4 Rahasia Teknologi Pertanian China yang Semakin Maju

Melihat Teknologi Pertanian China yang Semakin Maju.- Pertumbuhan pertanian di suatu daerah dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti keistimewaan daerah, keunggulan daya saing, dan potensi pertanian yang dimiliki. Untuk bisa memaksimalkan setiap faktor tersebut tentunya dibutuhkan teknologi pertanian yang mendukung sehingga hasilnya akan lebih optimal.

Pertanian China dikenal sangat modern dengan memanfaatkan berbagai macam teknologi masa kini dalam membantu sistem pertaniannya. Oleh karena itu, dapat dikatakan ketahanan pangan di China memang sangat baik. Negara ini memang sudah sejak lama memiliki ambisi untuk menjadi pemasok lumbung terbesar di dunia.

Teknologi China
Teknologi Pertanian China Perlu Kita Pelajari.

Teknologi Pertanian China yang Luar Biasa

Untuk bisa sampai di titik kemajuan bidang pertanian seperti sekarang tentunya ada perjalanan panjang yang dilalui oleh negara China. Salah satu kebijakan pertanian yang diterapkan oleh negara ini adalah membangun infrastruktur modern yang akan meningkatkan produktivitas sekaligus menekan harga.

Selain itu, ada beberapa kebijakan dan upaya lain yang dilakukan oleh China untuk bisa meningkatkan kualitas sistem pertaniannya. Berikut 5 rahasia kemajuan teknologi pertanian di China yang seharusnya dipelajari juga oleh negara-negara lainnya.

1. Mengubah strategi pertanian dari konvensional ke modern.

Salah satu langkah besar yang diambil oleh China untuk mengubah strategi pertanian menjadi lebih modern adalah menekan jumlah petani. Langkah ini sudah dilakukan sejak tahun 2011.

Para petani tersebut kemudian dialihkan profesinya ke beberapa pekerjaan di bidang industri. Sementara itu, untuk produksi padi, China mencoba mengaplikasikan cara yang lebih modern dengan memakai bibit hibrida dan mengembangkan smart farm.

Smart farm merupakan kebun canggih yang digagas oleh Zhan, seorang CEO Sanan Sino-Science. Kebun canggih tersebut diklaim bahkan dapat tetap bertumbuh meskipun tanpa penggunaan tanah dan sinar matahari secara alami. 

drone pertanian
Drone sebagai salahsatu teknologi pertanian China yang massih dimasyarakatkan.

2. Menciptakan banyak jenis drone dan robot untuk memudahkan pekerjaan pertanian.

China selalu berupaya untuk mengembangkan berbagai macam teknologi agar proses produksi bidang pertanian bisa berjalan lebih efektif dan efisien. Salah satunya adalah penggunaan drone untuk penyemprotan pestisida yang sudah mulai dilakukan sejak tahun 2020.

Bukan hanya drone, China juga mengembangkan robot yang dapat membantu proses produksi menjadi lebih cepat dan mudah. Tidak hanya mengembangkan, tapi China juga memproduksi drone khusus ini bekerja sama dengan pabrik drone terbesar di dunia.

3. Mengembangkan pertanian atap perkotaan.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Urban Forestry and Urban Greening mengembangkan perangkat yang dapat digunakan untuk membuat perkebunan di atas atap rumah. Tentunya penelitian ini dapat menjadi inovasi yang perlu dikembangkan juga di berbagai negara lainnya.

Teknologi ini menjadi pilihan yang sangat tepat terutama bagi daerah yang padat penduduk dengan tingkat industrialisasi dan urbanisasi terus meningkat. Sehingga dengan mengembangkan pertanian atap perkotaan juga bisa membantu memperkuat ketahanan pangan bagi negara tersebut.

4. Mendorong masyarakat untuk memanfaatkan teknologi sebaik mungkin.

Para petani memanfaatkan sosial media dan teknologi saat ini untuk membagikan video dan melakukan penjualan yang besar melalui fasilitas tersebut. Setiap lapisan masyarakat terus didorong untuk bisa mengikuti dan mengoptimalkan penggunaan teknologi terutama di bidang pertanian.

Begitu juga dengan penggunaan berbagai macam teknologi canggih untuk mengoptimalkan pengolahan lahan pertanian dan proses produksinya. Tentu saja dalam penggunaan teknologi pertanian ini bukan hanya dibutuhkan edukasi, tetapi juga bantuan pengadaan peralatan canggih tersebut kepada para petani.

Teknologi China
Teknologi Pertanian China maju pesat.

Dorongan dan dukungan penuh dari pihak pemerintah China untuk memodernisasi sektor pertanian menjadi salah satu faktor penting keberhasilan pertanian negara tersebut. Dalam beberapa tahun belakangan memang China terus berusaha melakukan beragam investasi bidang pertanian.

Berinovasi dengan beragam teknologi yang dapat memudahkan pekerjaan para peyani. Bahkan saat ini China sudah berhasil swasembada dalam produksi pangan dan menjadi eksportir produk pertanian utama.

Sektor pertanian memang memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan negara, terutama dalam hal ketahanan pangan dan perekonomiannya. Sehingga mengelola sektor pertanian juga perlu mendapatkan perhatian tersendiri terutama dari pihak pemerintah, begitu juga dengan kemauan untuk berkembang dari para petani yang terjun langsung mengurus lahan. Sehingga produktivitas pertanian bisa semakin meningkat dan efektif proses pengolahannya.

Penulis: Arinda Eka Putri.

Admin: Fadhil Azzam

Jika Anda ingin Berkontribusi Pada Peningkatan Pangan dan Perbaikan Lingkungan. Bisa berdonasi di sini.

Basuki Suhardiman Bicara Tentang Teknologi Pertanian dan Perubahan Iklim.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja