pemberdayaan masyarakat

5 Manfaat Gerakan Kebaikan Menanam Bibit Buah

5 Manfaat Gerakan Kebaikan Menanam Bibit Buah

Gerakan kebaikan menyebarkan bibit tanaman buah, selain bermanfaat memperbaiki lingkungan pertanian juga meningkatkan ekonomi dan memperbaiki gizi keluarga petani.

Gerakan Kebaikan Membagi Bibit Buah.
Gerakan Kebaikan Membagi Bibit Buah.

Dengan kata lain,penyebaran tanaman buah-buahan bagian penting dalam usaha memperbaiki alam dan memperbaiki kualitas hidup manusia. Strategi ini yang dilakukan oleh Yayasan Odesa Indonesia yang sejak tahun 2016 hingga saat ini.

Terhitung delapan tahun hingga 2023, Odesa Indonesia setiap tahun rutin membagikan bibit buah-buahan seperti sirsak, nangka, sukun, durian, matoa, mangga, jeruk, jambu, termasuk tanaman kopi, kelor dan hanjeli.

Menurut data internal Odesa Indonesia, sepanjang delapan tahun tersebut telah tersebar lebih 800.000 bibit tanaman di Kecamatan Cimenyan, Cilengkrang dan Cileunyi Kabupaten Bandung Jawa Barat.

“Bibit pohon bukan sekadar menghasilkan oksigen atau sekadar mengikat tanah supaya tidak erosi. Tetapi bisa memberi dampak pada kualitas hidup manusia. Terutama pada tanaman penghasil gizi seperti buah-buahan kami punya bukti bahwa itu mampu mengubah kehidupan masyarakat,” ujar Ketua Yayasan Odesa Indonesia, Faiz Manshur saat melakukan gerakan kebaikan menanam pohon buah di Hutan Acamanik Cimenyan Kabupaten Bandung, (19/12/2023).

Manfaat dari Gerakan Kebaikan Menanam Pohon Buah

Gerakan Kebaikan Membagi Bibit Buah.
Gerakan Kebaikan Membagi Bibit Buah.

Tahukah kamu? Odesa Indonesia sudah membuktikan lho, bahwa dengan gerakan kebaikan ini bisa memberikan dampak signifikan pada kualitas hidup manusia.

Selama 8 tahun memobilisasi petani di Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, dengan menanam aneka bibit buah, gerakan kebaikan Odesa Indonesia mampu mendorong kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi lebih baik.

Yuk simak manfaat dari menanam pohon buah agar kamu bisa ikut serta dalam menyebar gerakan kebaikan bersama Odesa!

  1. Memperbaiki Kualitas Lingkungan 

Gerakan menanam bibit buah dapat membantu mengurangi dampak pemanasan global, memperbaiki kualitas udara, menyuburkan tanah sekitar, mencegah erosi hingga memperbaiki ekosistem keanekaragaman satwa. Satu pohon buah yang kamu tanam akan sangat berarti bagi lingkungan dan masyarakat.

Jika kamu merasakan hawa panas tak biasa saat keluar rumah, itu merupakan salah satu dampak dari kerusakan lingkungan. Saatnya kamu memulai gerakan kebaikan bersama Odesa Indonesia atau melakukan di tempat kamu sendiri sebagaimana yang dilakukan oleh Odesa Indonesia.

  1. Menciptakan Sumber Pangan

Berbeda dengan masyarakat kota, kelompok masyarakat desa lebih jarang mengonsumsi buah-buahan lho! Sehingga dengan adanya gerakan kebaikan Odesa Indonesia ini mampu menciptakan sumber pangan yang mudah dijangkau oleh berbagai kalangan masyarakat.

  1. Memperbaiki Gizi Masyarakat 

Akibat dari ketidakmerataan akses dalam mengonsumsi buah, tidak sedikit petani dan masyarakat desa yang mengalami kekurangan gizi. Padahal buah menjadi salah satu sumber vitamin alami yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dari adanya perbaikan gizi di kalangan masyarakat desa, maka terdapat pula peningkatan pada kualitas kesehatan dan kualitas berpikir.

  1. Mengatasi Kemiskinan

Para petani yang mendapatkan bibit buah dari Odesa Indonesia sejak tahun 2016 sudah banyak merasakan manfaat ekonomi yang signifikan. Dengan hanya panen buah-buahan minimal satu tahun satu kali, para petani sudah bisa menikmati keuntungan. Keuntungan ini juga dirasakan oleh masyarakat lain yang berjualan. Dengan kata lain memberi dampak bagi matarantai perdagangan.

Dari segi ekonomi, gerakan kebaikan bersama Odesa Indonesia ini memunculkan manfaat yang lebih luas karena bisa menjawab problem kemiskinan di perdesaan karena menciptakan lapangan kerja. Dengan begitu, akan muncul mata rantai pekerjaan baru lainnya.

  1. Membuka Peluang Kolaborasi Antar Masyarakat

Gerakan kebaikan tanam bibit buah yang dipelopori oleh Odesa Indonesia ini melibatkan banyak petani dan kalangan masyarakat lainnya seperti mahasiswa, pebisnis, dosen, guru, wartawan, atau pengusaha dan banyak lagi.

Adanya kegiatan ini membantu membuka jaringan sosial yang lebih luas di kalangan para petani desa yang memiliki ruang lingkup sosial terbatas. Peluang kolaborasi pun tercipta bagi para petani mulai dari urusan bisnis hingga pendidikan. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya transaksi warga kota ke desa, termasuk warga kota bisa belajar tentang botani dan ekologi.

Ikut Gerakan Kebaikan Tanam Bibit Buah Bersama Odesa Indonesia 

Sekarang kamu sudah paham apa saja manfaat jangka panjang yang bisa dirasakan oleh masyarakat luas hanya dengan menanam bibit atau pohon buah?

Bukan hanya kualitas lingkungan yang memulih, namun juga berdampak positif dan menjadi solusi bagi permasalahan sosial lainnya.

Kamu bisa ikut serta dalam gerakan kebaikan Odesa Indonesia untuk memakmurkan dunia pertanian. Jika bisa kegiatan langsung kamu bisa hubungi Odesa Indonesia. Jika tidak bisa berkegiatan langsung bisa juga donasi. (Fina Fauziyah Afiyani)

Donasi Gerakan Kebaikan Sebarkan 100.000 Bibit untuk Petani

Mengenal Pemberdayaan Odesa Indonesia

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja