Isra’ Mi’raj di Pondok Buahbatu Cimenyan Bandung

Memperingati Isra’ Mi’raj, Pengurus Masjid Nurul Iman Pondok Buahbatu, Desa Mekarmanik, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung mengadakan acara shalawatan dan pengajian, Selasa 25 April 2017.



Di pinggir hutan Arcamanik yang berketinggian 1400 Mdpl tersebut, lebih dari 150 warga dari beberapa kampung sekitar Pondok Buahbatu berkumpul dalam acara gema shalawat, sosialisasi program kemasjidan dan juga pengajian Isra’ Mi’raj.

Masjid Nurul Iman ini sejak bulan Oktober 2016 lalu dibangun. Sebelumnya kondisi masjid sangat memprihatinkan karena selain bangunan tua sangat kecil, juga banyak terjadi kerusakan. Pengurus Masjid Nurul Iman bersama relawan Odesa-Indonesia yang kebetulan sejak Agustus 2016 aktif memberikan pendampingan ekonomi bagi petani Kopi ikut serta membangun Masjid.

Faiz Manshur, Ketua Yayasan Odesa Indonesia pada acara tersebut mengatakan bahwa sejak awal peran Odesa di Masjid tersebut ingin mengaktifkan kegiatan kemasyarakatan. Masjid, selain sebagai tempat ibadah warga, juga harus diaktifkan untuk kegiatan masyarakat seperti acara pelatihan budidaya dan pasca panen pertanian, kewirausahaan dan pendidikan informal.

“Pengurus Masjid harus aktif. Jadwal kegiatan, uang kas dan urusan kemasyarakatan perlu dibenahi. Termasuk jadwal kegiatan pelatihan-pelatihan lanjutan. Perpustakaan juga harus dimulai diurus secara khusus. Odesa akan menambah jumlah buku bacaan untuk masyarakat di sini, “kata Faiz Manshur.



Selain Faiz Manshur, dari Odesa Indonesia Khoiril Anwar juga menyampaikan pesan-pesan kebajikan kemasyarakatan melalui acara pengajiannya. Menurut Da’i Alumni Pesantren Tebuireng Jawa Timur tersebut, pendidikan untuk penguatan ilmu pengetahuan harus dimaksimalkan.[]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*