Konservasi terumbu karang Coral Triangle Center

Upaya Marthen Welly Restorasi Terumbu Karang Indonesia

Restorasi Terumbu Karang Indonesia – Negeri kita  adalah salah satu negara yang memiliki posisi istimewa dalam hal keanekaragaman hayati laut karena termasuk dalam “Segitiga Terumbu Karang” atau The Coral Triangle.

Wilayah ini, sering disebut sebagai “Amazon of the Seas,” meliputi area luas di Samudra Pasifik barat dan terkenal akan kekayaan dan keragaman hayati lautnya. Segitiga Terumbu Karang diakui sebagai pusat kehidupan laut global, dengan ragam terumbu karang, spesies ikan, dan ekosistem laut yang luar biasa.

Posisi Indonesia dalam Segitiga Terumbu Karang menunjukkan pentingnya negara ini sebagai penjaga keanekaragaman hayati laut. Terumbu karang yang kaya di Indonesia tidak hanya mendukung berbagai spesies laut tetapi juga memberikan kontribusi yang signifikan terhadap ekosistem laut global dan kesehatan planet ini.

Sebagai anggota Segitiga Terumbu Karang, Indonesia memiliki tanggung jawab untuk melindungi dan melestarikan sumber daya lautnya untuk generasi mendatang.

Komitmen negara ini terhadap upaya konservasi laut, praktik perikanan berkelanjutan, dan pendirian kawasan konservasi laut mencerminkan dedikasinya dalam menjaga keberagaman hayati yang tak tertandingi di dalam Segitiga Terumbu Karang.

Namun, bagaimana kondisi terumbu karang di Indonesia saat ini?

Terumbu karang di Indonesia
Terumbu Karang Harus diselamatkan

Kondisi terbaru terumbu karang di Indonesia menunjukkan tantangan yang serius akibat berbagai faktor, termasuk perubahan iklim, polusi, overfishing, dan kerusakan lingkungan. Berbagai studi dan laporan menunjukkan bahwa sebagian besar terumbu karang di Indonesia mengalami degradasi akibat tekanan manusia dan perubahan lingkungan yang cepat.

Perubahan iklim, seperti pemanasan global dan pemanasan permukaan laut, telah menyebabkan bleaching terumbu karang yang merusak, di mana terumbu karang kehilangan warna dan kesehatannya terganggu.

Polusi dari limbah industri, pertanian, dan aktivitas manusia lainnya juga memberi tekanan tambahan pada terumbu karang, mengancam kehidupan laut yang bergantung padanya.

Marthen Welly Sosok Restorasi Terumbu Karang Indonesia

Marthen Welly CTC
Foto: coratrianglecenter.org/Marthen Welly 

Kisah Marthen Welly dimulai dari cinta yang mendalam pada lautan. Sejak kecil, dia telah terpukau oleh keindahan dan keberagaman hayati laut Indonesia.

Ketika melihat terumbu karang yang menghiasi dasar laut, ia merasa terpanggil untuk melindungi warisan alam yang begitu berharga ini bagi generasi mendatang. Keyakinan ini menjadi pendorong utama dalam perjalanan hidupnya.

Marthen Welly merupakan salah satu penggiat restorasi karang dari Coral Triangle Center (CTC). Beliau telah menempuh pendidikan Magister di Institut Pertanian Bogor (IPB) Tahun 2019, dengan jurusan Coastal and Marine Resources Management. Sebagai salah satu tokoh yang peduli dengan restorasi karang, berikut beberapa hal yang Marthen Welly lakukan dalam konservasi terumbu karang:

terumbu karang
terumbu karang

1. Melakukan Penelitian Terumbu Karang

Marthen Welly aktif terlibat dalam penelitian dan pemantauan terumbu karang untuk memahami kondisi ekosistem laut, mengevaluasi tingkat kerusakan, dan mengidentifikasi area yang memerlukan perlindungan khusus.

2. Mengembangkan Program Konservasi

Sebagai seorang ahli konservasi, Marthen Welly telah berkontribusi dalam pengembangan program-program konservasi terumbu karang yang berkelanjutan dan efektif untuk melindungi keanekaragaman hayati laut. Misalnya, memperbaiki ekosistem karang yang rusak dengan pembentukan Bali Reef Rehabilitation Network, Community Group Coral Restoration, dan Coral Reef Restoration Task Force dengan menggunakan berbagai metode seperti biorock, roti buaya, MARRS, fish dome, concrete block.

3. Pendidikan dan Kesadaran Masyarakat

Marthen Welly juga aktif dalam kegiatan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya pelestarian terumbu karang, dampak dari aktivitas manusia terhadap ekosistem laut, serta cara-cara untuk menjaga keberlanjutan sumber daya laut.

4. Mengelola Kawasan Konservasi

Dia terlibat dalam upaya pengelolaan kawasan konservasi laut dan penentuan zona-zona perlindungan di sekitar terumbu karang untuk memastikan keberlanjutan ekosistem laut.

5. Berkerja Sama dengan Pihak Terkait

Marthen Welly bekerja sama dengan pemerintah, organisasi non-pemerintah, komunitas lokal, dan pihak terkait lainnya dalam upaya bersama untuk melindungi dan menjaga terumbu karang Indonesia. Contohnya kerjasama dalam pembangunan dan memfasilitasi Marine Protected Area (MPA) sebagai kawasan konservasi perairan di sejumlah lokasi di Indonesia seperti Bali, Maluku dan negara lain seperti Timor Leste.

6. Mengadvokasi Kebijakan Lingkungan

Sebagai advokat lingkungan, Marthen Welly turut berperan dalam advokasi kebijakan lingkungan yang lebih ketat untuk melindungi terumbu karang dan ekosistem laut lainnya dari ancaman dan tekanan manusia.

Melalui kerja keras dan kerjasama dengan berbagai pihak, seperti komunitas lokal, pemerintah, dan organisasi lingkungan, dia telah berhasil mengembangkan program-program berkelanjutan yang melibatkan semua pemangku kepentingan.

Pendekatan ini tidak hanya melindungi terumbu karang secara fisik, tetapi juga memperhatikan aspek sosial dan ekonomi masyarakat sekitar.

Sebagai seorang inovator, Marthen Welly terus mencari solusi-solusi kreatif untuk melindungi terumbu karang.

Dalam acara SCORES #16 yang digelar Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan IPB Universit, Marthen menerangkan bahwa kelestarian terumbu karang sangat bergantung kepada beberapa faktor, antara lain pemilihan dan aksesibilitas lokasi, kemampuan mengatasi degradasi ekosistem karang, sumber fragmen karang, pemahaman dan pemilihan metode yang benar sesuai dengan lokasi, serta dukungan pemerintah dan komunitas masyarakat (PPID IPB, 2022).

Melalui penggunaan teknologi canggih dan metode konservasi yang inovatif, dia terus mengembangkan program-program pemantauan dan restorasi terumbu karang yang efektif.

Kisah Marthen Welly memberikan inspirasi bagi kita semua untuk peduli terhadap lingkungan dan menjadi agen perubahan dalam pelestarian alam.

Melalui ketekunan, keberanian, dan semangat juang, ia telah membuktikan bahwa satu individu pun dapat membuat perbedaan yang besar dalam melindungi keajaiban alam yang kita cintai.

Baca juga: 3 Kisah Inspiratif Perempuan Pejuang Lingkungan

Penulis: Ni Made Florentina

Admin: Fadhil Azzam

Referensi:

https://ppid.ipb.ac.id/yuk-simak-selengkapnya-upaya-penguatan-restorasi-karang-di-indonesia-pada-scores-16/

https://www.linkedin.com/in/marthen-welly-08247a49/?original_referer=https%3A%2F%2Fwww%2Egoogle%2Ecom%2F&originalSubdomain=id

Sumber Foto: 

https://www.instagram.com/p/C6OHY1KJ37r/?img_index=1

www.coraltrianglecenter.org

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja