Gingseng Jawa untuk Penguat Fisik

Gingseng Jawa, tanaman herbal yang baik untuk dikembangkan. Selain mudah tumbuh cara pengolahan untuk masakan pun mudah dilakukan. Untuk mendapatkan hasil panen skala terbatas juga sangat efektif karena tumbuh baik dalam sekitar pekarangan.

Bahkan sangat baik untuk pengembangan saat musim kemarau karena habitat tanaman ini lebih suka hawa dingin dan tidak butuh sinar matahari terlalu lama. Oleh Grup Pertanian Tanaman Obat Cimenyan (Taoci) tanaman ini mulai dikembangkan bulan Maret 2018. Ujicoba 12 tanaman berhasil baik dalam pot tanaman hias, dan menjadi tanaman hias karena bunganya. Pertengahan april ini akan dikembangkan pembibitan dalam skala ratusan pohon, dan akan disebarkan kepada masyarakat.

Manfaat Gingseng Jawa (Talinum paniculatum) terletak pada daun dan akar yang secara umum adalah untuk penguat daya tahan tubuh, menyuburkan rambut, anti radang, melancarkan kerja hati dan ginjal, melancarkan haid tidak teratur, melancarkan pencernaan dan kencing.




MANFAAT DAUN:

Memperbaiki kerja lambung dan memperbaiki kerja usus.
Mengobati peradangan: radang kulit, radang gusi dan radang lainnya.
Mempercepat penyembuhan luka luar.
Mampu mengatasi pembengkakan kaki, tangan, mata dan bagian tubuh lainnya.

MANFAAT AKAR
Meningkatkan daya seksual laki-laki dan perempuan
Memulihkan impotensi
Mengobati penyakit kulit seperti kudis
Mengobati peradangan; radang sendi, radang usus, radang paru-paru
Melancarkan siklus mentruasi
Mengobati diabetes

EFEKTIVITAS PENGOBATAN
Untuk pengobatan, terdapat tiga peringkat efektivitas.
Paling Efektif (Most Effective) dalam mengobati paru-paru.
Sangat efektif (Highly effective) dalam reproduksi perempuan.
Efektif (Effective) dalam beberapa hal: mengatasi kelemahan fisik, kemandulan, syndrome PMS, terlambat haid, mengobati ginjal, gagal ginjal, mengobati radang paru-paru, impotensi, mengobati limpa.

Gingseng Jawa sangat mudah tumbuh hingga beberapa tahun, terutama pada suhu 18-24 derajat Celsius. Mudah ditanam dengan menancapkan batang ke tanah gembur terutama pada musim dingin/hujan. Jika sudah berbunga selanjutnya akan muncul biji kecil dengan gizi yang bagus berupa Omega3. Ketinggian batang bisa mencapai 1 hingga 1,5 meter. [Faiz Manshur]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*