Kakek Tangguh Memanggul Kayu Bakar

Otong Rasyidi (72), Kakek ini seorang buruh tani. Setiap hari pantang menyerah melakoni aktivitas sehari-harinya. Ia tangguh menjalani kehidupannya dengan bekerja menerima keadaan yang serba kekurangan. Setiap pulang dari ladang mengurus tanaman, ia membawa kayu hutan yang harus ditempuh berjalan kaki sepanjang 3 hingga 4 kilometer, Pada Rabu, 28 Maret 2017.




Otong merupakan salahsatu wajah kehidupan buruh tani di Kampung Buntis, Cimenyan, Kawasan Bandung Utara (KBU). Di Cimenyan yang merupakan wilayah Kabupaten Bandung tetapi letaknya lebih dekat ke Kota Bandung ini ribuan keluarga buruh tani hidup tertinggal, bahkan sangat berbeda dengan kehidupan warga Desa sebelah bukit di Ciburial Kecamatan Cimenyan yang terkenal sebagai Desa Maju karena banyaknya penduduk kota yang membangun rumah di sana.

Di perbukitan Puncak Bintang hingga Oray Tapa bahkan sampai kawasan Cileunyi, banyak keluarga buruh tani yang hidup tertinggal tanpa perhatian negara, seperti kita merasakan kehidupan di era 1980an.-Khoiril Anwar.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*