mengetahui program-program kerja yang sudah Odesa Indonesia lakukan dalam memberikan bantuan amal-sosial maupun pemberdayaan masyarakat.

Lalu, bagaimana cara donasi Odesa Indonesia?

  1. Anda dapat membuak website resmi Odesa Indonesia disini https://odesa.id/
  2. Lalu pilih Home > dan pilih Menu Donasi Kemanusian dan Sosial
  3. Di Menu Donasi Kemanusiaan dan Sosial, Anda dapat memilih untuk berdonasi melalui bank transfer yaitu Mandiri atau di website com.
  4. Jika Anda memilih berdonasi melalui bank transfer, jangan lupa untuk menyertakan kode tujuan donasi Anda pada akhir angka. Contohnya, kode donasi pendidikan yaitu 204. Anda ingin berdonasi uang sebesar Rp. 200.000,- sehingga saat Anda hendak melakukan input jumlah donasi, Anda dapat memasukan nominal sebesar Rp. 200.204.

Baca juga:

https://odesa.id/donasi-pendidikan-online-bantu-anak-meraih-impian/

https://odesa.id/tips-berdonasi-online-kemanusiaan-agar-tepat-sasaran/

https://odesa.id/cara-agar-donasi-online-kemanusiaan-tepat-sasaran/

Penulis: Nur Septiani.

Editor: Ni Made Florentina

Admin: Alma Maulida

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja