4 sasaran bantuan fakir miskin

4 Sasaran Bantuan Fakir Miskin

Bantuan Fakir Miskin Harus Tepat Sasaran disertai Pendampingan

Ada 4 sasaran bantuan fakir miskin yang bisa Anda pilih. Tujuannya supaya bantuan, sumbangan, sedekah, zakat atau donasi Anda tepat sasaran dan berbuah kebaikan berkelanjutan.

Sahabat…..Bantuan atau sumbangan melalui crowdfunding seperti sedekah, zakat, wakaf, mesti dilakukan dengan cara yang baik. Kita bisa menyalurkan bantuan melalui organisasi yang rutin beraktivitas bersama orang-orang miskin dan melakukan kegiatan pendampingan. Dengan cara ini bantuan baru bisa mewujud secara tepat sasaran dan berkelanjutan.

Sebelum menyalurkan bantuan, kita perlu mengetahui bahwa di balik kemiskinan ada penyebab yang menyertai dan itu semua membutuhkan pendampingan. Jika ingin mengharap kebaikan berkelanjutan maka cara yang ditempuh juga harus berkelanjutan. Pendampingan secara rutin adalah solusi yang paling tepat.

4 Sasaran Bantuan Fakir Miskin: Air Bersih, Beasiswa, Usaha Tani Pekarangan, Bibit Buah Cegah Erosi.
4 Sasaran Bantuan Fakir Miskin: Air Bersih, Beasiswa, Usaha Tani Pekarangan, Bibit Buah Cegah Erosi.

Bantuan materi atau donasi Anda bisa disalurkan melalui Yayasan Odesa Indonesia untuk mengatasi kemiskinan di keluarga perdesaan pinggiran Kota Bandung (Tepatnya di Cimenyan, Cilengkrang dan Cileunyi (Kabupaten Bandung) dan beberapa daerah lain. Kami percaya bahwa kemiskinan harus dijawab dengan edukasi.

Karena itu selain menyumbang materi/modal harus disertai pendampingan. Kita tahu, masalah kemiskinan bukan sekadar materi, melainkan terkait dengan struktur masyarakat, kesempatan akses dan problem kultur.

Di Kawasan Bandung Utara kami menemukan tiga persoalan mendasar, yaitu ekonomi, pendidikan dan sanitasi. Di bawah ini ada beberapa program yang cocok sebagai penyaluran bantuan Anda. Manfaatnya akan berkelanjutan karena tidak sekadar derma, melainkan aksi pendampingan.

1. Bantuan Fakir Miskin Program Tani Pekarangan

Bantuan Fakir Miskin
Bantuan Fakir Miskin

Ekonomi keluarga miskin harus distabilkan. Sekalipun mereka tidak memiliki tanah di ladang tetapi masih punya lahan terbatas di pekarangan masing-masing. Kita menemukan solusi jitu dengan program tani pekarangan.

Manfaatnya luar biasa karena mampu menumbuhkan etos kerja buruh tani kecil dan para pengangguran.Pemanfatan lahan di halaman rumah terbukti efektif untuk penghematan ekonomi antara Rp 180.000 hingga Rp 300.000.

Dengan berhemat belanja, kebutuhan listrik atau sekolah anak tertangani. Bahkan saat ini mulai terlihat perkembangan pesat karena muncul perdagangan lokal dari hasil pertanian pekarangan.

Ada 400 petani yang telah melaksanakan program ini (sampai oktober 2021) dan ada lebih 1200 petani kecil yang siap melaksanakan kegiatan ini. Berdonasi di sini untuk menolong kehidupan fakir miskin dengan tani pekarangan kelompok Hotani (Himpunan Orang Tani Niaga) Bantuan Usaha Tani Pekarangan Atau bisa juga menyalurkan Zakat untuk Tani Pekarangan di sini Zakat Bantuan Modal Usaha Tani Pekarangan

2. Bantuan Fakir Miskin untuk Program Beasiswa dan Literasi

Ketika orang-orang miskin tidak punya kesempatan mendapatkan pendidikan, di situlah kemiskinan bisa kekal dan menurun pada anak cucunya. Anak-anak buruh tani yang kurang mampu ekonominya punya beban menyekolahkan anaknya.

Akses sekolah yang jauh menjadikan biaya harian sekolah mahal. Putus sekolah pada usia SMP biasa terjadi. Pernikahan dini pun merebak. Memberikan beasiswa masuk pesantren dan bersekolah adalah solusi terbaik. Ada yang SMP/MTs, SMA/MA dan kita usahakan sampai bisa berkuliah.

Inilah cara terbaik mewujudkan perubahan sosial. Pesantren di luar Bandung menjadi solusi untuk mereka supaya anak-anak itu mendapatkan pergaulan yang lebih luas dan tidak terikat hidup keseharian dengan keluarganya yang berkultur miskin.

Donasi beasiswa Anak Petani Miskin Salurkan di sini Beasiswa Anak-Anak Petani

Ketika banyak sekolah di kota gegap-gempita dengan kemajuan, anak-anak desa bersekolah pada sekolah formal yang kualitasnya buruk. Ini jelas persoalan besar terlebih pada terhentinya kegiatan sekolah di masa pandemi.

Banyak dari mereka yang sudah kelas 5 SD urusan baca tulis pun lemah karena guru-guru di sekolahnya juga kurang berkualitas. Inisiatif Odesa adalah mengirim para relawan dari kalangan mahasiswa agar rutin mengajar anak-anak di desa-desa.

Sudah terdapat 12 kampung yang memiliki program literasi dengan gerakan sekolah Sabtu-Minggu (Samin). Dengan menerapkan kegiatan literasi yang berpijak pada karakter, peduli lingkungan dan kaya wawasan anak-anak desa mendapatkan wawasan hidup yang lebih maju.

Donasi Program Pendampingan Literasi Sabtu Minggu salurkan di sini Bantu Anak-Anak Petani Belajar Sabtu Minggu

3. Bantuan Fakir Miskin untuk Air Bersih dan Pembangunan Toilet 

Bantuan Fakir Miskin
Bantuan Fakir Miskin

Ketika air hadir ke tempat dekat, mereka bisa lebih efektif bekerja. Dengan adanya air bersih dan toilet yang layak, derajat kesehatan mereka lebih terjadi. Anak-anak terbebas dari bahaya bakteri Escherichia coli (E. coli).

Sampai awal tahun 2021 ini Odesa Indonesia telah berhasil membangun 30 sarana MCK dari target 140 lokasi keluarga pra-sejahtera di Kawasan Bandung Utara yang membutuhkan perbaikan sanitasi.

Donasi program sanitasi dengan menyediakan air bersih dan membangun toilet sehat Bantu Air Bersih dan Toilet

4. Bantuan Fakir Miskin untuk Mencegah Erosi dan Meningkatkan Gizi 

Bantuan Fakir Miskin
Bantuan Fakir Miskin

Ada kenyataan kerusakan lingkungan menjadikan masyarakat semakin terpuruk. Di Kawasan Bandung Utara banyak petani semakin susah berekonomi dan kesulitan air akibat alih-fungsi lahan. Banyak ladang berubah menjadi padang pasir dan itu menyulitkan para petani. Gagal panen sering terjadi dan kesulitan air semakin menyengsarakan mereka.

Kemiskinan petani juga bisa diatasi dengan penambahan bibit tanaman buah. Sepanjang 4 tahun menjalankan program ini, banyak petani yang senang karena menghasilkan panen buah. Hasil panen buahnya memperbaiki keluarga, kelebihan panennya dijual meningkatkan ekonomi, dan pohon yang hidup mencegah erosi. Bibit-bibit tanaman yang dibutuhkan antara lain adalah pohon durian, nangka, sirsak, sukun, manggis, kelengkeng, matoa, jeruk, jambu, pete, kelor, jengkol, papaya dll.

Donasi bibi tanaman untuk menghasilkan gizi dan mencegah erosi Donasi Perbaiki Gizi Cegah Erosi

Jika Anda mau berdonasi melalui transfer bisa ke Yayasan Odesa Indonesia, 1310003301555 (Bank Mandiri). Konfirmasi 0821-1720-4059

Campaign Ragam Pilihan Bisa juga dibaca di sini Ragam Pilihan Donasi untuk Kebaikan

MANFAAT APA YANG AKAN DIPEROLEH UNTUK MEREKA?

Bantuan anda sangat berarti bagi mereka dan akan memberikan manfaat berkelanjutan bagi mereka yang sangat membutuhkan:

Membantu Mensejahterakan Rakyat Miskin. Donasi anda mampu membantu perekonomian warga di pedesaan Bandung yang miskin.

Mengembangkan Usaha. Donasi digunakan juga untuk mengembangkan usaha masyarakat pedesaan agar mereka punya pendapatan berkelanjutan.

Memberikan Kebaikan Berkelanjutan. Dengan program pendampingan, donasi anda akan membantu mereka terus-menerus.

Meningkatkan Taraf Pendidikan. Donasi anda memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk mengenyam pendidikan.

Selain itu masih ada banyak manfaat lain bagi mereka yang miskin. Donasi anda sangat berarti bagi mereka.[]

Profile Organisasi Odesa bisa diketahui  Tentang Odesa Mengenal Odesa Indonesia

Kiprah Odesa Kiprah Odesa

Pengurus Odesa Pengurus Odesa Indonesia

INSTAGRAM ODESA INDONESIA IG Odesa Indonesia untuk Pergerakan Sosial

3 komentar untuk “4 Sasaran Bantuan Fakir Miskin”

  1. Pingback: Orang Miskin Menonton Kemakmuran - ODESA INDONESIA

  2. Pingback: Fakultas Ilmu Budaya UI Membahasa Kemiskinan

  3. Pingback: Kawasan Pinggiran Bandung Butuh Tanggungjawab-Sosial - ODESA INDONESIA

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja