Yayasan Odesa Indonesia Lebarkan Sayap Pergerakan

PENDIRIAN ODESA INSTITUTE
Adalah sebuah divisi bidang pendidikan Yayasan Odesa Indonesia dengan menekankan Pembangunan Kapasitas Manusia (PKM). Divisi ini memiliki tanggungjawab untuk memajukan kegiatan bidang pendidikan informal yang sudah berjalan dan memperluas kegiatan di berbagai daerah.

Perpustakaan Keliling Odesa Institute

Fokus kegiatannya adalah pendidikan dengan target 1) Literasi untuk anak-anak desa, 2) Literasi untuk petani guna mendorong perbaikan pangan sehat, bergizi dan ramah lingkungan, 3) Mendorong kemajuan bidang kesehatan, terutama sanitasi.

Tanggal 4 Juni 2020 ditetapkan struktur kepengurusan sebagai berikut:

Manager Program
Ahmad Sauqy Ridho

Tim Kerja
Harti Tsaeni (Koordinator Sekolah Samin)
Rizky Alifza Ramadhan (Koordinator Digital)
Yayan Hadian (Koordinator Pertanian Taoci)

Di dalam Odesa Instute terdapat Struktur Cabang yang selama ini sudah menjalankan Program-Program Yayasan Odesa Indonesia:

Odesa Kabupaten Bandung: Pungkit Wijaya
Odesa Kabupaten Garut: Ramlan Gumilar
Odesa Kabupaten Temanggung; Andy Yoes Nugroho

DELAPAN PROGRAM PRIORITAS 2020-2021
Delapan Program skala prioritas yang akan dilaksanakan Odesa Indonesia sepanjang satu tahun. 4 Juni 2020- 3 Juni 2021.

  1. Memaksimalkan kegiatan sekolah Sabtu-Mingu (Samin) dengan menertibkan kegiatan yang sudah berjalan di 6 lokas; (sekebalingbing, singkur, cisanggarung, cikored, waas, merak dampit).

  2. Menambah lokasi kegiatan sekolah Samin di kampung skala prioritas antara lain, Mandala Mekar, Cisanggarung 2, Cikored 2, Tareptep, Cikawari I, Cikawari II, Cikawari III, Pondok Buah Batu, Pesanggrahan, dan beberapa kampung lainnya.

  3. Menambah koleksi buku dengan menggalang solidaritas warga kota untuk berkontribusi menyumbang buku anak-anak.

  4. Mendorong sukarelawan Mahasiswa agar mengambil peran menjadi fasilitator Sekolah Samin dengan target penambahan 10-15 SDM.

  5. Mengusahakan sekretariat untuk para fasilitator dengan target 2 rumah (1 untuk perempuan, 1 untuk laki-laki).

  6. Mendesain rancangan dan melaksakan program penguatan kapasitas fasilitator sekolah samin dan fasilitator petani Grup Pertanian Tanaman Obat Cimenyan (Taoci) dengan praktik pembelajaran praktis (kursus-kursus).

  7. Memfasilitasi perluasan jaringan gerakan Odesa Indonesia di masing-masing daerah.

  8. Merancang program kajian-kajian pemikiran strategis pembangunan sumber daya manusia (ekonomi politik kewargaan, Civic Islam, pertanian ramah lingkungan, sanitasi, literasi). []

Demikian rancangan ini disampaikan untuk program 1 tahun, berlaku sejak 4 Juni 2020 hingga kalender penutupan program 3 Juni 2021.

Ahmad Syauqy Ridho.

SYARAT PENDIRIAN CABANG ODESA INDONESIA.
Seseorang telah memiliki kegiatan bersifat sosial dalam bidang literasi sebagai pengajar informal, atau sebagai penggerak pertanian di sekitarnya.

Bersedia menjalankan prinsip-prinsip pergerakan Odesa Indonesia dan menjalankan program dengan penuh tanggungjawab dan terintegrasi dengan program Yayasan.

Untuk pendirian cabang bisa menghubungi email odesaindonesia@gmail.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*