Literasi Sentak Dulang

perpus-sentak-dulang
Basuki Suhardiman, Pengajar Institut Teknologi Bandung (Tengah), Devi (Kiri), Budhiana Kartawijaya, Litbang Harian Pikiran Rakyat (Kanan) saat perbincangan urusan literasi dengan Devi (guru sekolah) yang mengelola perpusataan di Kampung Sentak Dulang, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, (6/11/2016).

Ada perpustakaan yang didirikan bulan September 2016 hasil inisiaitif Mahasiswa Universitas Langlang Buana di Sentak Dulang. KKN dengan meninggalkan perpustakaan itu adalah sesuatu yang luar biasa untuk kemajuan Sentak Dulang.

Odesa-Indonesia sendiri selalu mengampanyekan pentingnya kampus-kampus agar menggiatkan mahasiswanya untuk KKN di desa-desa seperti Cimenyan, Cilengkrang dan Kecamatan lain. Apalagi saat ini dana desa bisa mensuport pembiayaan untuk mahasiswa yang ingin KKN.

Devi begitu antusias mengelola Perpustakaan tersebut dan berharap Odesa Indonesia turut berkiprah memajukan lebih jauh dalam bentuk penambahan buku dan pengelolaan kegiatan literasi seperti bahasa Inggris, Ilmu pengetahuan produksi, sastra dll. Odesa menyambut baik dan akan melanjutkan kebaikan yang sudah dilakukan oleh Mahasiswa tersebut dengan beberapa program di antaranya.




1) menambah koleksi perpustakaan, 2) mengirim trainer untuk kegiatan literasi, 3) ikut menggalang kekuatan sumber daya manusia dari kalangan petani agar tidak menjauh dari literasi karena literasi merupakan salahsatu pilar dasar bersama pertanian dan peternakan. Ketiga program tersebut langsung di jalankan pada minggu kedua bulan November 2016 [Sadur Sentosa]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*