Mahasiswa yang Ingin KKN, disarankan Ke Pinggir Hutan Cimenyan

BANDUNG: Kuliah Kerja Nyata (KKN) memiliki nilai sosial yang tinggi. Selain bermanfaat bagi calon sarjana, juga bermanfaat bagi warga perdesaan, terutama di desa tertinggal yang warganya kebanyakan menyandang predikat keluarga Pra-Sejahtera. Demikian pendapat dari Budhiana Kartawijaya, Pengurus Organisasi Odesa-Indonesia Bandung.




“Kuliah Kerja Nyata ini menarik buat kegiatan sosial karena dua hal. Pertama akan memberikan kontribusi positif terhadap warga yang tertinggal. Persinggungan antara mahasiswa dengan warga selama kurun dua bulan misalnya, akan sangat bagus supaya calon-calon sarjana ini memahami kehidupan warga di akar rumput,” papar Wartawan Senior yang kini menjabat Bagian Penelitian dan Pengembangan di Surat Kabar Harian Pikiran Rakyat, Jawa Barat itu kepada Odesa-Indonesia, Jumat, 17 Maret 2017.

Kedua, menurut Budhiana, KKN sangat bermanfaat bagi desa karena dengan demikian ada kontribusi pembangunan dan ilmu pengetahuan. Walaupun tidak akan menyelesaikan persoalan secara menyeluruh, namun kontribusinya akan banyak mewarnai perbaikan dan kebaikan di masyarakat.

Gagasan ini menurut Budhiana digulirkan setelah dirinya melalui Organisasi Odesa-Indonesia mengetahui banyak kehidupan warga desa di Kawasan Bandung Utara (KBU) yang mengalami marginalisasi pembangunan dan pelayanan publik.

Lokasi yang paling memprihatinkan dan perlu mendapatkan skala prioritas untuk program KKN terletak pada tiga desa, yaitu Desa Mekarmanik, Desa Cimenyan, dan Desa Cikadut. Ketiganya berada di Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung Utara. Jaraknya dari kota Bandung hanya rentang 5-15 km, dekat dengan kawasan wisata Dago dan Puncak Bintang, dan Oray Tapa.

“Kawasan perbukitannya indah. Tapi di sana banyak rumah hunian lebih berupa gubuk reyot. Sarana Mandi, Cuci dan Kakus yang tidak memadai. Kehidupan keluarga buruh tani yang berstatus pra-sejahtera banyak terdapat di sana. Anak-anak putus sekolah SMP, bahkan tidak lulus SD. Akses transportasi dan komunikasi yang sulit dan pelayanan kesehatan yang minim membuat kehidupan warga di sana perlu sentuhan kemanusiaan,” paparnya.




Budhiana mendorong agar kampus-kampus dari Kota Bandung dan Jakarta yang mahasiswanya masih diwajibkan untuk Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini agar segera merapat ke Cimenyan Bandung. Organisasi Odesa-Indonesia Odesa akan membantu menjadi mitra untuk berhubungan dengan warga setempat.

“Nanti ada relawan kita yang akan membantu mengarahkan di kampung-kampung mana saja di tempatkan. Odesa-Indonesia sudah memahami peta secara detail di masing-masing perkampungan di sana. Soal gambaran apa saja yang harus dilakukan nanti didiskusikan dengan relawan Odesa,” jelasnya.-[Sadur Sentosa]

Baca Selanjutnya Apa yang Sebaiknya dilakukan Saat KKN di Cimenyan?

KAWASAN KEGIATAN ODESA INDONESIA http://odesa.survei.web.id/

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*