Wirausahawan Sosial

Oleh Ir.Didik Harjogi, M.Eng. Dosen Politeknik ITB Bandung.

Banyaknya persoalan yg dihadapi bangsa ini telah membenamkan Indonesia kedalam kubangan masalah yang begitu kompleks. Ekonomi sebagai persoalan paling mendasar patut diberikan perhatian dari jenis “manusia khusus”, yang mampu memberikan munculnya keyakinan bersama untuk keluar dari keterpurukan.



Wirausahawan sosial itulah yang dibutuhkan. Ia sangat ditunggu peranannya bagi bangsa untuk mencari jalan keluar, menciptakan harapan untuk membangun kehidupan yang lebih baik dimasa depan. Di kawasan perdesaan misalnya, banyak Sumber Daya Alam yang baik yang bisa dikelola. Tetapi sayangnya karena Sumber Daya Manusianya minim ilmu pengetahuan, minim pengalaman dan minim teknologi, menjadikan kehidupan orang desa sarat dengan kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan.

Kita butuh teladan yang konkret untuk melakukan lompatan jauh kedepan. Kita butuh manusia manusia yang mau banyak bicara untuk menggugah kesadaran sekaligus bersedia melakukan kerja nyata, mampu menjadi “The Doers”; orang brilian dalam menggali gagasan sekaligus mampu membuka jalan untuk merealisasikan gagasan gagasannya; orang orang yang mampu mengubah angan-angan menjadi kenyataan. Orang orang yang dapat menciptakan perubahan sesungguhnya ” to make things happen, and to make a difference “.

Kita perlu gerakan yang mampu menggalang sebuah aksi bersama dengan tekad, ketulusan, ketekunan dan ketrampilan, membangun jejaring, mengorganisasikan seluruh potensi untuk melaksanakan aksi bersama.




Wirausahawan Sosial (Social Entrepreneur) yang dalam berbaris menyatu dengan orang-orang desa atau kelompok marjinal ini bisa memberikan harapan yang baik bagi bangsa. Bill Drayton pendiri organisasi Ashoka menyebut, sebagai manusia yg tidak hanya puas memberi ” ikan bagi si miskin” atau puas mengajari mereka “cara memancing ” tetapi orang orang yg terus berjuang tanpa mengenal lelah melakukan perubahan sistemik tidak sekedar memberi ” ikan” atau ” pancing” tetapi mengubah sistem ” Industri Perikanan” untuk terciptanya keadilan dan kemakmuran yang lebih luas.

Odesa-Indonesia yang sejauh ini masuk dengan spirit perubahan dengan prinsip “membumi dalam kebersamaan” merupakan sebuah ruang yang baik untuk para wirausahawan yang berjiwa sosial. Melalui Odesa-Indonesia, sebuah organisasi yang berorientasi pada usaha ekonomi, pendidikan dan sosial sekaligus, dimensi kegiatannya sejauh ini sangat efektif karena menyentuh lapisan-lapisan persoalan rakyat bawah. []

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*