Ngaji Literasi Temanggung

Penggiat literasi komunitas “Rumah Pena Kita”, menggelar acara “Ngaji Literasi” dengan topik tentang pengetahuan DATA (kumpulan fakta), INFORMASI (data yang terinterpretasi), PENGETAHUAN (paduan pengertian dari informasi), dan KEBIJAKAN (pemecahan masalah). Fasilitator pelatihan adalah Andy Yoes Nugroho bersama Syarif Yahya yang secara panjang lebar menguraikan ketiga hal tersebut.

“Materi ini merupakan sarana penting kesadaran manusia untuk menuju kebaikan. Tentang fakta kita semua harus menjadikannya sebagai data. Ini butuh proses. Demikian juga dengan pengetahuan tentang informasi dan langkah konkret setelah memahami data dan informasi,” kata Andy Yoes.

Acara itu dihadiri oleh 30 peserta, terdiri dari anak-anak Rumah Pena Kita, siswi dan guru beberapa sekolah setempat, serta mahasiswa STAINU Temanggung. Sementara dalam sambutannya, Pimred Buletin Kontinu Abdullah Faqih Dewantoro, mengatakan, “Ngaji Literasi ini merupakan bagian dari kelanjutan kegiatan literasi Komunitas “Rumah Pena Kita” yang bermarkas di Studio Santika FM. Selain itu juga sebagai sarana pembelajaran penulisan anak-anak redaksi Kontinu. Saya harap Ngaji Literasi bisa diadakan bukan hanya sekali. Karena literasi mencakup banyak materi,” katanya.-

Tujuh prinsip kegiatan literasi:
1. Literasi adalah ketrampilan atau
kemampuan hidup (life skill).
2. Literasi mencakup kemampuan
reseptif dan produktif dalam
upaya berwacana.
3. Literasi adalah kemampuan
memecahkan masalah.
4. Literasi adalah refleksi
penguasaan dan apresiasi
budaya.
5. Literasi adalah kegiatan refleksi.
6. Literasi adalah kolaborasi.
7. Literasi adalah kegiatan
melakukan interpretasi.
Yahya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*